Lompat ke konten Lompat ke footer

Sandiaga uno, manusia Indonesia dengan harta kekayaan Rp 10 triliun rupiah dan bagaimana rahasia beliau mendapatkannya ( 2023 )

Bagi teman teman di Indonesia yang berusia di atas +18 tahun. 

Siapa sih yang tak mengenal bapak Sandiaga uno

Sandiaga uno merupakan pejabat politik yang menjabat sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pada tahun 2019, orang keturunan jawa asli yang bersekolah dari lulusan almamater universitas George Washington Amerika Serikat ini memiliki 3 orang anak dari istri bernama Noor asiah. 

Sebelum berkiprah di dunia perpolitik. 

Asal usul Sandiaga uno ( umur 53 tahun ) sesungguhnya 100% real entrepreneurship dan 100% real investor. Jadi, beliau memang sudah kaya raya sejak dari awal menjabat di bidang politik. 

Berdasarkan data dari LHKPN. 

Sandiaga uno memiliki harta kekayaan sebanyak Rp 10 triliun rupiah. Secara praktis, beliau dinobatkan sebagai pejabat peringkat #1 paling kaya raya di Indonesia. ( Data versi 2022 ). 

Sandiaga uno, manusia Indonesia dengan harta kekayaan Rp 10 triliun rupiah atau setara Rp 10.900 miliar rupiah ( 2023 ) 

Saat menulis artikel ini kepada anda. 

Banyak netizen di Indonesia sedang ribut ribut tentang masalah harta kekayaan Sandiaga uno. Apakah uang yang didapat oleh bapak Sandiaga uno berasal dari korupsi hasil kekuasaan menjabat atau penyelewengan uang APBN milik rakyat dengan menerapkan skema gaji, tunjangan, bonus, insentif tinggi saat menjabat menjadi Menparekraf ( menteri pariwisata dan ekonomi kreatif ).

Seperti pembahasan diatas.

Sebelum menjadi pejabat politik. Dari awal bapak Sandiaga uno memang sudah kaya raya lebih dulu ya. 

Jadi perlu rasanya diberitahukan kepada khalayak orang orang netizen ramai bahwa hasil kekayaan Sandiaga bukan dari kleptokrasi. 

Sandiaga uno merupakan orang yang senang berbagi ilmu tentang investasi, saham dan bisnis. Tapi kegundahan beliau karena selama ini sering menyaksikan banyak orang orang Indonesia jarang ada yang mau bertanya kepada dirinya tentang investasi. Itulah yang membuat beliau kecewa kepada netizen, seakan akan banyak orang tak mau tahu tentang ilmu investasi. Seperti yang beliau ungkapkan pada channel Youtube miliknya. 

Ada beberapa cara metode menilai kekayaan seseorang :

1]. Forbes menilai dan menghitung kekayaan seseorang berdasarkan jumlah kepemilikan saham secara real time. Hal ini wajar mengingat Forbes terafiliasi dengan industri saham. Sehingga Forbes menolak menghitung jumlah uang cash di bank, menolak menghitung aset properti real estate, kendaraan, dll sebagainya. Untuk masuk ke daftar list forbes, seseorang harus memiliki kepemilikan saham minimal sebeasr $ 1 miliar dolar atau sekitar Rp 15 triliun rupiah.  

2]. Credit suisse menilai dan menghitung kekayaan seseorang hanya berdasarkan jumlah uang yang ada di tabungan bank saja, hal ini wajar mengingat ini adalah perusahaan bank. Untuk masuk ke daftar list credit suisse, seseorang harus diwajibkan minimal memiliki uang cash di bank sebesar $ 1.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 15 miliar rupiah.  

3]. Coindesk menilai dan menghitung kekayaan seseorang hanya berdasarkan jumlah kepemilikan uang digital yang terekspos. Hal ini wajar mengingat Coindesk adalah perusahaan berspesialisasi di bidang cryptoccurency. 

4]. LHKPN menilai dan menghitung kekayaan pejabat berdasarkan gabungan di uang cash di bank, saham dan juga menghitung aset lainnya seperti rumah, kendaraan, emas, perak, tanah, dll. LHKPN hanya didedikasikan kepada database untuk pejabat pemerintahan. 

Jadi, jika mengacu pada data LHKPN. 

Kekayaan Sandiaga uno yang berjumlah sekitar Rp 10,9 triliun atau setara Rp 10.900 miliar rupiah. 

Itu adalah angka dalam jumlah yang begitu besar banyaknya ya. Lalu, bagaimana sih cara bapak yang begitu ganteng ini dapat dan mampu meraup pundi pundi sebesar itu.

Yuk, cari tahu di artikel ini :

Saratoga investama sedaya

Pada tahun 1997. Bersama dengan sahabat Edwin soeryadijaya

Bapak Sandiaga dan Edwin soeryadijaya mendirikan perusahaan Saratoga investama sedaya. 

Alamat di : Saratoga-investama.com

Berbekal dari ilmu pengetahuan yang beliau dapat dari universitas. 

Sandiaga mengukuhkan dirinya untuk merefleksi memantapkan dirinya di bidang analisis keuangan dan mengamati perkembangan trend mikro makro perubahaan ekonomi, memahami mekanisme pasokan permintaan ( supply demand ) dan meneliti berbagai macam bisnis & finansial yang ada secara global yang diklaim menjadi hobi kesukaannya.

Ribuan jenis perusahaan diperiksa, mulai dari perusahaan kecil yang baru memulai ( startup), perusahaan menengah dan perusahaan raksasa yang terdaftar di IPO. 

Satu per satu perusahaan diperiksa dengan teliti, diseleksi, data laporan keuangan dibaca dengan baik baik, beberapa tim karyawan dari Saratoga investama dikirim bolak balik keluar daerah untuk mewawancari manajemen, bekerjasama dalam hal berbagi ilmu strategi pertumbuhan ide bisnis, memberi atau bahkan memperoleh nasehat bijak bersama sama dan untuk memperoleh data secara terperinci dari perusahaan yang bersangkutan walaupun terpisah jarak ribuan kilometer. 

Modal awal pertama kali saratoga investama ada berasal dari uang pribadi milik Edwin soeryadijaya, lalu berlanjut dengan memutuskan keyakinan dengan menambah modal melalui jalur utang demi mempercepat akselerasi. 

Sejak 1997 - 2023. Perusahaan Saratoga sudah banyak melintang dalam investasi dengan menanamkan modal pada beberapa bisnis startup dengan harapan dapat exit dikemudian hari dan fokus utama tetap pada membeli atau hold jangka panjang berbagai macam saham emiten dengan harapan agar pilihannya tepat.

Terus menunjjukkan sisi growth dengan pertumbuhan yang positif bukan minus.

Berbekal banyak data kompresif yang diperoleh oleh tim. Perusahaan Saratoga tahu kapan waktu untuk membeli saham, kapan waktu untuk menjual saham dan seberapa lama waktu harus hold saham. Jadi tak asal asalan, karena semua sudah diperhitungkan dengan matang di ruang rapat. 

Hasil investasi saham berupa capital gain dan deviden. Tak langsung digunakan untuk keperluaan happy happy para founder dan karyawan.

Tetapi hasil uang dari deviden itu, kemudian diputar lagi, diputar lagi dan diputar lagi menjadi lebih besar untuk membeli saham baru lainnya atau mencari startup baru lainnya untuk didanai dalam memperoleh capital gain atau dengan harapan dapat melangsungkan prospektus IPO. Begitu seterusnya sehingga kekayaan Sandiaga uno menggulung gulung membesar. 

Pada tahun 2022. Perusahan Saratoga mengklaim memperoleh total deviden dari seluruh investasi portofolio sahamnya sebesar Rp 2,6 triliun atau sekitar Rp 2.600 miliar rupiah pertahun. 

Sedangkan sisa utang sebesar Rp 688 miliar.

Dengan hasil pendapatan uang yang sebanyak itu dan sisa utang yang terjaga dengan baik. PT Saratoga pada beberapa kesempatan tak hanya sekedar membeli saham saja, bahkan dengan terang terangan mengakuisisi perusahaan lain untuk ikut masuk berkontribusi di manajemen dalam mengatur berbagai macam strategi dan taktik bisnis. 

Tim Saratoga mengatakan : 

Berkat manajemen cashflow yang solid dan terukur. Saratoga saat ini memiliki ruang yang terbuka lebar untuk mengoptimalkan setiap peluang investasi yang sesuai dengan DNA investasi perusahaan. Sahutnya. 

Berikut daftar portofolio saham dan pendanaan startup milik perusahaan Saratoga investama di tahun 2023 :

Samator indogas, adaro, interraresources, sihayogold, merdeka copper, tower bersama group, provident agro, mitra pinasthia mustika, mgm bosco logistik, primaya hospital, deltomed, skystarcapital, provident growth, fuse insure, sirclo, julio teknologi, xurya daya, city vision, forest carbon dan atria technology. 

Jadi, hampir mayoritas kekayaan net worth bapak Sandiaga uno yang sebesar Rp 10 triliun itu berasal dari saham.

Nah, jika teman teman tertarik investasi saham dapat memulai di pluang.com dan bibit.id.

Jika teman teman tertarik investasi saham di luar negeri ( saham Amerika Serikat ) dapat mencoba memulainya di etoro dan heygotrade.

Literasi pendidikan finansial di Indonesia memang dikenal masih rendah. Sehingga wajar jika masih banyak orang menduga kekayaan Sandiaga uno berasal dari kleptokrasi. 

Padahal beliau meraupnya dari investasi saham yang 100% legal. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.