Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Deepdup : Pertama di dunia teknologi AI peniru suara manusia dalam berbagai bahasa tanpa mengubah karakter pelafalan logat atau aksen asli secara realtime ( 2023 )

Menonton film sambil membaca text subtitle pada bagian bawah layar laptop atau smart TV memang memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan. 

Apalagi jika terjemahannya kacau balau dan tidak sinkron dengan waktu. 

Beberapa perusahaan di media perfileman mengakali kendala permasalahan bahasa tersebut dengan menyewa, membayar atau merekrut orang orang untuk menjadi pengisi suara di film agar memudahkan penonton tanpa harus membaca text terjemahan dengan mendengarkan bahasa lokal mereka sendiri sendiri.  

Tetapi akibatnya menyebabkan pelafalan, logat dan aksen asli dari suara aktor sebagai pemeran utama di film itu menjadi hilang total karena diganti oleh peniru dari suara orang lain yang berbeda. 

Disisi lain, perusahaan film juga terkendala biaya yang cukup menguras kantong. 

Karena harus membayar jasa peniru suara untuk menggantikan suara asli sang aktor. 

Kebanyakan perusahaan film menggunakan jasa peniru suara dengan gaji mahal. Mengakibatkan biaya produksi ikut menjadi lebih mahal. Beberapa perusahaan film lain demi mengurangi biaya tidak menggunakan suara peniru apapun dan tidak menggunakan penerjemah apapun ke bahasa lokal. Tetapi seperti yang diutarakan diatas, orang orang yang menonton berbeda bahasa menjadi kurang srek dan menjadi tidak nyaman jika harus membaca text terjemahan. 

Israel Deepdup : Pertama di dunia teknologi AI peniru suara manusia dalam berbagai bahasa tanpa mengubah karakter pelafalan logat atau aksen asli secara realtime ( 2023 )

Untuk pertama kali di dunia telah hadir kecerdasan buatan AI yang mampu meniru suara aktor film sekaligus menerjemahkannya ke berbagai macam bahasa secara realtime. 

Tanpa kehilangan logat dan tanpa kehilangan aksen asli.

Bahkan AI dapat dengan mudah 100% sama persis meniru suara Minions. 

Hanya saja AI belum dapat menerjemahkan bahasa Minions dan tidak ada yang benar benar tahu apa yang Minions bicarakan. 


Bisnis peniru suara ala Deepdup hanya tersedia untuk kalangan B2B. 

Pada tahun 2023. Daftar bahasa yang diterima oleh AI Deepdup saat ini yaitu bahasa Jerman, bahasa Meksiko, bahasa Ferancis, bahasa Inggris (UK) dan bahasa Spanyol. 

AI Deepdup telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat mereka juga segera menambahkan tiga bahasa lainnya yaitu : bahasa Cina, bahasa Jepang, dan bahasa Rusia. 

AI Deepdup berharap bahwa penambahan bahasa baru dapat membantu meningkatkan algoritma AI dan membantu para klien B2B untuk menggunakan layanan prabayar Deepdup dengan lebih mudah. Diutamakan terlebih dahulu pada jumlah penutur bahasa yang besar digunakan oleh banyak orang orang. Sedangkan penutur bahasa dengan sedikit populasi tidak didukung oleh Deepdup. Apalagi yang menggunakan bahasa daerah tidak didukung oleh AI. 

Tentang Deepdup

Deepdup adalah sebuah perusahana teknologi asal Israel yang didirikan oleh Nir dan Ofir krakowski dari lulusan Technion Israel di bidang ilmu komputer, machine learning, AI dan coding. 

Deepdup memiliki slogan : AI platform for global entertainment experiences. Berfokus untuk menciptakan platform teknologi AI yang dapat menghadirkan pengalaman baru hiburan internasional dalam membantu permasalahan bahasa dan suara di berbagai konten media ferfileman di seluruh dunia.

Bagi para penonton. Teknologi buatan Deepdup itu berarti menonton film dan acara smartTV lainnya serasa seperti mendengarkan bahasa lokal negara masing masing tanpa kehilangan aspek apapun dari suara asli sang aktor. 

Tim Deepdup mengatakan : 

Kami memanfaatkan kekuatan AI untuk membuat dampak secara langsung dan kami menemukan media hiburan sebagai peluang besar. Masalah dengan konten dan jenis konten apapun kebanyakan selalu dibuat dalam satu bahasa. Saat anda ingin menerjemahkan ke bahasa lain. Anda terjebak ke dalam terjemahan. Ini adalah proses yang berbelit belit, mahal dan menghabiskan banyak waktu. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar konten yang ada di seluruh dunia tidak dapat membawanya ke dimensi multibahasa. Sebagain besar waktu anda hanya menonton dalam bahasa Inggris dan itu membuat banyak orang orang di seluruh dunia tidak dapat menikmatinya secara maksimal. Sahutnya. 

Nama : Deepdup

Kategori : Teknologi AI peniru suara manusia sekaligus penerjemah realtime

Kantor pusat : Israel

Alamat : Deepdup.ai

Youtube : Teknologi Israel Deepdup

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.