Lompat ke konten Lompat ke footer

Pertama di dunia : Pemerintah Kanada terapkan undang undang bahwa semua investor orang orang asing dilarang beli rumah, apartemen dan tanah. Uni Eropa mau tiru langkah Kanada ( 2023 )

Harga properti dan tanah dari hari ke hari kian melejit begitu mahal. 

Banyak orang orang sudah tak sanggup lagi membeli tanah, apartemen dan rumah pribadi karena harganya yang kelewatan di ongkos. 

Bahkan jikapun sanggup membeli maka butuh waktu menabung hingga puluhan tahun untuk mencicil biayanya. 

Penyebab utama salah satunya adalah karena orang orang kaya membeli tanah, apartemen dan rumah pribadi dalam jumlah besar lebih dari 10 unit, 100 unit bahkan 1.000 unit. Tapi tak mereka tinggali malah mengenakan tarif harga kepada orang lain kelewat mahal dengan alasan demi mendapatkan keuntungan profit investasi setinggi tingginya. 

Fenomena kekosongan ini disebut sebagai tanah hantu, apartemen hantu atau rumah mewah hantu.

Jeritan teriakan rakyat atas makin mahalnya harga tanah, rumah dan apartemen pada akhirnya di dengar oleh pemerintah Kanada melalui perdana menteri Justin pierre james trudeau. 

Bergerak dengan cepat dan disertai dengan solusi. 

Sejak tahun 2021. Justin trudeau telah memberlakukan aturan melarang semua investor orang orang asing berinvestasi real estate di Kanada. 

Jika pihak asing ketahuan maka mereka di tangkap dan dikenai saksi kemudian dipaksa menjual aset investasinya kepada orang orang asli berwargakenegaraan pemilik KTP Kanada. 

Orang orang asing atau investor asing hanya diperbolehkan menyewa dan harus ditinggali. Di larang membeli sebagai investasi. 

Peringatan diberikan selama 2 tahun yang lalu untuk memberikan kesempatan bagi semua orang orang asing menjual semua kepemilikan di Kanada. Aturan undang undang mulai berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2023. 

Data menunnjjukkan kebijakan atau keputusan solusi yang diambil oleh Justin trudeau. Terbukti mampu menurunkan harga hingga 18% sehingga memberikan kesempatan kembali bagi warga pribumi asli Kanada untuk membeli rumah, tanah dan apartement dengan harga agak terjangkau. 

Pertama di dunia : Pemerintah Kanada terapkan undang undang bahwa semua investor orang orang asing dilarang beli rumah, apartemen dan tanah ( 2023 ).

Undang undang baru Kanada yang disetujui oleh Justin Trudeau. Telah resmi berlaku pada tahun 2023.

Permasalahan mahalnya harga rumah di Kanada ini terjadi sejak di mulainya ketika orang orang kaya raya beberapa dekade yang lalu. 

Ketika transportasi udara, darat dan laut semakin lancar. Pihak asing  datang ke Kanada untuk transaksi membeli tanah, rumah dan apartement sebagai investasi. Lalu mereka kembali lagi ke negara asalnya, berkunjung ke Kanada hanya sekedar cek cek keadaan fisik properti atau cuma liburan saja. 

Orang orang kaya raya dari pihak asing ini berasal dari banyak negara seperti Inggris (UK), Amerika Serikat, China, Jepang, dan lain lainnya. Menggunakan uang melimpah, mereka ( orang orang asing ) memborong dalam jumlah besar, menyebabkan harga meningkat, jumlah pasokan banyak padahal kosong. Tawaran harga tetap dinaikkan. Investasi rumah, apartemen dan tanah sebanyak banyaknya tak peduli di dalamnya kosong. Harapan mereka investasi sebanyak banyaknya dalam jangka panjang.  


Perdana menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan : 

Ini mengarah pada masalah serius. Banyak rumah menjadi kosong dan tak berpenghuni. Spekulasi harga merajalela, harga dibuat meroket. Rumah untuk orang, bukan untuk investor. Sahutnya. 

Polemik kepemilikan rumah, tanah, apartement yang dimiliki oleh pihak asing atau perusahaan developer asing memiliki dampak buruk selain meningkatnya harga juga menjadikan banyak luas hektar tanah menjadi tak produktif karena dibiarkan menganggur begitu saja tanpa dapat disentuh oleh warga lokal pribumi karena ketidaksanggupan modal. 

Kebijakan yang ditempuh oleh Justin telah dipuji karena terbukti terjadi penurunan tajam hingga 18% menurut laporan. 

Justin menemukan ada perusahaan developer asing yang kaya raya bahkan sanggup membeli hingga ribuan unit apartement. Kemudian dengan sengaja terus menerus menaikkan harga. 

Hal senada ditemukan, rata rata orang kaya asing secara individu mampu membeli 10 unit rumah sekaligus di Kanada. 

Mulai tahun 2023. Hukum undang undang menyatakan tak boleh lagi pihak asing menguasai real estate di Kanada. 

Uni Eropa mau tiru langkah kebijakan undang undang Kanada

Pencapaian keberhasilan Justin dalam mengatasi masalah melambungnya harga real estate. 

Mulai dijadikan bahan pertimbangan dan rapat internal di Uni Eropa agar penerapannya juga dapat dilakukan di benua biru. 

Presiden komisi ( Persatuan Uni Eropa ) Ursula von der leyen berserta jajaran pemerintahan EU sedang meniru peraturan kebijakan hukum Kanada karena tertarik dengan strategi brilian tersebut. 

Uni Eropa juga punya masalah yang sama tentang topik melambungnya harga tempat tinggal. 

Klaimnya yaitu bahwa orang orang asing dan developer perusahaan asing. Mengambil alih tanah, rumah dan apartement. Sedangkan penduduk EU dipaksa menyewa atau membeli dengan harga yang lebih mahal. 

Warga Uni Eropa bahkan harus rela mengutang selama bertahun tahun demi melunasi biaya tempat tinggal. Bahkan terkadang kadang utang mencekik kehidupan mayoritas warga EU.

Menarik untuk disimak, apakah peraturan strategi Kanada juga segera diterapkan di Uni Eropa. 

Kanada merupakan contoh bagus dan berhasil dalam ruang persepsi simulasi yang lebih mudah diamati karena jumlah penduduknya jauh lebih sedikit ketimbang EU. 

Sedangkan, Uni Eropa memiliki jumlah penduduk sebanyak 447.008.063 juta orang. 

Lalu bagaimanakah dengan kebijakan di Indonesia. 

Apakah tertarik mengikuti langkah strategi Kanada....? 

Penurunan hingga 18% merupakan angka yang cukup menggembirakan. Walaupun masih ada banyak faktor lagi yang menyebabkan kenaikan harga. Opsi membuat hukum dan undang undang adalah cara paling cepat menyelesaikan masalah tersebut. 

Tentu saja, pemerintah Kanada sedang memikirkan dan mempertimbangkan opsi jangka menengah dan opsi jangka panjang berikutnya demi menurunkan harga. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.