Langsung ke konten utama

Israel spacetop : Pertama di dunia laptop augmented reality (AR) dengan harga Rp 30.000.000 juta tanpa layar monitor fisik [ bukan metaverse ] ( 2023 )

Pada tahun 1975. Laptop pertama lahir di dunia. 

Itu diberi nama osborne dengan berat mencapai 10 kilogram.

Peradaban dunia laptop kemudian terus berkembang pesat selama berdekade dekade dengan teknologi lebih canggih, kinerja performa chipset lebih cepat dan bobot telah menyusut menjadi lebih ringan dengan rata rata berat 1 kilogram. 

Sehingga di zaman ini, laptop mudah dibawa kemana mana saja. 

Sejak 1975 - 2023. 

Jumlah pengguna laptop meningkat secara massal. Diperkirakan di tahun 2021 terjual sebanyak 277 juta unit laptop ke seluruh penjuru dunia dengan merk penjualan terkenal seperti dari Apple Macbook, Dell, HP, Samsung, Lenovo, Asus dan Acer.

Dari perkiraan proyeksi. Laptop yang ada dengan desain dan tampilan saat ini. Tetap bakal terus digunakan hingga bertahun tahun lamanya oleh orang orang seperti model pertama kali ia ditemukan. Ada keyboard dan ada layar monitor fisik yang menyatu tak terpisahkan. 

Israel spacetop : Pertama di dunia laptop augmented reality (AR) dengan harga Rp 30.000.000 juta tanpa layar monitor fisik [ bukan metaverse ] ( 2023 )

Sebuah perusahaan teknologi yang berada di kawasan Timur Tengah. Israel. Bernama Sightful.

Perusahaan Sightful berkomitmen untuk menciptakan laptop generasi terbaru bagi umat manusia yang menggabungkan kekuatan AR augmented reality sehingga membentuk pola baru bisnis yang berharga, intuitif dan memberdayakan hari hari anda. 

Founder Sightful. Tomer kahan

Sightful didirikan oleh 2 founder asal Israel bernama Tomer kahan dan Tamir berliner

Tomer kahan dulunya adalah seorang pencipta teknologi dari perusahaan Ntrig dan Magic leap. 

Sedangkan Tamir berliner dulunya seorang pencipta teknologi dari perusahaan Magic leap dan Primesense yang kemudian beliau jual ilmu blueprint teknologinya ke perusahaan Apple.inc pada tahun 2013 seharga $ 350.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 5 triliun rupiah. 

Magic leap adalah teknologi AR yang mencitrakan virtual 3D komputer seperti di atas objek dunia nyata. 

Primesense adalah teknologi sensing penginderaan interaktif dan pengenalan wajah. 

Teknologi primesense asal Israel ini telah terinstal pada Microsoft Xbox kinect dan iPhone yang anda pegang saat ini. 

Setelah sukses dengan teknologi Ntrig, Magic Leap dan Primensense. 

Tomer kahan dan Tamir berliner kemudian bersama sama mendirikan perusahaan Sightful yang menghadirkan perangkat laptop spacetop. 

Teknologi spacetop bukan seperti produk dari kategori metaverse yang sulit digunakan oleh orang orang karena menutupi mata anda dengan layar handset sehingga seseorang berpotensi terhantuk pintu, terhantuk dinding, terhantuk meja, terhantuk jendela dan mobilitas ruang gerak menjadi terbatas. Selain itu anda tidak tahu apa apa dunia luar ketika menggunakannya dan harganya juga relatif mahal. 

Ini berbeda dengan kacamata dan laptop spacetop karena tampilan layarnya tembus pandang.

Anda tidak akan terhantuk apapun. 

Spacetop bukan untuk menggantikan laptop. 

Tetapi sebagai perangkat pelengkap khusus kepada orang orang profesional yang dipersonalisasikan.   

Laptop ini tidak memiliki layar monitor fisik. Hanya berupa keyboard dan kacamata AR. 

Seperti pembahasan diatas. Pangsa pasar penggunaan Spacetop melingkupi area bisnis yang kecil. Bukan ditujukan kepada kalangan orang orang biasa. 

Ini ditujukan hanya kepada orang orang profesional seperti : 

1]. Dokter bedah profesional.

2]. Ahli cyber.

3]. Trader profesional.

4]. Ahli IT/SI.

5]. Ahli teknisi enginering.

6]. Personil militer.

7]. Pebisnis entrepreneur WFH. 

Mereka yang membeli laptop spacetop. Pada umumnya hampir setiap hari mereka bekerja dengan menggunakan banyak layar monitor di ruang kerja. Itu membutuhkan antara 6 layar, 8 layar bahkan hingga 10 layar. 

Para ahli profesional. Sebut saja seperti dokter bedah yang mengendalikan gerakan lengan robot di ruang operasi butuh banyak layar monitor atau seperti trader profesional membutuhkan hingga 6 sampai 8 layar monitor. 

Ketika mereka sedang berpergian atau sedang tidak berada di ruang kerja. Secara jelas perangkat itu menjadi rumit, tidak portable, sulit sekali dibawa kemana mana. 

Disitulah laptop spacetop masuk. Bukan untuk menggantikan juga karena jika digunakan terus menerus dapat menyebabkan sakit mata, tetapi perangkat ini sebagai pelengkap apabila anda sedang berpergian jauh. Sehingga seorang ahli profesional tetap mampu bekerja dari mana saja dan kapan saja. Bahkan di hotel dan di restoran sekalipun. 

Spacetop mampu menghadirkan hingga 6, 8 hingga 10 layar monitor virtual tanpa monitor fisik langsung di depan mata anda. 

Perangkat spacetop tersedia dapat anda beli dengan harga $ 2.000 ribu dolar atau sekitar Rp 30.000 .000 juta rupiah. 

Berliner mengatakan : 

Spacetop hadir dengan kacamata yang kecil seukuran kacamata biasa yang terhubung ke laptop. Mereka yang membutuhkan kacamata ini dapat serasa seperti menggunakan laptop dan ada lensa khusus bermagnet di depan kacamata augmented reality. Pengguna harus menggunakan kacamata untuk mengakses layar laptop. Ini juga melindungi privasi saat bekerja di tempat ramai atau di kafe. Sahutnya. 

Nama perusahaan : Sightful

Kategori : teknologi hardware kacamata AR

Produk : spacetop

Kantor pusat : Israel

Alamat : sightful.com

Youtube : Teknologi Israel spacetop

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post