Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Nubox : Teknologi elektronik komputasi pemprosesan komputer untuk satelit di luar angkasa ( 2023 )


Ada miliaran orang orang di dunia ini tanpa menyadari bahwa kehidupan kita memang sulit banget lepas terhadap ketergantungan dari penggunaan satelit. 

Satelit memang tak terlihat oleh mata kita karena berada di atas ketinggian luar angkasa. Namun selama berdekade dekade, umat manusia beraktivitas, berbisnis dan bekerja telah terhubung ke satelit. 

Pada umumnya, hanya ada 3 manfaat dari satelit. Yaitu sebagai komunikasi sehingga orang orang para pekerja yang berada di pedalaman hutan kelapa sawit dapat berinternet ria, buka Facebook, nonton Youtube, dll walaupun tanpa keberadaan infrastruktur jaringan menara BTS. Satelit juga dapat membantu mengirim transaksi uang melalui internet mobile ebanking dengan lebih cepat, membantu koneksi data ( voice, text, image, video ) untuk kapal perang walaupun telah berlayar ribuan kilometer dari pusat komando yang ada di darat dan banyak lagi kegunaan dari satelit sebagai konektivitas komunikasi.   

Sedangkan manfaat ke 2 yaitu sebagai alat bantu penelitian dan pengamatan observasi seperti pemetaan perkotaan, pemetaan bencana alam, memetakan luas kawasan hutan lindung, memetakan luas topografi, memeta pertanian, memeta lokasi pertambangan, memeta bencana kebakaran, membantu pekerjaan bagi para ahli geofisika, klimatologi dan masih banyak lagi. 

Manfaat terakhir ke 3 dari satelit yaitu untuk tujuan militer sebagai alat bantu mata mata intelijen ( pengintaian ). 

Pada tahun 2022. 

Diperkirakan sudah ada 8.261 satelit yang mengorbit di luar angkasa dengan tujuan, misi dan fungsi masing masing.  


Foto : Teknologi Israel Nubox

Israel Nubox : Teknologi elektronik komputasi pemprosesan komputer untuk satelit di luar angkasa ( 2023 )

Pada zaman dulu kala. Membangun, mengembangkan, menciptakan dan memproduksi satelit agar dapat berfungsi dengan baik di luar angkasa itu merupakan suatu pekerjaan yang sulit. 

Penyebabnya yaitu karena keadaan kondisi alam di luar angkasa berbeda dengan yang ada di bumi. 

Di luar angkasa terjadi keadaan seperti hampa udara, radiasi, gravitasi minim dan adanya cahaya panas terik matahari yang menyengat. 

Salah satu tantangan terberatnya yaitu adanya fenomena hukum fisika mirip letupan popcorn mantul mantul kesana kemari disebabkan gelembung udara tertinggal di dalam perangkat elektronik. Hal ini menyebabkan pada akhirnya komputer dan perangkat digital elektronik yang ada di satelit menjadi sering rusak.

Membuka akses digital luar angkasa dan memberikan lebih banyak penyebaran satelit agar dapat berfungsi dengan baik. 

Maka dibutuhkan teknologi canggih dalam melawan kondisi yang tak bersahabat di luar angkasa. 

Sejak tahun 2001. 

Perusahaan teknologi asal Israel, Ramon telah menghadirkan komputasi canggih untuk menghancurkan semua batas batasan limit dan macam macam tantangan sulit bagi benda elektronik di luar angkasa. Kuncinya yaitu memberdayakan komputasi dengan teknologi perlindungan shield radiation dan alat pemprosesan yang disebut Manycore ML/AI/DSP.

Tim dari perusahaan Ramon mengatakan : 

Sistem elektronik di luar angkasa memerlukan kemampuan komputasi tingkat lanjut yang harus dapat menahan radiasi tinggi dan suhu ekstrem. Ramon space merevolusi teknologi yang teruji mengubah satelit menjadi bertenaga sw dan otonom. Menggabungkan sirkuit terintegrasi dengan ic canggih dan perlindungan radiasi virtual yang dirancang untuk penggunaan di luar angkasa dan dilengkapi dengan komponen space commercial off the shelf sebagai tolak ukur baru. Sahutnya. 

Salah satu produk unggul dari perusahaan Ramon adalah Nubox. 

Teknologi Nubox memiliki ketahanan di luar angkasa yang menantang dan memberikan kontrol dinamis atas setiap keberhasilan operasi. Perangkat keras hardware ini mampu menjalankan semua sistem elektronik satelit dengan baik, semua pemprosesan digital hanya dalam 1 kotak. 

Perangkat Nubox telah digunakan oleh pelanggan. Seperti ISA Israel space agency, NASA ( badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat ), Esa.int, dan lainnya. 

Pendapatan kotor dari penjualan ekspor produk sebesar $ 20.000.000 juta dolar per tahun atau sekitar Rp 300 miliar rupiah pertahun. 

Perusahaan Ramon mengklaim bahwa produk miliknya tak ada satupun yang rusak akibat tantangan hukum fisika di luar angkasa, semua berfungsi dengan baik hingga batas jangka waktu 10 tahun penggunaan kepada klien pelanggan. 

Nama produk : Nubox

Perusahaan : Ramon

Kategori : Teknologi elektronik komputasi komputer satelit di luar angkasa.

Kantor pusat : Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.