Lompat ke konten Lompat ke footer

Akibat perang dagang, pangsa pasar market smartphone buatan China di Amerika Serikat kini turun tinggal tersisa 1% di US ( 2023 )

Di mulai dari China di akhiri oleh Amerika Serikat. 

Sejak lama, selama berpuluh puluh tahun. China menerapkan sejenis teknologi great firewall of China GFW [ tembok api ] untuk menghalangi, mengganggu dan menyulitkan berbagai macam produk produk buatan Amerika Serikat agar dapat masuk ke negeri Tiongkok. 

Di tahun 2018. Mantan pemimpin presiden Donald Trump mengalami kekecewaan. 

Bahkan beliau mengungkapkan penyesalannya kepada pemerintahan sebelumnya presiden Barrack Obama dari partai Demokrat yang saat itu mengurus negara Amerika Serikat, karena tak tahu masalah defisit dagang dengan China, dibiarkan berlarut larut.  

Trump menyebut perbuatan yang diterapkan oleh China sebagai perdagangan ekonomi yang tak adil.

Selain itu, Trump menganggap China sebagai pencuri kekayaan hak intelektual. 

Produk China dengan mudah bebas masuk mengeruk untung cuan cuan di Amerika Serikat. 

Tetapi disisi lain aplikasi dan produk buatan Amerika Serikat malah diblokir, diboikot, dipersulit dan diganggu oleh pemerintah partai komunis melalui teknologi firewall dan via teknik strategi dumping mengenakan tarif mahal untuk setiap kategori produk buatan AS. 

Menyebabkan Amerika Serikat selalu defisit dagang dengan China.

Donald Trump, sebagai presiden Amerika Serikat kala itu, bermaksud hendak menghantam pembalasan kepada China dengan menerapkan hukum serupa. 

Boikot dibalas dengan boikot. 

Mantan presiden AS, Donald Trump berhasrat hendak membalas dendam perang dagang dengan menyasar seluruh produk China hingga ke tingkat 0%. Artinya Trump benar benar serius agar kelak di Amerika Serikat tak ada 1% pun produk China dan tak ada 1% pun bisnis China hadir di Amerika Serikat. 

Donald Trump mengatakan : 

Jika mereka tak ingin berdagang lagi dengan kami, itu tak masalah bagi saya. Sahutnya. 

Dengan nada suara sambil marah, 

Pada tahun 2018. mantan presiden Donald Trump lanjut mengatakan :

Pasar China distorsi, cara mereka berdagang tidak dapat saya toleransi. Sahutnya. 

Akibat perang dagang, pangsa pasar market smartphone buatan China di Amerika Serikat kini turun tinggal tersisa 1% di US ( 2023 )

Salah satu langkah pertama yang diberlakukan oleh Donald Trump adalah memboikot perusahaan teknologi produsen smartphone asal China yaitu ZTE dan HUAWEI. 

ZTE menjadi pertama di denda karena melanggar aturan ekspor ke Iran yang dianggap sebagai musuh bagi AS. 

Kemudian lanjut ke beberapa merk perusahaan teknologi asal China lainnya. Termasuk ke dalam ranah bidang Chip, 5G, komponen militer hingga bahan mineral. Ini semua dianggap dapat membahayakan keamanan nasional AS karena keterikatan terhadap aktivitas terkait secara langsung dengan militer partai komunis PKT China. 

Namun, dikemudian hari langkah Donald Trump terhenti dan pupus saat pilpres karena beliau mengalami kekalahan dengan calon Joe Biden. Sehingga keberlanjutan usaha Trump untuk memboikot seluruh produk China hingga ke tahapan 0% turut terhenti, walaupun begitu kebijakan yang sudah pernah beliau terapkan mulai perlahan lahan menunjjukkan hasil sekalipun kalah di pemilihan presiden tahun 2020. 

Firewall tembok api dan praktik dumping yang diciptakan oleh partai komunis China. Memang menjadi kebijakan hebat bagi pemerintahan China untuk meningkatkan perekonomian menjadi bertumbuh lebih besar nan pesat menyebabkan banyak negara mengalami defisit dagang. Tetapi ketika dihadapkan dengan pemimpin sekaliber Donald Trump. Perbuatan yang dilakukan oleh China malah menjadi bumerang. Dibalas dengan cara pembalasan yang sama. 

Foto : Mantan pemimpin presiden Amerika Serikat. Donald Trump

Pada tahun 2023. Kebijakan lama yang diterapkan oleh Donald Trump telah menyebabkan pemerosotan penguasaan market share smartphone China di Amerika Serikat. 

Kebanyakan orang orang di Amerika Serikat. Kini sudah tak lagi menggunakan produk smartphone buatan China. 

Jikapun ada hanya tersisa 1% saja. Terdiri dari smartphone Oneplus buatan perusahaan BBK Electronic dan produk Xiaomi yang masih diperbolehkan hadir di AS.

Motorola yang diakuisisi oleh perusahaan China, Lenovo menguasai kurang lebih 5% market share di Amerika Serikat. Apabila di total, maka kurang lebih masih tersisa 6%. Tetapi Motorola sebelumnya merupakan perusahaan milik Alphabet yang berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Ada 3 perusahaan penguasa smartphone di Amerika Serikat diluar dari merk China. Yaitu : 

1]. Apple inc ( 57% )

2]. Samsung asal Korea Selatan ( 28% )

3]. Pixel buatan Alphabet ( 2% ) 

Selama 4 tahun terakhir, pemerintah Amerika Serikat telah mempersulit dan melarang toko offline menjual smartphone dari vendor China akibat perang dingin perdagangan. 

Jikapun ada warga AS yang mencoba membeli smartphone buatan China melalui toko online seperti Alibaba. Itu juga dipersulit oleh pemerintah AS, karena jaringan pada perangkat tersebut dimatikan atau ditolak koneksinya sehingga percuma saja beli kalau smartphone ngga bisa online ke internet. Kecuali Xiaomi yang masih dapat izin diakses..  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.