Langsung ke konten utama

Pertama di dunia : Obligasi digital Israel berbasis blockchain tersedia untuk 30 negara [ next saham ] ( 2023 )

Hari bersejarah untuk pertama kali di bulan Mei 2023 telah hadir di dunia di mana obligasi atau surat utang berharga negara dapat dibeli secara online menggunakan kekuatan teknologi blockchain dengan kecepatan tinggi, tanpa ribet dan mampu menjelajahi lintas batas internasional ( cross border ).  

Sebelumnya, obligasi digital belum pernah terjadi. 

Ini merupakan sistem pertama kali yang juga menggunakan WEB3.

Sistem obligasi yang ada saat ini dibanyak negara itu lambat, ongkosnya boros, manajemen rumit, cenderung bersifat lokal ketimbang go global, bersifat padat karya dan berbelit belit karena harus ditambah menggunakan banyak perantara fee ini itu. 

Obligasi digital berbeda dibandingkan obligasi tradisional karena dapat meningkatkan kecepatan, mengurangi biaya dan meningkatkan kemudahan manajemen. Penggunaan Blockchain dan WEB3 memungkinkan kepemilikan uang anda, transfer yang lebih mudah antar bank dan perlindungan keamanan. Ini merupakan langkah penting untuk mengurangi biaya dan memungkinkan akses yang lebih luas ke pasar keuangan internasional.

Bahkan sekarang orang orang banyak sudah bisa beli investasi obligasi Israel langsung dari toilet. Kita sudah benar benar masuk ke masa depan melalui genggaman smartphone. 

Obligasi merupakan salah satu instrument untuk menjadi kaya raya secara perlahan lahan dan aman walaupun itu tidak menjanjikan cara cepat kaya raya secara instan. Jadi jangan berharap banyak juga dengan obligasi ya. Paling tidak sejarah selama ini menunjjukkan Israel belum pernah gagal bayar utang.

Perusahaan pemeringkatan Moodys. Bahkan menempatkan negara Israel pada prospek kredit berdaulat dengan skor A ( terbaik ).

Nah, para investor jika melihat dan melirik skor A. 

Apa ngga bikin mata mereka jadi hijau cuan cuan cuan...? 

Pertama di dunia : Obligasi digital Israel berbasis blockchain tersedia untuk 30 negara [ next saham ] ( 2023 )

Obligasi digital Israel belum tersedia untuk wilayah Indonesia. 

Ittai ben zeev dari Israel mengatakan : 

Pasar keuangan mengalami transformasi drastis dalam beberapa tahun terakhir, dengan diperkenalkannya teknologi revolusioner yang memengaruhi cara orang orang di seluruh dunia berinvestasi. Sebagai pemimpin teknologi, kami berharap Israel mempelopori teknologi finansial juga, menjadi yang terdepan menerapkan teknologi canggih dan meningkatkan pangsa pasar modal sehingga membuatnya lebih mudah diakses oleh orang orang banyak. Sahutnya. 

Semua orang yang memiliki rekening akun bank di Israel. Seperti 5 bank besar yang ada di Israel yaitu Bank Leumi, Bank Hapoalim, Bank Discount Israel, Bank FIMI dan Bank Mizrahi. Telah dapat membeli obligasi bonds Israel secara online dengan lebih mudah dan lebih cepat dari pembayaran payment mobile banking.  

Sedangkan Bank internasional yang telah didukung meliputi : Bank Goldman sachs, Bank JP morgan, Bank Merrill lynch, dan jumlah Bank dari negara lainnya segera ditambahkan. 

Konversi kurs mata uang ke mata uang new shekel secara realtime. Pada masa depan, mendukung mata uang central bank digital currency ( CBDC ). Tetapi sejauh ini belum support mata uang cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, USDT, dll. 

Ujicoba perdana obligasi digital di mulai pada tanggal 31 Mei 2023. Pertama tama melalui kemitraan bursa TASE sebagai pengelola.

Infrastruktur menggunakan basis blockchain dan melalui smart contract ethereum ERC-20 yang terdesentralisasi (dApp) memanfaatkan Fireblocks.com dan WEB3 untuk PoC yang kompatibel dengan EVM dan DLT ( distributed ledger technology ). 

Rencana next kedepan tak hanya berhenti di obligasi digital saja.

Fitur ini juga segera diaplikasikan ke bursa saham. Agar membuat dunia investasi saham mudah diakses oleh banyak orang secara internasional tanpa memandang jarak batasan geografi dengan cara yang lebih efisien tanpa banyak perantara. 

Dengan demikian. Orang orang banyak dapat berinvestasi di obligasi Israel dan saham perusahaan emiten Israel walaupun anda berada di kutub utara. Selama jaringan internet tersedia.

Alamat : tase.co.il


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.