Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Skyshield : Teknologi peperangan elektronik perisai langit penembus sistem pertahanan udara pantshir, buk, tor, S300 dan S400 ( 2022 )

Memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di bidang teknologi perisai peperangan elektronik. 

Israel, sebuah negara kecil di Timur Tengah telah menciptakan 3 produk alustista canggih untuk melindungi diri dari perang berantakan dalam hal electronic warfare (EW) dan electronic attack (EA).

Meliputi scorpius berbasis truck darat, Cmusic berbasis pesawat angkut transportasi dan Skyshield berbasis pesawat tempur.

Pada artikel kali ini membahas tentang skyshield. 

Israel Skyshield : Teknologi peperangan elektronik perisai langit penembus sistem pertahanan udara pantshir, buk, S300 dan S400 ( 2022 )

Skyshield adalah modul dari 3 bagian paket terdiri dari 1]. Liteshield,  2]. Xguard dan 3]. Skyshield itu sendiri.

Peperangan modern, terutama melawan musuh kuat seperti Iran dan Suriah. 

Mereka diperlengkapi teknologi persenjataan sistem pertahanan udara yang canggih buatan Rusia. Oleh sebab itu, untuk menantang, mengimbangi dan melawannya maka dibutuhkan skyshield demi memastikan keamanan armada pesawat tempur penyerang mampu menyelesaikan setiap misinya dengan sukses dan pulang tanpa terluka.

Tim Rafael Advanced Defense System dari Israel mengatakan : 

Skyshield dibangun di atas teknologi yang telah matang dan terbukti combat proven secara operasional. Ini termasuk penerimaan digital wideband, teknik program software, generator, AESA, jammers. Semua terintegrasi kedalam pod jammer secara autonom. Sahutnya. 

Ukuran berat Skyshield sekitar 200 kg.

Tak dibutuhkan pesawat tempur khusus untuk menginstalnya. Karena ini hanya berbentuk pod menyerupai seperti rudal yang dipasang pada sisi sayap. 

Jammer skyshield menggunakan pemancar MBAT berbasis teknologi DRFM dan solid state stering array (ESAT), arsitektur GaN gallium nitrida. Rentangan spektrum radar dari D band ke Ku Band. Mencakup sistem interferometer digital untuk mendeteksi lokasi keberadaan sinyal radar musuh.

Pemancar dikendalikan secara elektronik dan dengan cepat menipu banyak rudal menggunakan transmisi canggih. 

Liteshield digunakan dalam menanggulangi dari tindakan pencegahan serangan musuh. Dapat pula bertindak sebagai pengawal jamming dan pencari sinyal radar musuh secara individu. 

Ketika musuh melancarkan tembakan udara menggunakan rudal yang mencoba menembak jatuh pesawat tempur dari jarak jauh. Liteshield membentuk bayang bayang elektronik tipuan seolah olah pesawat berada di tempat lain. 

Xguard ( berat 7 kg ). Sebenarnya adalah decoy versi baru. Berfungsi untuk memikat rudal musuh datang mendekat kearah tembakan yang salah. 

Xguard ditempatkan pada sisi ujung sayap. Mekanismenya diseret menggunakan kabel aliran energi listrik. Apabila ancaman sudah menjauh. Xguard dapat digulung untuk kembali ke posisi semula. 

Pada intinya, Skyshield adalah modul dari 3 paket teknologi peperangan elektronik yang diperuntukkan untuk menerobos sebuah negara yang dikelilingi oleh sistem pertahanan udara canggih dan ketat. Sistem ini menciptakan kebebasan ruang gerak bagi pesawat tempur penyerang untuk mampu mempertahankan dirinya dari berbagai ancaman rentetan tembakan rudal musuh, sekaligus menyediakan opsi untuk membalas balik serangan musuh dengan pemboman. Kemudian bergegas lari menjauh. 

Nama : Skyshield

Kategori : Teknologi peperangan elektronik

Perusahaan : BUMN Rafael advanced defense system

Kantor pusat : Israel 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.