Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 agama di Israel (2021)

Israel berdiri pada tanggal 14 Mei 1948.
 
Pada hari kemerdekaan 14 Mei 2021. Populasi penduduk Israel telah mencapai 9.327.000 juta orang.
 
Kebanyakan kepercayaan orang orang di Israel adalah Yahudi.
 
Israel adalah satu satunya di dunia. Negara dengan mayoritas Yahudi.
 
Agama Yahudi adalah sebuah bentuk eksklusif untuk orang Yahudi, berdarah Yahudi, berDNA Yahudi dan berasal dari status suku keturunan Yahudi atau memiliki garis keturunan dari ayah ibu nenek kakek asal suku Yahudi. Kadang kadang persamaan Yahudi dalam arti penyebutan gabungan antara agama, bangsa dan suku.
 
Orang lain tanpa memiliki unsur darah Yahudi. Maka dilarang memeluk agama Yahudi.
 
Secara garis besar. Agama Yahudi di Israel terbagi ke dalam 2 jenis pemeluk. Yaitu Yahudi Zionis dan Yahudi ultra ortodoks (Haredi).
 
Walaupun mayoritas agama di Israel adalah Yahudi. Terdapat pula agama lainnya.
 
Apa saja yuk mari kita simak.
 
1]. Yahudi Zionist
 
Jumlah Yahudi Zionist di Israel adalah : 5.689.000 juta orang. (61%).

 
Yahudi Zionist adalah agama sekaligus kepercayaan berbasis gerakan politik yang dipelopori oleh Theodor Herzl pada abad ke 19.
 
Tujuan utama Zionisme adalah membentuk ulang kerajaan Bintang Daud yang pernah hancur porak poranda 3.000 tahun yang lalu oleh bangsa Romawi.

Zionisme bertujuan membentuk ulang pembangkitan kembali tentara pertahanan garis depan IDF yang telah tertidur lama ribuan tahun yang lalu, mendirikan ulang negara Eretz Israel dalam bentuk (Israel Raya), sekaligus berambisi untuk mendirikan dan membangun ulang Bait Suci ke 3.

 
Zionisme adalah gerakan dari kombinasi gabungan antara agama, kitab suci, politik, tentara, suku, bangsa, budaya, keterikatan, kebersamaan, kebulatan, integritas, solidaritas dan kesatuan hati antar sesama kehidupan orang orang keturunan Yahudi pendukung pendirian ideologi negara Israel sebagai pertahanan dan perlindungan bersama.

 
2]. Yahudi Ortodoks (Haredi)
 
Jumlah Yahudi Ortodoks (Haredi) di Israel adalah : 1.399.000 juta orang. (15%).

 
 

Yahudi ortodoks adalah salah satu dari jenis golongan Yahudi yang sudah ada sejak lama.
 
Kadang kadang mereka disebut juga Haredi. Hingga saat ini belum diketahui apa yang menyebabkan latar belakang Yahudi Ortodoks dan Yahudi Zionis terbelah menjadi dua dan kedua pihak ini memang dikenal sulit akur diakibatkan saling bermusuhan.
 
3]. Islam
 
Jumlah Islam di Israel adalah : 1.678.860 juta orang. (18%).

 
Islam naik sekitar lebih dari 100.000 ribu orang dibandingkan 3 tahun sebelumnya.
 
Islam di Israel membentuk sebanyak 18% populasi.
 
Mayoritas umat Islam di Israel adalah Sunni. Sisanya terdapat Islam Syiah, Druze dan sekte Ahmadiyah, namun jumlahnya begitu kecil.
 
Pemeluk agama Islam mayoritas berasal dari suku Arab dan sebagian kecil berasal dari suku Yahudi yang telah memutuskan diri berpindah keyakinan menjadi mualaf ke muslim atau dari pemeluk Kristen ke muslim.

Orang Arab ada di Israel bermula ketika terjadinya peperangan kemerdekaan tahun 1948 sejak negara Yahudi Zionis ini mulai terbentuk.

Israel, negara kecil ini secara telak mengalahkan keroyokan bangsa bangsa Arab dalam berbagai sejarah peperangan berantakan. 

Israel kemudian mengubah status bangsa Arab Palestina dari tuan rumah menjadi terusir kemana mana.

Pada awalnya ketika Israel mencaplok wilayah Palestina. Banyak orang orang Arab dikeluarkan dan diusir oleh tentara IDF (Israel Defense Force). Namun, sebagian penduduk Arab masih memilih bersikeras menetap tinggal hingga detik ini. 

Mayoritas umat Islam di Israel tinggal di Yerusalem.
 
4]. Buddha
 
Jumlah Buddha di Israel adalah 0 orang (0%)

 
5]. Hindu
 
Jumlah Hindu di Israel adalah 0 orang (0%)

 
6]. Kristen
 
Jumlah Kristen di Israel adalah 158.000 ribu orang (1,7%)

 
Populasi umat Kristen dilaporkan terus menurun. Pada September 2018. Sebanyak 171.900 ribu orang Kristen ada di Israel. Namun di tahun 2021. Populasi Kristen di Israel kini tinggal tersisa 158.000 ribu orang atau berkurang lebih dari 11.000 orang.

Di Israel. Agama kristen terbagi menjadi 3 bagian. yaitu : 

1]. Kristen Katolik.

2]. Kristen Ortodoks.

3]. Kristen Protestan. 

Baca juga :
 
7]. Atheis
 
Jumlah ateis di Israel adalah 373.800 ribu orang (4%)

 
Ateis adalah orang orang yang tak percaya agama, tak percaya tentang surga & neraka dan tak percaya terhadap adanya keberadaan Tuhan.
 
Mereka menganggap Tuhan sebagai dongeng mitos ketinggalan zaman.

Kebanyakan orang Ateis berasal dari keturunan Yahudi itu sendiri. 

Bagi golongan Yahudi Zionis. Orang orang ateis dianggap melakukan asimilasi sehingga tak layak dianggap lagi sebagai identitas Yahudi. 
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU