Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertama kali di dunia : Industri media Indonesia telah kalahkan atau menyalip kepopuleran situs berita The New York Times Amerika Serikat ( 2022 )

Bagi anda pencinta film Hollywood atau seorang peselancar internet. Anda tentu sudah mengenal tentang sosok The New Yorks Times yang seringkali lalu lalang di berbagai macam film dan internet. 

The New Yorks Time awalnya merupakan koran yang menyediakan hidangan berupa berita dan informasi terkait pembahasan tentang apa saja. 

Namun, di abad modern ini. The New Yorks Time telah berubah dari bentuk fisik koran kertas menjadi portal website berita digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui smartphone, laptop dan tablet. 

The New Yorks Time didirikan pada 18 September 1851. Saat ini memiliki 4.700 karyawan. Kantor pusatnya ada di Amerika Serikat. Fokus utama yaitu industri di bidang media dengan valuasi nilai $ 5 miliar dolar atau sekitar Rp 75 triliun rupiah. ( setara Rp 75.000 miliar rupiah ). Salah satu pendapatan utama berasal dari iklan Google Adsense dan dari sistem paywall akses premium konten. 

Bertahun tahun lamanya, The New Yorks Time telah menjadi salah satu pemimpin industri media global yang menyajikan informasi dan berita terkini. 

Namun, siapa sangka pada tahun 2022 untuk pertama kalinya, kepopuleran traffik dan valuasi keuangan milik nytimes telah dikalahkan oleh industri media yang ada di Indonesia. 

Pertama kali di dunia. Industri media Indonesia kalahkan kepopuleran situs berita The New York Times Amerika Serikat ( 2022 )

Perusahaan Elang mahkota teknologi atau Emtek yang menaungi berbagai macam situs berita dan informasi di Indonesia. Secara resmi telah mengalahkan total dari keseluruhan trafik dari nytimes. 

Emtek diperkirakan memiliki 10.000 karyawan. Didirikan pertama kali di tahun 1983 oleh bapak Eddy kusnadi sariaatmadja. Sekaligus menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan yang dirikannya.

Perusahaan Emtek memiliki banyak jaringan situs portal media. Meliputi :

1]. Liputan6.com

2]. Brilio.com

3]. Bola.net

4]. Kapanlagi.com

5]. Merdeka.com

6]. Dream.co.id

7]. Vidio.com

Dan masih banyak lagi. 

Mari kita sebut saja situs Merdeka.com, Menurut data traffik dari mesin search engine Google. 

Portal Merdeka.com menghasilkan 47.000.000 juta pengunjung setiap bulannya. Itu belum ditambah dengan laporan dari data traffik dari situs bola.net yang menghasilkan 14.800.000 juta pengunjung setiap bulannya. Sedangkan website kapanlagi.com menghasilkan 24.000.000 juta kunjungan per bulannya. Itu pun belum digabung dari data jaringan situs lain miliknya yang lainnya. 

Sehingga tak ayal, dari segi profit keuangan, traffik dan data. 

Maka untuk pertama kalinya kepopuleran dan keuangan dari The New Yorks Times sudah bergeser.

Merdeka.com sebagai salah satu situs berita milik perusahaan Emtek. Dapat dikategorikan sebagai website gado gado yang mencampurkan semua jenis pembahasan topik meliputi ekonomi, politik, artis, teknologi, kesehatan, otomotif, properti, travel, perbankan, dan masih banyak lagi.

CNN dan FOXNEWS tetap masih yang terdepan. 

Walaupun perusahaan industri media asal Indonesia Emtek telah berhasil menyalip dan mengalahkan kepopuleran dari The New York Times. 

Amerika Serikat masih memiliki 2 media global kuat lainnya. Yaitu CNN dan FOXNEWS. 

CNN milik jaringan perusahaan Warner bros memiliki valuasi sekitar $ 29 miliar dolar atau sekitar Rp 435 triliun rupiah. ( setara Rp 435.000 miliar rupiah ). 

Sedangkan Foxnews milik jaringan perusahaan Fox corporation memiliki valuasi sekitar $ 15 miliar dolar atau sekitar Rp 225 triliun rupiah. ( setara Rp 225 miliar rupiah ). Artinya hampir 3x lipat lebih besar dari Emtek Indonesia.

Fox corporation beralamat di foxnews.com

Foxnews.com adalah website gado gado yang membahas tentang informasi seputar berita Amerika Serikat di dalam negeri, berita luar negeri di seluruh penjuru dunia, politik, bisnis, entertainment, olahraga, gaya hidup lifestyle, kesehatan, teknologi, ilmu pengetahuan dan lain lain, semua tersaji hanya dalam 1 website tunggal tanpa harus bolak balik kesana kemari. 

Selain itu, Foxnews.com memiliki jaringan channel Youtube dengan lebih dari 10 juta subscriber. Penghasilan mengandalkan sepenuhnya dari iklan Google Adsense sebagai pendapatan utama. 

Keunggulan dari foxnews terletak pada penggunaan bahasa inggris secara menyeluruh sehingga menjangkau seluruh pembaca atau penonton di dunia dapat memahami isi konten di dalamnya dengan mudah.

Sedangkan Emtek hanya mengandalkan bahasa Indonesia tanpa penyediaan bahasa penyerta bilingual ( bahasa inggris ). Sehingga pengunjung dari negara lain harus menggunakan alat penerjemah google translate. 

Emtek yang berkantor pusat di Indonesia tak melulu unggul di ranah media menggunakan strategi memiliki banyak situs yang berbeda beda. Salah satu jaringan miliknya yang beralamat di bintang.com telah pamit undur diri atau di tutup secara permanen pada tahun 2022 ini.

Oh ya, sebagai informasi.  

Di Amerika Serikat. Hanya ada 3 situs di ranah kategori media informasi terbesar dan utama yang memiliki pengunjung paling banyak di US. Yaitu : The New York Times, CNN.com dan Foxnews. Ini menjadi 3 pemimpin pemain utama yang menjadi andalan negeri Paman sam di ranah industri media global pada tahun 2022. Memang masih ada situs berita informasi lainnya di US, tapi ukuran dari segi traffik, skala dan keuangan begitu minim. Tak sebesar ke 3 website yang disebut diatas. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.