Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertama di dunia : Ilmuwan Israel sukses membuka gerbang physics logic yang memungkinkan foton dan atom bertukar qubit di dalam komputer quantum ( 2023 )

Ilmuwan Israel dari Weizmann institute of science melakukan eksperimen di dalam susunan struktur komputer quantum untuk melakukan serangkaian impuls cahaya yang diukur dalam satuan nanodetik ( 0,000000001 detik ) dengan mengumpulkan lebih dari 1.000.000 siklus pengukuran. 

Penelitian ini untuk memperkuat, memperkokoh dan memperkaya pemahaman tentang fenomena ilmu fisika alam dari hasil temuan sebelumnya guna menyempurnakan hasil temuan yang didukung tak hanya Weizmann saja, melainkan bekerja sama dengan tim dari para peneliti universitas Jerusalem, Universitas bar ilan Israel dan Technion. 

Beberapa teori sebagian kecil ilmu pengetahuan komputer quantum telah dipublikasikan ke publik secara gratis di website nature.com  

Anda dapat membaca informasi mendetail pada link di bawah ini :

https://www.nature.com/articles/s41567-018-0241-6

Pertama di dunia : Ilmuwan Israel sukses membuka gerbang physics logic yang memungkinkan foton dan atom bertukar qubit di dalam komputer quantum ( 2023 ).

Foto : Ilustrasi gambar dari ilmuan Israel tentang gerbang logika kuantum antara foton dan atom

Dror bin dari Israel mengatakan :

Komputer kuantum memiliki karakteristik dan fenomena fisika kuantum yang dimanfaatkan untuk menghasilkan sistem dan kemampuan yang mampu melakukan perhitungan sangat rumit dalam skala besar bahkan jauh lebih canggih dibandingkan super komputer yang ada saat ini. Teknologi ini masih baru dalam masa pengembangan dan masih membutuhkan banyak terobosan secara signifikan agar dapat tercapai. Nilai pasar globalnya diproyeksi mencapai miliaran dolar dalam beberapa dekade berikutnya. Ini berpotensi menjadi teknologi paling canggih dengan dampak yang kelak dapat dirasakan di banyak sektor seperti kedokteran, farmasi, material, listrik, transportasi, logistik, militer dan banyak lagi. Sahutnya. 

Tetapi untuk menciptakan komputer kuantum itu tak mudah. 

Masih banyak ilmu misterius belum dapat dipahami. 

Perusahaan Google (Alphabet.inc) asal Amerika Serikat menciptakan komputer quantum yang disebut sycamore. Induk perusahaan alphabet mengklaim telah sukses menyelesaikan perhitungan matematika dalam waktu 200 detik, dimana apabila dibandingkan menggunakan teknologi super komputer membutuhkan waktu 10.000 tahun untuk menyelesaikannya. 

Ada juga perusahaan microsoft yang salah satu mayoritas saham terbesar dipegang oleh Steven ballmer, Microsoft mengklaim telah sukses menciptakan komputer azure quantum.

Lalu ada IBM yang sukses menciptakan komputer quantum Osprey dengan procesor kuantum 433 qubit ( quantum bit ). 

Perusahaan teknologi China seperti Huawei, Baidu, universitas USTC china dan Alibaba turut pula berlomba lomba di bidang komputer quantum. 

Sementara perusahaan asal Amerika Serikat dan China sukses mengklaim berhasil menciptakan komputer quantum. Sesungguhnya, itu belum sempurna, masih banyak kekurangan, bug dan membutuhkan ribuan perbaikan minor dan mayor yang mesti dilakukan karena tantangan beberapa ilmu fisika yang belum terpecahkan. 

Sebagai contoh :

Jika anda adalah founder perusahaan otomotif yang menciptakan merk mobil jenis baru. Jadi, tak mungkin dalam sekejap mobil diciptakan, lalu langsung dilepas di jual ke pasaran. Pastilah ada serangkaian ujicoba dan tes selama bertahun tahun. 

Misalkan, mobil sudah berhasil dibikin. Ketika dites saat berjalan di jalan raya, ternyata rodanya lepas, bautnya patah, mesinnya keluar asap. Semua kesalahan itu kemudian dicatat, lalu diperbaiki, hingga saatnya tiba setelah menjalani ribuan pengujian dan tes. Maka mobil layak untuk dijual ke pasar dan melaju dengan sempurna. 

Hal yang sama terjadi pula dengan komputer quantum yang tergolong teknologi baru. 

Ketika komputer quantum dinyalakan, eh tahu tahu cuma sanggup bertahan 200 detik saja, lalu setelah itu komputernya meledak, atau mengeluarkan suara bising yang mendesis nyaring atau mesin komputer quantum mengalami getaran dahsyat yang keras sampai seluruh perangkat hardware meleleh panas yang bikin orang orang di laboratorium quantum ikut berteriak histeris juga.

Terlepas dari semua permasalahan itu. 

Perkirakan komputer quantum dapat separuh sempurna di sekitar tahun 2040 atau 2050 nanti. 

Kenapa kok harus menunggu lama seperti itu...? 

Karena adanya tantangan ilmu fisika yang belum terpecahkan. Salah satunya yaitu perangkat keras kuantum yang digunakan saat ini kekurangan qubit yang membatasi kegunaannya secara maksimal.

Untuk menuju tahap awal secara paling minimal saja diperkirakan membutuhkan 4.000 qubit. Tapi komputer quantum yang ada saat artikel ini ditulis belum ada satupun yang mampu mencapai angka standar minimal tersebut. Keterikatan dan keadaan kuantum diperlukan tetapi menjadi rapuh, panas, rusak dan memicu ledakan. 

Ini adalah salah satu tantangan teknik yang dihadapi untuk menciptakan komputer quantum yang layak sempurna untuk digunakan. 

Professor doktor Tom manovitz dari Israel mengatakan : 

Terlepas dari penelitian ini, tantangan tetap ada. Salah satu kendala terbesar adalah sensitivitas ekstrem komputer kuantum terhadap kebisingan yang menghalangi pembangunan sistem ke tahap yang besar dan kompleks. Sahutnya. 

Ketika berbicara tentang jumlah qubit, bukan hanya tentang memiliki lebih banyak. Qubit logis adalah salah satu program untuk menampung superposisi 0 atau 1. Menyajikan komputer biner dalam penyertaan deteksi superposisi logis sehingga memungkinkan perhitungan kuantum secara normal. Qubit fisik adalah realisasi kuantum aktual dari qubit, misalnya sebuah elektron yang dapat memiliki keadaan superposisi spin up atau spin down. 

Kekuatan dari kalkulasi komputer quantum berasal dari pengaktifan banyak qubit pada waktu yang bersamaan dengan masing masing dalam keadaan superposisi dan berkomunikasi satu dengan lainnya. 

Ilmuwan Israel untuk pertama kalinya di dunia dengan sukses membuka gerbang physics logic melalui cara merobek satu foton dari kilatan cahaya. Sehingga foton tunggal diharapkan menjadi backbone sistem komunikasi kuantum. Segera setelah mencapai tingkatan materi qubit dalam sebuah atom. Itu secara otomatis mentransfer untuk disimpan di atom sambil melanjutkan prosesnya secara bersamaan sehingga terjadi efisiensi karena cocok di hal fisik pembuatan jaringan komunikasi kuantum besar setara VLSI. Membuka gerbang physics logic relevan dengan komunikasi fotonik antara semua jenis qubit material dan tak hanya antar atom saja. 

Ilmu pengetahuan blueprint ini diharapkan menjadi pemahaman baru untuk pijakan ke level selanjutnya dalam membangun mesin sistem komputasi dengan kekuatan komputer quantum generasi berikutnya yang lebih canggih dengan meminimalkan ledakan, panas, kerusakan mesin dan mengecilkan volume bunyi bising pada perangkat hardware quantum. 

Informasi mendetail, anda dapat membaca pada link berikut ini :

https://thequantuminsider.com/2023/01/03/israel-invests-32-million-us-more-into-quantum-technology/

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.