Lompat ke konten Lompat ke footer

Pertama di dunia : Israel electriq, teknologi genset listrik tanpa baterei lithium untuk menyuplai pedalaman desa, hutan dan gurun pasir tanpa akses infrastruktur PLN menggunakan bubuk powder mirip detergen ( 2023 )

Ada banyak kawasan di belahan bumi ini tak tersedia oleh akses infrastruktur kabel jaringan listrik PLN. Karena keberadaan tempat tinggal mereka yang berada jauh hingga ribuan kilometer dari kota kecil atau desa terdekatnya. 

Lokasi seperti desa terpencil, hutan dan padang gurun pasir merupakan wilayah yang tak tersentuh oleh tiang dan kabel listrik dari PLN. 

Pada umumnya, orang orang disana mengandalkan cara kuno untuk memasak dan penerangan menggunakan kayu bakar, lentera dan lilin. 

Beberapa pihak lain membeli perangkat baterei listrik, panel surya photovoltaic untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari dan juga membeli mesin genset listrik berbahan bakar BBM.

Penambang mineral di pedalaman gurun pasir, para karyawan buruh kelapa sawit yang berada di tengah hutan, karyawan pekerja penebangan pohon kayu hingga tentara militer yang bekerja siang malam dalam aktivitas patroli perbatasan. Merupakan orang orang yang membutuhkan listrik PLN di kawasan pedalaman tetapi infrastrukturnya tak tersedia.

Pertama di dunia : Israel electriq, teknologi genset listrik tanpa baterei lithium untuk menyuplai pedalaman desa, hutan dan gurun pasir tanpa akses infrastruktur PLN menggunakan bubuk powder mirip detergen ( 2023 )

Mengharapkan PLN atau perusahaan swasta listrik lainnya untuk hadir di kawasan pedalaman. Itu hampir tak memungkinkan dan pasti mustahil takkan pernah dapat terjadi sampai kapanpun. 

Mesin genset, kayu bakar, lilin, lentera dan panel surya merupakan metode umum digunakan oleh orang orang di pedalaman. 

Sebuah perusahaan teknologi asal Israel, Electriq mencoba membantu memecah masalah kritis di dunia ini menggunakan solusi strategi alternatif lainnya yaitu adopsi bubuk powder hidrogen. 

Bagaimana cara kerjanya :

Perusahaan teknologi electriq menyediakan 2 jenis mesin yang diperuntukkan untuk hal berbeda. 

Yaitu B2B dan B2C.

Mesin B2B untuk memproses atau mengubah gas di sebuah mitra pabrik perusahaan diolah menjadi bubuk pasir yang mirip seperti bubuk gula, bubuk serbuk kopi, bubuk rinso atau mirip seperti bubuk butiran pupuk NPK. Mesin milik Electriq mengubah, menyulap dan mentransformasikan sebuah gas yang tadinya mudah terbakar, mudah meledak menjadi tidak mudah terbakar dalam bentuk padatan bubuk diberi kode 'KBH4' dan telah di patenkan di Israel. ( 100% zero carbon, 100% zero mineral mahal ). 

Foto : Mesin B2B electriq global

Sedangkan, mesin B2C berbentuk kecil dipergunakan untuk menjadi alternatif mesin genset jenis baru yang mampu mengubah bubuk KBH4 menjadi listrik. Menjadikannya sebagai mesin pembangkit listrik bebas nol emisi pertama di dunia, ini murni tanpa polusi udara sama sekali, tanpa metode penyimpanan baterei yang menggunakan mineral lithium yang mahal, tanpa suara bising mesin yang membengkakkan telinga dan tanpa merusak lingkungan dengan menggunakan kekuatan bubuk powder hydrogen yang alamiah dari alam. Penggunaan mesin genset ala B2C ini begitu sederhana, masukkan bubuk ke dalam mesin lalu tekan tombol dan colokkan ke penghubung stopcontact listrik. 

Tim Electriq mengatakan :

Temui yang aman dan praktis. Hidrogen bubuk. Electriq adalah pengubah hidrogen yang berfungsi seperti mirip bubuk kopi untuk mesin kopi. Menyederhanakan penyimpanan, pengangkutan dan penggunaan hidrogen dalam sistem off grid dan mampu disimpan dalam jangka panjang. Sahutnya. 

Casper wulfers mengatakan : 

Dengan mesin electriq, kami mengoperasikan di kapal kami dengan fleksibilitas yang sama seperti dulu kami menggunakan mesin diesel. Kini kami berlayar 100% ramah lingkungan. Sahutnya. 

Sander roosjen mengatakan : 

Yang penting, kami kini dapat beroperasi bebas polutan emisi dan tak ada lagi gangguan kebisingan di lokasi konstruksi. Sahutnya.

Penggunaan teknologi electriq yang luas untuk kapal, derek, pusat data center dan alat berat lainnya. 

Mesin generator electric tak hanya sekedar pembangkit listrik. 

Tetapi penggunaannya dapat meluas ke masa depan untuk menggerakkan banyak hal seperti kapal kargo berukuran besar, mesin derek, pusat data center, generator puskesmas di pedalaman hutan, perkantoran di hutan, gedung pusat komando militer di tengah padang pasir, sekolah di tengah hutan, untuk menghidupkan energi listrik di berbagai macam gedung pabrik pabrik di tengah hutan dan menyalakan alat alat elektronik permesinan berat lainnya. 

Merevolusi mental orang orang di seluruh dunia, untuk mengubah perspektif. Dari yang tadinya ketergantungan dengan bahan bakar BBM dan gas cair yang memiliki banyak kelemahan karena mudah meledak.

Baruch halpert, CEO electriq dari Israel mengatakan :

Kami telah membuat hidrogen dapat digunakan untuk semua orang. Sahutnya. 

Tim Electriq kemudian melanjutkan :

Hidrogen adalah energi yang jika diproduksi dengan listrik ramah lingkungan dapat menjadi alternatif berkelanjutan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Paling jelas digunakan untuk industri, transportasi berat dan bahan baku kimia lainnya. Tidak ada karbondioksida yang dilepaskan saat hidrogen digunakan. Satu satunya produk buangan sisa hanya air murni dan oksigen. Sahutnya. 

Secara teknis, memang bubuk buatan Electriq agak lebih mahal dibandingkan daripada gas cair dan BBM.

Agak mahal karena mesin B2C harus mengkompresi terlebih dahulu prosesnya ke bentuk bubuk. Namun secara penyimpanan dan pengangkutan transportasi, bubuk KBH4 memudahkan orang orang membawanya kemana mana. Tak seperti gas cair dan BBM. Itu membutuhkan truck khusus. Disisi lain, pekerjaannya agak kotor, berat, rumit dan instalasi penyimpannya ngga mudah. 

Bubuk KBH4 dapat disimpan dengan mudah di gudang rumah anda yang jauh dari api. 

Juga dapat dibawa oleh mobil biasa atau truck logistik. 

Anda bahkan dapat membawanya dengan bungkus kardus saja. 

Orang orang yang membawa tak perlu takut kotor. Asalkan jauh dari api. 

Walaupun agak mahal, kepadatan bubuk KBH4 memiliki keunggulan dibandingkan baterei lithium. 

Baterei dari mineral lithium, enam kali lipat lebih mahal ketimbang KBH4. 

Itu adalah keuntungan secara jelas yang membedakan produk KBH4 dan lithium yang mahalnya hingga 6X sehingga kurang menarik dari segi bisnis. 

Teknologi electriq tak membutuhkan sama sekali mineral lithium. 

Nama perusahaan : Electrig

Kategori : Teknologi mesin genset listrik

Kantor pusat : Israel

Kantor cabang : Uni Eropa, Australia, ( Next Amerika Serikat ).

Alamat :  electriq.com

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.