Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senjata laser Israel pendamping Iron Dome segera beroperasi tahun 2024 (2021)

Ancaman musuh dari berbagai rentetan serangan roket, rudal, pesawat tempur, drone, artileri dan mortal telah mampu dicegat oleh sistem pertahanan udara milik negara Israel.
 
Namun, untuk memberikan solusi perlindungan terbaik bagi warga negaranya.
 
Kelebihan dan kekurangan dari teknologi senjata perisai masih memiliki tolak ukur keberhasilan berbeda beda.
 
Sebagai perbandingan.
 
Harga 1 unit sistem peluncur batteries Iron Dome seharga $ 100 juta dolar atau sekitar Rp 1,4 triliun dan 1 unit rudal pencegat tamir seharga $ 50.000 ribu dolar atau sekitar Rp 715 juta rupiah.  
 
Senjata laser Israel beroperasi tahun 2024.

 
Dalam sebuah conference call yang diadakan oleh Elbit System di Israel tahun 2021.
 
Perusahaan percaya bahwa senjata laser merupakan solusi lapis ke 5 terakhir untuk mengatasi kebobolan dari perisai Iron Dome, sekaligus mengurangi anggaran biaya sekali tembakan.
 
Sehingga menghasilkan penghematan keuangan dan efektifitas secara signifikan.
 
Senjata laser ini bukan sebagai pengganti Iron Dome, melainkan sebagai pelengkap lapisan keamanan perlindungan terakhir.
 
Kementerian pertahanan Israel melalui IMOD. Telah memilih Elbit System dan Rafael Advanced Defense System bekerjasama dengan kumpulan universitas di Israel dan gabungan perusahaan industri teknologi militer lainnya dalam menciptakan senjata laser.
 
Elbit System dipilih sebagai pihak utama memproduksi senjata laser.
 
Di Israel, senjata laser telah dikembangkan sejak empat dekade yang lalu.
 
Ini hanyalah masalah waktu agar terealisasikan ke layanan dinas Israel Defense Force.
 
Perusahaan teknologi militer asal Israel, Elbit System memperkirakan bahwa senjata laser ini beroperasi dalam jangka waktu tiga tahun kedepan atau 2024.
 
Konsep senjata laser tak mengeluarkan bunyi berisik.
 
Daya tembakan berkecepatan tinggi mencapai 1.079.200.000 km/jam dan akurat.
 
1 detik target terarah tertembak.
 
Kemudian membutuhkan kurang dari 20 detik agar laser memanaskan target perangkat vital dari musuh hingga tak berfungsi dan pada akhirnya meledak diudara.
 
Senjata ini dapat disematkan pada alustista darat, laut dan udara.
 
Di udara menggunakan pesawat drone.
 
Di darat menggunakan unit komando kontrol C2, radar dan kendaraan truck atau tank lapis baja Namer.
 
Target senjata laser. Termasuk meliputi penghancuran rudal balistik atau segala objek bermusuhan yang berjarak hingga 7 km.

 
Yaniv Rotem mengatakan :
 
Dimasa depan terobosan teknologi ini menjadikan Israel menambakan laser yang sangat kuat sebagai solusi untuk mengagalkan roket, peluru mortar, rudal antitank, drone dan segala ancaman yang terbang di ketinggian rendah. Sahutnya.
 
Laser sebagai lapisan pertahanan udara ke 5

 
Israel memilih serangkaian sistem perisai udara dari berbagai macam jenis dan karakteristik.
 
Iron Dome merupakan perisai udara dalam menggagalkan serangan roket, rudal, drone, mortal, helikopter yang terbang rendah, dan menghancurkan serangan artileri dari jarak dekat. Pada kisaran 1 – 70 km.
 
Namun, Iron Dome tak mampu menembak pesawat tempur yang terbang tinggi, tak mampu menembak rudal dan drone yang terbang tinggi, kecuali terbang rendah.
 
Oleh sebab itu, Israel menciptakan sistem perisai lain yang disebut Barak atau dalam bahasa Ibrani artinya petir atau kilat.
 
Sistem pertahanan Barak, mampu menembak rudal balistik, rudal jelajah, helikopter, drone dan pesawat tempur dari jarak 1 – 150 km.
 
Namun, sistem batteries Barak tak mampu menembak pesawat tempur yang berkemampuan serangan rudal BVR dan pesawat raksasa bertipe AWACS.
 
Oleh sebab itu, Rudal David Sling diciptakan dengan tujuan khusus menembak pesawat tempur tersebut dari jarak 1 – 300 km.
 
Sedangkan rudal Arrow ditujukan untuk menembak rudal balistik musuh berhulu ledak nuklir yang ditembakkan ke arah luar angkasa.


Baca juga :
 
Juru bicara pemerintah Israel mengatakan :
 
Teknologi ini memungkinkan pengembangan sistem operasional yang sangat efektif berfungsi sebagai lapisan pertahanan tambahan untuk mengamankan negara Israel melalui udara, darat dan laut. 

Investasi penelitian dan pengembangan R&D yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir telah menempatkan Israel sebagai negara terkemuka di bidang laser berenergi tinggi. 

Selama berperang, pada suatu titik stok rudal akan habis, berbeda dengan dengan senjata ini, selama anda memiliki listrik, anda memiliki persediaan yang tidak pernah berakhir. Sahutnya.
 
Ketika senjata laser beroperasi penuh di tahun 2024.
 
Itu menghemat biaya ketimbang sistem proteksi kinetik menggunakan tembakan rudal.
 
Senjata laser menjadi lapisan perlindungan berlapis lapis ke 5 milik Israel.   

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU