Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak latihan perang antara China + Singapura dapat membuat murka militer Amerika Serikat kepada Singapura sehingga berpotensi memiliki hubungan politik buruk di masa depan ( 2023 )

Sejauh ini, Amerika Serikat tidak perlu kwatir dan tidak perlu cemas terhadap dampak hubungan antara Indonesia + China. 

Mengingat negara NKRI tercinta, dipimpin oleh presiden Jokowi masih mengusung sikap yang telah lama dianut oleh Soekarno untuk bersikap netral. 

Seperti yang anda ketahui. Pemerintah dan orang orang AS begitu membenci pemerintaan dari partai komunis China (PKT). 

Di wilayah kawasan Asia. 

Amerika Serikat memiliki daftar sekutu dan bermitra erat dalam sebuah perjanjian perlindungan terdiri dari Korea Selatan, India, Jepang, Filipina, Taiwan dan Australia.

Tetapi itu berbeda dengan sikap yang ditempuh oleh negara Singapura. 

Amerika Serikat memiliki dilema terhadap pola pemikiran politik Singapura atas konflik dan ketegangan melawan China yang dianggap hendak menyaingi hedegomi AS.

Kedekatan Singapura dengan China membuat Amerika Serikat menjadi murka. 

Apalagi hal ini dibarengi dengan latihan tempur bersama antara China + Singapura.

Wakil perdana menteri Singapura telah sejak lama memang secara terbuka menyatakan bahwa Singapura bukan sekutu Amerika Serikat.

Tetapi Singapura tetap menjalin hubungan baik dan damai kepada Amerika Serikat dalam mitra kerjasama dagang dan rutin setiap hari melakukan aktivitas ekspor impor.

Gabungan perdagangan bilateral barang dan jasa diantara hubungan kedua negara antara Amerika Serikat dan Singapura di tahun 2020 saja mencapai sekitar $ 93 miliar dolar atau sekitar Rp 1.390 triliun rupiah pertahun. 

Di sekitar lokasi lautan Singapura. 

Berdiri salah satu markas pangkalan terapung militer Amerika Serikat Armada ke 7 ( seventh fleet ), dimana kapal induk AS lalu lalang disana.

Jajak pendapat tahun 2022 yang dilakukan oleh badan riset penelitian AS Pew Research Center menyatakan bahwa orang orang Singapura memandang positif kepada China. Oleh sebab itu, relevan apabila negara Singapura condong dekat kepada China ketimbang Amerika Serikat. 

Seperti pembahasan diatas. Kebijakan politik luar negeri Singapura, tetap menjaga hubungan baik persahabatan dan diplomatik kepada Amerika Serikat..

Singapura yang condong ke arah China. Bahkan aktif terlibat dalam latihan militer bersama dengan militer partai PKT. Itu memiliki dampak nilai pandangan krusial bagi pemerintah Amerika Serikat. Walaupun disisi lain, kebijakan politik Singapura juga tidak menolak latihan militer bersama AS. 

Dalam majalah yang diterbitkan Foreign Affairs. 

Pemerintah Singapura telah memahami tentang faktor faktor kedekatan dengan China dapat membuat Amerika Serikat menjadi dendam amarah dan murka besar.   

Mantan perdana menteri Singapura, Lee hsien loong pernah mengatakan : 

Singapura harus menghindari terjebak di tengah konflik atau kita dipaksa ke dalam pilihan menyakitkan hati. Sahutnya. 

Amerika Serikat bakal menghajar Singapura. Itu jelas menyakitkan. Dengan tanda tanda kelak di masa depan dengan diwarnai oleh awal berupa keruntuhan ekonomi di negeri Singa itu dan perang dagang ( trade war ) yang semakin intens. . 

Keyakinan orang orang Singapura. Bahwa harus mulai memilih antara salah satu. Apakah China atau Amerika Serikat.

Keyakinan orang orang Singapura. Bahwa China lah yang kelak menjadi penguasa ekonomi #1 menggantikan hedegomi superpower Amerika Serikat. 

Jadi Singapura dapat saja dibantu, ditopang atau ditolong oleh China untuk memulihkan keadaan. 

Masalahnya, area keyakinan Singapura masih berupa bentuk dugaan atau tebakan.

Pemerintah Komunis China menanamkan keyakinan melalui integrasi kerjasama bisnis, politik dan budaya dengan Singapura dengan maksud tujuan memperluas identitas kebudayaan & kesukuan etnis Tionghoa yang lebih kuat guna mendukung kebijakan politik Singapura selaras dengan China di masa depan.   

Singapura memandang antara konflik ketegangan antara China VS Amerika Serikat. Pertama tama, kebijakan politik yang ditempuh oleh Singapura tetap masih seperti ini. Yaitu tetap berhubungan baik dengan AS dan China secara bersama sama.  

Singapura mendapatkan keuntungan ekonomi dari 2 sisi. 

Entah itu berasal dari China maupun Amerika Serikat. Sehingga perekonomian Singapura dapat membesar karena berasal dari dua sumber sekaligus.

Peralatan militer Singapura juga kebanyakan dibeli dari Amerika Serikat. Seperti pesawat tempur F-35 Lightining. 

Ekspor impor Singapura dan China juga berjalan dengan baik.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Afrid Fransisco
Afrid Fransisco Blog Information, Technology, Christian Lyrics, Dayak Ngaju and Diary.