Langsung ke konten utama

Diary April 2023

Saya kembali menulis tentang diary hasil bulan Maret 2023

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya. 

Tunangan adik saya

Kabar gembira datang dari adik saya, akhirnya dia tunangan juga setelah penantian panjang mencari jodoh. Nah pada tanggal 25 April 2023 yang lalu bertepatan dengan hari ulang tahunnya. 

Waktu tunangan saya duduk aja di dekat dinding sambil menunggu acara hingga selesai. 

Oh ya, sebelumnya adik saya udah mau tunangan juga dengan orang suku Jawa. Bahkan mereka berdua sudah foto wedding. Tapi akhirnya di batalkan karena alasan beda keyakinan agama. 

Adik saya beragama kristen protestan sedangan mantan calonnya dulu seorang kristen Katolik.  

Karena iman Katoliknya ngga mau goyah. Akhirnya adikku memutuskan tali percintaan dengan dirinya secara damai. 

Jadi, kali ini adik saya memilih seorang pria dari suku batak yang kerja di perusahaan IDX OJK pada bidang otoritas jasa keuangan dan saham. Kebetulan dia seorang kristen protestan dari gereja Batak HKBP. 

Waktu acara tunangan, sebelumnya aku udah berjanji pada diriku sendiri untuk ngga minum alkohol.

Aku memang bukan seorang perokok, tapi peminum doyan alkohol. Itu sudah kulakukan semenjak kecil setiap ada acara seperti perkawinan, tunangan dan pesta kematian pasti aku juga minum alkohol. Tidak itu aja, aku juga memang dulunya pembeli alkohol taruh di kulkas buat diminum harian. Ya emang udah kebiasaan dan insting suku dayak kalau ada acara kayak gitu, pasti keluar alkohol dan orang orang dayak memang doyan banget alkohol. Para tante tante dan pamanku pas di acara pertunangan juga malah menyodorkan alkohol terus buat aku. Jadinya keminum juga deh dengan terpaksa. 

Semoga itu adalah alkohol terakhir yang aku minum di acara pesta tunangan adikku. 

Padahal kira kira sudah 3 tahun ini aku berhenti minum alkohol. 

Eh, pas tunangan adikku malah minum 1 gelas alkohol. 

Alkohol sungguh ngga baik buat kesehatan aku karena terbukti dapat membawa bencana kematian dini, kesakitan penyakit di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada seseorang.

Tetrachlor ampuh mengurangi tingkat kematian anak ayam doc [ 60 : 40 ]

Jumlah kematian anak ayam doc ku telah berkurang. Kini rata rata tingkat kehidupan telah mencapai 60%. 

Saya menambahkan lagi 1 resep sihir ramuan ampuh yang bernama Tetrachlor. Tetapi kali ini bukan diberi ke minuman. Melainkan dengan cara mirip seperti di imunisasi karena berbentuk sebuah kapsul yang didalamnya dipenuhi oleh serbuk. Nah serbuk inilah yang dikasih ke anak ayam lewat mulutnya. 

Harga Tetrachlor hampir 2x lipat dibandingkan Trimezyns. 

Kalau anak ayam doc kena penyakit ringan, seperti mengantuk, mengangguk, terlihat malas bergerak, sayap turun, dan suka geleng geleng kepala. Trimezyns cukup ampuh untuk mengatasinya. 

Tetapi ada kalanya anak ayam doc apabila terkena sejenis virus atau bakteri. Ngga tahu juga apa namanya ya, pastinya membuat anak ayam doc jadi gampang terjatuh jika tersenggol temannya, lalu matanya jadi sayup sayup banget penuh lendir berair, terus suka menyendiri diam sendiri di ujung kandang. Menggunakan Trimezyns ngga bakalan sanggup mengatasinya sehingga dijamin mati dalam waktu 3-4 hari. 

Nah, menggunakan Tetrachlor maka ayam doc dijamin sembuh dalam waktu 3-4 hari. Asal tidak lambat dan asal ayam masih mau makan. 

Beberapa penyakit lain yang sulit diatasi yaitu berak yang membuat kotoran menjadi keras sekali dipantatnya, lalu bikin perutnya menjadi merah kembung. Untuk penyakit ini, Tetrachlor ngga sanggup mengatasinya. 

Aku udah coba berusaha kasih pengobatan Tetrachlor. Namun selalu mati....? 

Ada juga penyakit anak ayam doc yang bikin tubuh si ayam menjadi ringan banget, bikin membungkuk dan bikin kakinya jadi kurus banget. Ini juga aku belum tahu apa nama penyakitnya, ulah virus apa ya, ngga tahu deh. Sehingga bikin ayam doc dalam waktu 3-4 hari pasti mati. 

Aku pikir, daripada ngabisin pengobatan Tetrachhlor untuk mengobati virus yang sulit diatasi. Daripada cape cape ngurus karantina, daripada penyebaran virus makin ganas meluas. Mending doc langsung dikasih saja untuk dimakan oleh babi. 

Virus babi dan virus ayam. Bedakan ya. 

Sejauh ini, aman aman aja babiku makan anak ayam doc yang kena virus atau bakteri. 

Untuk ilmu pemahaman dan pembelajaran tentang serangan virus dan bakteri ke anak ayam doc hingga sejauh ini yang ada pada temuan kandang aku. Paling sulit yaitu 2 penyakit diatas tadi aja. Itu susah banget.

Aku pikir, dari 10 anak ayam doc yang menetes di mesin tetas. Jika mati 4 ekor oleh sakit. Masih dapat aku terima dengan tabah. Artinya tingkat kehidupan sekitar 60% banding 40% kematian.

Semoga dilain waktu ngga kena jenis virus dan bakteri yang aneh aneh lagi. Bikin pusing kepala, kebingungan dan stress aku saja ya sampai sampai ngga bisa tidur mikirnya.

Biosecurity tetap digalakkan dan kandang juga tetap disterilkan 1 minggu sekali dengan detergen. 

Membuat tirai penghalang angin dan hujan

Foto : Ayam ayamku umur 75 hari lebih ( kira kira berat 0,4 - 0,5 kg )

Setelah umur anak ayam sekitar lebih dari 75 hari. 

Ayam biasanya saya pindah lagi ke kandang panggung di luar. 

Nah dari hasil pemantauan saya, mereka ternyata kedinginan, apalagi kalau pas lagi hujan. 

Jika terlalu dingin, ayam jatuh sakit, mengigil lalu kekebalan tubuh mereka menurun secara drastis.

Bulan April 2023. Aku coba bikin penghalang menggunakan terpal dan seng. Pada akhirnya ayam tak lagi mengalami kedinginan, walaupun beberapa masih dinginnya tembus menusuk ke dalam jika malam hari. 

Sempat berpikiran pengen menambah lampu penerang sekitar 5 watt di kandang panggung agar ayam tak kedinginan. 

Tapi saya belum ada modal saat ini.

Karena harus beli peralatan lainnya juga. Seperti kabel panjang dan colokan listrik yang jika ditotal lumayan juga antara sekitar Rp 300.000 ribuan. 

Selamat datang kembali TEKNOLOGI VITERNA NASA

Selama beberapa bulan berhenti menggunakan teknologi viterna NASA. 

Aku rasa ada banyak hal yang mengalami kekurangan pada ayam ayam ku di kandang. 

Jadi kini aku memutuskan untuk kembali menggunakan VITERNA. 

Total aku menggunakan 5 kombinasi dari Tetrachlor, Trimezyns, Vitachick, Viterna dan EM4.

Dari keseluruhan produk. Paling mahal yaitu Viterna. Tapi menurut aku sebanding dengan hasilnya. 

Viterna juga aku berikan ke air minum anak ayam doc hingga seluruh jenis ayam ukuran dewasa. 

Apa kabar ayam kub 2

Untung untung untung ayam kub 2 ku tidak mati selama waktu 30 hari sejak menetas. 

Padahal itu ayam kub2 milikku satu satunya yang menetas. 

Kini umur ayam kub2 sudah menginjak usia kira kira mendekati antara usia 3 bulan. 

Baru baru ini aku perhatiin ada sedikit kesalahan saat memelihara ayam kub2. Yaitu tentang cara pola ayam kub2 makan nampaknya berbeda dengan ayam kampung asli + ayam bangkok milikku. 

Sepertinya ayam kub2 makannya lebih banyak dibandingkan ayam ayam yang lainnya. 

Ayam kub2 masih aktif makan, disaat ayam ayam yang lain udah berhenti. 

Lalu tampilan ayam kub2 juga cantik banget, kakinya kuning seperti emas mulus tanpa bercak hitam, ukuran kakinya besar gagah, terus bulunya juga lebat mengkilat dan ukuran tubuhnya lebih cepat besar 15% dibandingkan yang lain, padahal ayam kub2 paling terakhir menetes dibandingkan ayam ayam lainnya. 

Kesimpulan saya sejauh ini. Ayam kub2 memang cantik deh. 

Harapan aku kedepan agar dijadikan sebagai bibit unggul menggantikan seluruh genetik ayam kampung asli yang aku pelihara selama ini.

Tetapi ayam bangkok tetap aku pelihara juga. Karena daging ayam bangkok enak banget rasanya. 

Di kota Palangkaraya, tidak ada yang jual anak ayam kub2. Hanya menjual ayam kampung asli, ayam kampung joper dan ayam bangkok. 

Nah, kalau beli ayam kampung joper.

Saya tidak mau memeliharannya, karena rasa daging joper bukan seperti ayam kampung asli. Tapi seperti rasa daging ayam broiler petelur. Ayam joper itu tidak enak rasa dagingnya menurut aku.  

Beberapa bulan kedepan. Ayam kub2 dijadikan induk betina. Sedangkan seluruh jenis ayam kampung asli dipotong keseluruhannya.

Jadi jenis ayam kampung yang aku pelihara hanya ada 2 yaitu :

1]. Ayam kampung kub2 

2]. Ayam kampung bangkok

3]. Ayam kampung asli ( didelete alias dimasak seluruhnya di panci )

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post