Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jpost Jerusalem post dan Timesofisrael, media berita online terbesar di Israel yang fokus berbahasa Inggris internasional ( 2022 )

Israel, sebuah negara kecil di kawasan Timur Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 9.600.000 juta orang. Tentu memiliki berbagai hal di bidang jurnalis dan pemberitaan independen. 

Website berita seperti Ynet, Mako, Walla, Haaretz dan Israelhayom merupakan 5 top peringkat jajaran situs berita online asal Israel dengan jumlah kunjungan di dominasi pada umumnya hanya untuk kalangan dari para pembaca kepada mayoritas umat orang orang Yahudi saja atau bagi mereka yang mengerti bahasa Ibrani. 

ke 5 top media berita online asal Israel turut pula menghadirkan fitur multibahasa dengan menyediakan terjemahan berbahasa inggris agar dapat dipahami oleh orang orang internasional. 

Walaupun secara default, tersedia layanan Google translate otomatis. 

Terhadap tampilan bentuk format yang ada. Tentu sulit atau agak sedikit merepotkan bagi kebanyakan orang orang internasional ketika berkunjung ke web berita asal Israel tersebut, karena dicampur aduk dengan bahasa Ibrani sehingga tak user friendly

Terlepas dari segala macam kesulitan dan masalah itu. Dalam catatan sejarahnya, upaya pertama kali untuk menghadirkan surat kabar berbahasa Inggris telah dilakukan sejak tahun 1919. Awalnya bernama The Palestine Bulletin. Kemudian berganti nama menjadi The Jerusalem Post. 

The Jerusalem Post adalah pelopor pertama kali di Israel untuk kategori konten media berita yang fokus berbahasa Inggris. Lalu disusul oleh The Times Of Israel. 

Tentang Jerusalem post ( Jpost ):  



Jerusalem post telah hadir sebelum terbentuknya negara Israel. 

Ketika itu, Jerusalem post berbentuk media percetakan koran. 

Lembar kertas demi lembar di jual setiap hari oleh para pengantar kurir dari satu rumah ke rumah lainnya, dari satu kantor ke kantor lainnya, dari satu orang ke orang lainnya.

Pada bulan Desember 1996. Jerusalem post berevolusi menjadi media online di alamat jpost.com

Saat pembentukan jpost.com, semua berkas arsip dan full catatan koran lama yang pernah ditulis sebelumnya di salin ulang untuk diinput ke situs.

Total jumlah karyawan Jpost memperkerjakan 200 orang. 

The Jerusalem Post adalah media berita online ( non-channelvideo, non-TV, full article ) yang berasal dari Israel dengan fokus menggunakan bahasa Inggris. Ini menjadi situs media berita tertua dan pertama di Israel, sekaligus yang paling banyak di baca oleh orang orang internasional. 

Di tahun 2022. Sebanyak 11.600.000 juta kunjungan telah mengunjungi Jpost.com setiap bulannya. 

Jpost.com berkantor pusat di kota Jerusalem, Israel. 

Jpost.com membahas tentang berita keadaan lokal negara Israel, berita dunia internasional, berita di kawasan Timur Tengah, bisnis inovasi, pendapat opini dan informasi terbaru tentang berita kesehatan.

Demi meningkatkan pendapatan Jpost selain dari iklan Google Adsense dan Outbrain. 

Jpost menghadirkan kursus bahasa Ibrani Hebrew bagi mereka yang tertarik mau belajar dengan menyisihkan biaya langganan tiap bulannya.

Adapula langganan premium sebesar $ 5 per bulan, bagi mereka yang hendak membaca The Jerusalem Post tanpa ada gangguan iklan. 

Tentang Times Of Israel :


Persaingan di media berita online memang dikenal begitu sengit dan panas. 

Berfokus hanya pada pasar konten lokal terbatas dengan jumlah penduduk hanya 9.500.000 penduduk.

Itu tentu mengalami kesulitan dalam hal perolehan pendapatan. 

Tunjjukkan uangnya, raih audies yang lebih besar dengan menyasar kalangan pembaca internasional, merupakan hal yang juga tak mudah karena harus bersaing pula dengan media besar global lainnya. Sedangkan media lokal sudah padat dikuasai oleh Ynet, Mako, Walla, Haaretz dan Israelhayom

David Horovitz, seorang miliarder yang punya banyak uang memutuskan pada tahun 2012 meluncurkan website berita online bernama The Times Of Israel dengan target sasaran orang orang internasional pembaca berbahasa Inggris.

Menggunakan uang miliknya, beliau menghimpun sebanyak 150 orang karyawan di kota Jerusalem, Israel. 

Pada bulan Februari 2014. Dua tahun setelah peluncuran timesofisrael.com mengklaim memiliki 2.000.000 juta pembaca dari kalangan internasional setiap bulannya. Lalu pada tahun 2017 meningkat menjadi 3.500.000 juta kunjungan pembaca setiap bulannya dan di tahun 2022 meningkat dua kali lipat mencapai 9.100.000 juta kali view kunjungan setiap bulannya. 

The Times Of Israel juga memiliki channel berita di Youtube, namun kurang di minati apabila dibandingkan dengan saluran berita televisi berbasis video Youtube melawan channel i24news dengan memiliki 262.000 ribu subscribe dan Ynet ( 309.000 ribu subscribe ). 

Situs berita timesofisrael membahas tentang informasi seputar keadaan di dalam negara Israel, berita tentang orang orang Yahudi, berita teknologi dan real estate. 

Jpost dan Times of Israel adalah media berita online terbesar di Israel. Dimana fokus terhadap konten bahasa Inggris dan menyasar target orang orang internasional. 

Selain ke 2 situs berita ini. Tak ada lagi karena memang hanya ada 2 saja perusahaan media berita saat ini di Israel yang fokus konten bahasa Inggris. 

Kecuali terdapat perpaduan campuran bahasa, seperti situs dari media berita Ynet, Mako, Walla, Haaretz dan Israelhayom. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.