Lompat ke konten Lompat ke footer

Diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency Agustus 2022

Saya kembali menulis tentang diary urban farming, family cooking, bisnis online, travel dan investasi cryptocurrency hasil bulan Agustus 2022.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.

Ganti template blog dan menambahkan lyrics christian 

Ada beberapa perubahan pada blog ini. Terutama pada label dan warna. Ngga banyak sih yang berubah, cuman beda warna dan label aja. 

Dulu, blog ini menggunakan warna dengan tema biru laut, sekarang udah ganti jadi warna merah kesukaan aku. 

Ya, itu aja sih, ngga banyak perubahan. 

Lalu untuk label, ada perampingan dikit yaitu menghapus label militer dan film, digabung menjadi satu di label 'information dan technology'. 

Label information and technology membahas tentang informasi apa saja yang aku suka, tak melulu hanya masalah teknologi, tetapi melebar luas mulai dari pendidikan, sains, alam semesta, entertainment, film, musik, kesehatan, elektronik, militer, politik, sosial, budaya, peternakan, pertanian, flora, fauna, tutorial cara, gadget dan lain lain. 

Kemudian ada penambahan label baru yaitu dayak ngaju dan christian. Label ini membahas tentang lirik lagu rohani kristen protestan dan lirik lagu dayak ngaju. Dulu, sebenarnya label ini udah ada, tapi mesin pencari Google kurang dapat memahami isi kontennya kalau menggunakan daftar top list. Sehingga mesti saya ubah kembali seperti dulu kala.  

Perubahan minor lainnya yaitu adanya penggantian bahasa Indonesia ke bahasa Inggris untuk tema utama. Sedangkan label christian menggunakan 100% bahasa Inggris.. 

Perubahan minor lainnya yaitu isi konten bakal disederhanakan, aku usahakan hanya 5 foto / gambar per artikel tanpa penggunaan huruf bold. (tanpa cetak tebal dan tanpa huruf font besar). 

Modal Rp 800.000 ribu per bulan untuk booster peternakan ayam kampung dan pengembangbiakan mandiri anak doc ayam kampung menggunakan mesin tetes. 

Harga ayam kampung 1 kilogram di kota Palangkaraya per Agustus 2022 sebesar Rp 65.000 per kg. 

Jika analogi ini dialihkan untuk budidaya mandiri, maka dengan modal Rp 800.000 sudah dapat membeli 2 karung pakan ternak ayam kampung, selama 1 bulan untuk peternakan budidaya.

Asumsinya, misalkan jika Rp 800.000 dibelanjakan secara rutin untuk membeli daging ayam kampung di pasaran, maka kita hanya mendapatkan sebanyak 12 kilogram saja.

Bandingkan apabila Rp 800.000 untuk budidaya mandiri sebagai konsumsi sendiri tanpa harus dijual ke pasar (pelihara ayam sendiri, potong sendiri, konsumsi sendiri). 

Maka hasil keuntungan yang didapat dari modal Rp 800.000 per bulan dapat memperoleh hingga 2x ayam kampung atau sebesar 24 kilogram. 

Menurut aku, ini baru hitungan level bawah, belum masuk ke tahap level bisnis. Apabila masuk ke tahap bisnis, maka hasilnya jauh lebih besar, bahkan dapat mencapai 3x lipat, tetapi itu menurut aku menantang. Harus ahli di bidang bisnis pemasarannya juga, Padahal, aku belum banyak tahu tentang seluk beluk ilmu bisnis ayam kampung. Terutama pada cara kerja sistem marketingnya.

Untuk saat ini yang dapat saya lakukan, tetap mencari cari informasi, teknik, strategi dan terus mencoba belajar peternakan ayam kampung.

Misalkan 1 keluarga saya terdiri dari 3 orang ( aku, mamah dan papah ).

Jika dalam 1 hari membutuhkan 1,5 kg protein daging ayam kampung. ( masing masing 500 gram ) 

Berarti berapa ayam kampung yang mesti di pelihara, jika 1 orang mengkomsumsi 500 gram daging ayam kampung perhari.

Jadi membutuhkan pemeliharaan antara sekitar 15 - 20 ekor ayam kampung selama sebulan untuk di potong, dengan berat masing masing ayam antara 1 kg - 2 kg.

Ayam kampung selain bergizi dan memiliki protein tinggi. Juga mengandung zat mikro obat insulin alami pada dagingnya jika dimakan secara teratur sehingga dapat meringankan gejala keluhan penyakit bagi penderita diabetes tipe II.

Itu harus ayam kampung murni 100% asli daging, bukan yang dijadikan campuran mix sosis, nugget atau pentol bakso. 

Mengunjungi rumah pak lee, budidaya ayam kampung KUB dalam 2,5 bulan sudah 1 kg

Bikin penasaran juga selama beberapa bulan belakang, 

Waktu itu, sempat bertanya dengan ibu herni, peternak 6.000 ekor ayam broiler. Katanya ada jenis ayam kampung, itu cuma dalam waktu 2,5 bulan aja sudah 1 kg beratnya udah bisa dipanen, badan ayamnya besar sekali. Tapi untuk kota Palangkaraya, ayam KUB ini belum ada, cuma di pulau Jawa saja. Katanya kepada aku. 

Sempat coba berusaha keliling Palangkaraya, tanya bibit ayam KUB di toko peternakan.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada pihak yang menjual bibitnya, semua orang masih memelihara ayam kampung Joper. (Ayam kampung ini baru panen umur 7 bulan). 

Kalau ayam kampung KUB sudah bisa panen 2 bulan. 

Pastinya aku juga tertarik. Iyakan.  

Pada akhirnya aku berkunjung ke rumah pak lee. Dia mengklaim ayam miliknya hanya dalam waktu 2,5 bulan sudah besar 1 kg. 

Melihat lihat di kandangnya, memang benar juga, sekarang udah ada jenis ayam kampung yang udah bisa panen dalam waktu 2,5 bulan saja. Kutanya bibitnya beli di mana, katanya di pasar kahayan. 

Memperbaiki motor Yamaha umur 20 tahun

Akhirnya selesai juga memperbaiki motor dengan cara mengganti mesin baru dan perbaikan lainnya. 

Motor keluarga kami ini, selama 7 tahun belakangan emang sering mengeluarkan bunyi meletup letup seperti ledakan, lalu keluar asap, sering goyang sendiri dan sering mogok. Kalau sedang jalan juga ngga kuat nahan beban berat malah jadi melambat, lalu akhirnya mati.

Sering banget masuk bengkel. Permasalahannya ada banyak banget. Kata mas bengkelnya sih, (sambil menggunakan bahasa dayak ngaju). masih bagus motor ini, padahal sudah umur 20 tahun. Asal usahakan disimpan ngga kena hujan dan terik panas matahari, nanti malah cepat rusak katanya. 

Oh ya, terima kasih juga buat keponakan aku yang ahli mesin otomotif motor. 

Tanpa dia, aku ngga tahu sama sekali, jenis mesin apa yang rusak, apa yang harus diganti dan apa yang harus diperbaiki. 

Sekarang, motor sudah dapat berjalan seperti sedia kala. 

Tanpa asap berlebihan, tanpa mogok, tanpa ledakan dan tanpa mati. 

Banjir di belakang rumah membawa banyak ikan dan serangga. Hidup tumbuhan azolla sebagai pakan ternak tambahan untuk ayam. 


Musim hujan bikin belakang rumah tergenang air. Namun malah membawa banyak masuk ikan gabus dan serangga air juga ikut. Itu dapat digunakan sebagai pakan alami ternak ayamku. 

Hewan biawak juga ikut masuk, ketangkap dia, lalu papahku kasih ke tetangga buat direbus. he he..,  Asal ular cobra, ular piton dan buaya aja ngga boleh masuk. Itu berbahaya. he he...,

Lalu disamping rumah berbatasan dengan tembok, juga masuk tanaman azolla.

Tanaman Azolla ini kesukaan aku banget. 

Karena kalau dikumpulkan, bisa dapat 1 ember banyaknya, terus dikasih ke ayam lahap banget makannya. Lumayan buat mengefesiensikan pakan.

Hanya saja, azolla di rumah aku ini ada musimnya.

Kalau memasuki musim kemarau, tanaman azolla menghilang karena air surut.

Alat olahraga, harga lumayan mahal juga ya.  

Selama beberapa bulan belakangan ini. Aku pikir olahraga memang tak dapat di tawar tawar. Sehingga berbagai macam alat fitness mesti wajib dimiliki. Seperti tiang tower pull up bar, barbel, treadmill elektrik dan bench press, 

Sempat lihat alat harga fitness di toko hypermart Palangkaraya, nampaknya lumayan mahal juga ya. 

Bahkan ada alat berharga Rp 10.000.000 juta rupiah. 

Rata rata sekitaran Rp 5.000.000 jutaan gitu.

Wah, mahal banget. 

Itu mahal banget menurut aku. 

Sempat kepikiran juga, gimana kalau berlangganan fitness aja per bulan ya.

Tapi kayaknya kurang cocok deh buat aku yang introvert ini dan untuk menempuh kesana saja butuh waktu 1 jam di perjalanan menuju ke lokasi fitness di pinggiran kota Palangkaraya ( bolak balik ). Itupun udah yang paling dekat ama rumah aku aja butuh waktu segitu. 

Rugi waktu menurut aku...? 1 jam terbuang sia sia di jalan. Opsi ini aku batalkan. 

Membeli alat fitness belum ada biaya juga. Seandainya aku sudah membeli ke 4 alat fitness tersebut, belum tentu juga dapat dipake secara rutin, karena terhalang pikiran yang merasa olahraga itu cape banget, pakaian jadi bau karena keringatan dan merasa ngga punya waktu buat olahraga, karena masih terhalang oleh pikiran rasa malas.

Untuk olahraga jogging di sekitar rumah juga masih jarang. Dalam 1 minggu, cuma 2 kali aja aku terapkan. Atau di total 2 jam saja per minggu. Jadi penggunaan waktu buat olahraga masih minim. 

Masih belum tahu opsi penyelesaian masalah ini. 

Harapanku adalah olahraga disiplin 2 jam per hari menggunakan ke 4 alat fitness diatas. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.