Lompat ke konten Lompat ke footer

Berapa gaji content creator blogger dari 100.000 page view dengan mengaktifkan fitur iklan kecerdasan buatan automatic adsense AI ( 2023 )

Berapa gaji rata rata content creator blogger dari 100.000 page view ?

Jawab :

Rp 120.000 ribu rupiah.

Berapa gaji content creator blogger dari 100.000 page view dengan mengaktifkan fitur iklan kecerdasan buatan automatic adsense AI ( 2023 )

Di dunia ini ada 3 jenis platform CMS terbesar dan terpopuler di dunia yang digunakan oleh banyak orang untuk pengelolaan blog. Meliputi Wordpress, Blogger dan Wix

Di Indonesia. Penggunaan Wordpress dan Blogger.com begitu mendominasi yang digunakan oleh banyak orang orang dalam kehidupan sehari hari, mulai dari mengelola blog kecil hingga situs berita besar semacam Kompas.com dibangun via Wordpress. 

Untuk membuat blog di zaman sekarang begitu mudah selayak 1 2 3. 

Cukup butuh waktu 15 menit saja, blog pertama anda dapat dibangun. Entah melalui wordpress.com, blogger.com atau wix.com

Blog adalah sebuah media untuk memberikan, menyampaikan dan berbagi berbagai macam informasi dalam bentuk tulisan artikel, foto dan embed script video Youtube. 

Aktivitas menulis atau disebut juga ngeblog atau blogging dapat dijadikan oleh seseorang sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan utama untuk meraup cuan cuan cuan uang. 

Cara kerjanya yaitu seseorang menulis artikel di blog, lalu mensubmit postingan ke mesin pencari Google, Bing dan Yandex yang dimana blog terhubung ke keluarga publisher Adsense. 

Memang ada banyak metode untuk memonetisasi blog. 

Paling terkenal yaitu menggunakan iklan dari Google Adsense. Karena sistem bagi hasilnya yang lumayan menggiurkan membayar hingga 68%.

Jika teman teman bertanya atau penasaran tentang berapa besaran angka estimasi gaji content creator dari bekerja menjadi ngeblog. Itu kadang kadang tidak sama antar orang ya. Ada banyak faktor yang mendasarinya. Mulai dari jenis HPK (high paying keyword), CTR ( click through rate ), bahasa dan letak geografis.  

Penulis blog yang menggunakan bahasa Inggris. Pada umumnya dibayar lebih mahal.

Penulis blog yang menargetkan content niche seperti tema 'asuransi'. Pada umumnya dibayar lebih mahal dibandingkan menulis artikel dengan tema general ( gado gado ), seperti membahas gosip artis, musik, entertainment, memancing, koleksi, tanaman, hobi, perternakan, pendidikan, resep masakan, dll. Harga iklan untuk jenis konten ini memang cenderung murah. 

Metode statisik 

Oh ya, karena saya merupakan pengguna dari layanan platform blogger dan adsense milik perusahaan Alphabet.inc. Jadi artikel ini spesifik membahas pada kasus saya sebagai pengguna dashbord blogger dan adsense 

Mengingat ada perbedaan nyata antara Wordpress, Wix dan Blogger. 

Oleh sebab itu, saya tidak mengetahui bagaimana cara kerja sistem statistik Wordpress dan Wix bekerja. 

Di blogger yang terintegrasi dengan manajemen analytic. Salah satunya menggunakan 2 metode sebagai perhitungan statistik. Yaitu visitor dan pageview.

Visitor adalah jumlah hitungan orang mengunjungi blog kita dihitung berdasarkan 1 alamat IP.

Sedangkan pageview adalah jumlah hitungan berapa kali total orang orang membuka halaman postingan.

Fitur kecerdasan buatan automatic adsense AI 

Di akun blogger dan adsense terdapat fitur automatic adsense AI. Yaitu sejenis kecerdasan buatan ( AI ) untuk meningkatkan performa CTR.

Artificial intelligence bakal memindai template secara otomatis kemudian menempatkan posisi iklan yang dianggap berpotensi menghasilkan lebih banyak pendapatan. Untuk mengaktifkan AI milik Google ini caranya mudah, cukup memberikan izin dengan mengklik centang persetujuaan di akun masing masing. 

AI terbukti mampu meningkatkan pendapatan seorang blogger. Tetapi tetap ada batasannya sesuai dengan seberapa banyak traffik yang masuk. Biasanya CTR yang dibantu pengelolaan oleh AI berada dikisaran rata rata 1%. 

Menurut saya, itu gebrakan luar biasa. 

Sebelum kehadiran adsense automatic AI. Saya ingat waktu itu membutuhkan banyak daya, upaya & pikiran untuk bagaimana cara menempatkan posisi iklan. Sejak AI diperkenalkan. Semua sudah serba otomatis. Sehingga kini semua pekerjaan memikirkan yang menguras banyak waktu tentang hal peningkatan CTR, saya sudah lepas tangan sama sekali.

Pada masa kini, content creator hanya fokus saja membuat artikel yang bagus agar mendatangkan lebih banyak pembaca atau pengunjung.  

Berapa gaji content creator blogger dari 100.000 pageview

Berkaca melalui metode perhitungan statisik dashbor blogger.com dan mengaktifkan fitur AI. Seperti yang sudah dibahas diatas. Saya sudah tak lagi memusingkan berapa banyak klik iklan dan rasio CTR. Sepenuhnya telah dihandle oleh AI. 

Fokus saat ini hanya memfokuskan diri bagaimana membuat artikel sebagus bagusnya agar menarik minat banyak orang atau agar mengundang lebih banyak pengunjung yang datang.  

Jadi, berapa sih gaji content creator blogger jika mampu mendapatkan kunjungan sebesar 100.000 pageview per artikel.

Jawab :

Untuk kasus saya, di tahun 2023. 

Rata rata mendapatkan antara Rp 110.000 ribu rupiah - Rp 120.000 ribu rupiah

Dengan catatan : Tema general ( gado gado ya ). 

**** %%%%%%%%% ********

Apakah menjadi blogger dapat dijadikan sebagai pekerjaan utama. 

Jawabnya.

Bisa banget. 

Dengan catatan : Blog anda ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Misalkan, tiap hari anda mendapatkan 100.000 view setiap kali menulis 1 artikel postingan. 

Maka dalam waktu 1 bulan. 

Estimasi gaji anda berada dikisaran : Rp 3.600.000 juta rupiah perbulan.

Lumayan bukan

Atau : 

Misalkan, tiap hari anda mendapatkan 10.000 view setiap kali menulis 1 artikel postingan. 

Maka dalam waktu 1 bulan. 

Estimasi gaji anda berada dikisaran : Rp 390.000 ribu rupiah perbulan.

Lumayan bukan.

Pada kasus saya di blog sederhana Afrid-fransisco.id. 

Untuk 1 postingan artikel saya pernah dapat mencapai jumlah pageview hingga diatas 300.000 view.

Itu hanya 1 artikel saja.

Hingga kini, saya belum tahu apa penyebab 1 artikel bisa mendapatkan jumlah view meledak hingga sebanyak itu. Apa yang menyebabkan tulisan jadi ramai. Belum tahu kenapa...? Padahal menulisnya biasa biasa saja. 

Di hati sih, pengennya dapat artikel yang selalu meledak kayak gitu ya. he he..., 

Tetapi sejak era kehadiran internet 4G. 

Fenomena adanya lawan tanding dari Tiktok, Instagram dan Youtube. Membuat banyak orang orang atau pengunjung mulai beralih ke content video karena lebih menarik secara visual dan interaktif. 

Walhasil, mengakibatkan aktivitas ngeblog berangsur angsur pudar akibat kalah ( terdisrups ) dalam persaingan.

Kini di tahun 2023. 

Para blogger untuk mendapatkan 10.000 view per 1 artikel saja sudah lumayan sulit. 

Rata rata gaji per 10.000 view berada diangka $ 0,8 - $ 0,9 atau Rp 11.000 - Rp 13.000 ribu rupiah perhari.

Solusi sementara, semakin banyak para blogger mulai beralih ke bahasa Inggris atau menggunakan fitur multibahasa dengan harapan dapat meningkatkan penghasilan. Walaupun memang dihargai dengan harga iklan yang mahal. Tetapi itu juga bukan pekerjaan mudah karena persaingan diluar Indonesia menuju internasional justru lebih tinggi, keras, sengit dan berdarah darah.   

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.