Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Thor : Drone quadcopter kelas militer tahan jamming dengan kemampuan membawa 15 kg bahan peledak dan mampu terbang sejauh 15 km selama 73 menit berkecepatan 100 km / jam ( 2023 )

Banyak orang orang di seluruh dunia telah menggunakan drone quadcopter.

Drone quadcopter mudah dibeli di toko online sebagai platform entertainment, bisnis, search and rescue, mengirim narkoba ke lintas perbatasan yang biasa digunakan oleh kalangan penjahat gengster, untuk penggunaan sesi pemotretan prewedding, pembuatan film video, inspeksi pertambangan, pertanian, pemerintahan, diperuntukkan sebagai drone hobi, intelijen pengintaian, dan masih banyak lagi. 

Produk paling laris drone quadcopter yang tak terbantahkan dan tak tertandingi pada tahun 2023 adalah dari buatan perusahaan DJI technology asal China. Seperti Inspire, Matrice, Mavic, Phantom, dll. 

Di Indonesia saja, perusahaan DJI menguasai 90% pangsa pasar untuk kategori drone quadcopter komersial. 

Pengoperasian produk drone quadcopter DJI telah menyebar luas hampir ke penjuru dunia, dimana kepergok pula digunakan oleh terorist dan militer, baik itu di tingkat tinggi, menengah hingga rendah seperti keamanan perkotaan bagi kepolisian.

Israel Thor : Drone quadcopter kelas militer tahan jamming dengan kemampuan membawa 15 kg bahan peledak dan mampu terbang sejauh 15 km selama 73 menit berkecepatan 100 km / jam ( 2023 )

Foto : Israel drone Thor

Inovasi brilian yang dihadirkan oleh perusahaan DJI telah memimpin teknologi drone quadcopter di seluruh dunia dengan menguasai 70% market internasional. 

Walaupun market quadcopter semakin sempit dikuasai akibat monopoli penguasa DJI. 

Tetapi masih ada celah kekurangan pada sifat kehandalannya melawan sistem anti jamming, daya angkat payload, kecepatan dan ketahanan waktu.

Keunggulan utama dari drone quadcopter yang handal terletak pada sifatnya yang praktis, ringan dan bentuk body kecil mudah di bawa bawa.

Itulah penyebab mengapa drone ini digemari oleh sipil, militer, penjahat kriminal bahkan terorist. 

Sebagai tambahan informasi. 

Kebutuhan terhadap layanan produk drone quadcopter sesungguhnya masih tergolong fase baru lahir dan seperti baru saja memulai. Pertumbuhan penggunaannya di masa depan dapat diperluas lagi.

Selain DJI, selama bertahun tahun produsen perusahaan drone quadcopter asal Israel, Elbit system turut menciptakan produk tandingan yang disebut THOR. 

Tim Elbit System mengatakan : 

Dirancang untuk menyediakan kepada pelanggan kami dengan solusi mutakhir untuk tantangan medan perang modern. Drone dilengkapi dengan arsitekstur perangkat keras yang kuat didukung algoritma artificial intelligence yang canggih dengan daya tahan baterei luar biasa dan tautan data SDR mendukung Transec & Comsec yang diproses melalui antena. Sahutnya.  

Drone quadcopter Thor buatan perusahaan Israel ini cocok digunakan kepada anda kalangan militer tingkat rendah, tim regu penyelamat bencana alam, keamanan perkotaan, patroli perbatasan, pasukan khusus, pengawasan hutan lindung dari aksi ilegal logging, pelindung ZEE bagi kapal patroli bahkan hingga kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya. 

Thor lepas landas secara vertikal. 

Mampu terbang berangkat ke tujuan yang telah ditentukan dan pulang kembali sepenuhnya otonom tanpa harus operator manusia mengendalikannya selama misi penerbangan navigasi otomatis di aktifkan.

Kemampuan jarak terbang Thor telah ditingkatkan dari sebelumnya 10 km menjadi 15 km. 

Hal yang sama terjadi pada daya ketahanan. 

Perusahaan Elbit System selaku pemilik drone Thor telah meningkatkan ketahanan drone quadcopter ini dari yang tadinya hanya mampu bertahan 45 menit menjadi 73 menit ( 1 jam 13 menit ), mengupgrate daya angkut payload hingga seberat 15 kg dan memperkokoh kekebalan serangan jamming menjadi tak berfungsi.  

Drone quadcopter dapat di bawa menggunakan tas yang diangkut oleh seorang tentara.

Hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk melepaskan dari tas ransel, memasang pemancar antena, membuka sayap baling baling, menginstal kamera EO dan siap menerbangkan thor 

Semua data, komunikasi dan perintah penerbangan kemudian dikendalikan melalui 1 unit perangkat laptop yang telah diinstal aplikasi software khusus bernama nevo. 

Tak dibutuhkan tiang pemancar antena komunikasi yang panjang. 

Antara laptop dan drone thor sudah terhubung koneksi pemancar jaringan transmisi. 

Apabila sinyal terputus, thor dapat kembali otomatis ke tempat awal lepas landas, sekalipun drone telah terbang menempuh jarak 15 km. 

Kamera thor dilengkapi kemampuan klasifikasi dan pelacakan objek menggunakan algoritma AI canggih.

Menampilkan semua video apa yang dilihat oleh kamera drone ke layar laptop secara realtime.

Untuk 1 drone Thor di hargai kira kira seharga $ 4.000 atau sekitar Rp 60.000.000 juta rupiah per unit. 

Nama : Thor

Kategori : Drone quadcopter

Perusahaan : Elbit system

Jumlah karyawan : 22.500 orang

Kantor pusat : Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.