Langsung ke konten utama

8 teknologi Israel untuk infrastruktur pertanian, perikanan dan peternakan demi meningkatkan hasil produktifitas pangan dan berdikari ( 2023 )

Israel telah menciptakan teknologi mutakhir yang dirancang khusus kepada petani & peternak untuk meningkatkan kapasitas produktivitas dalam hal kuantitas dan kualitas untuk kemakmuran hasil pertanian, perikanan dan peternakan. 

Akhirnya mengarah pada tingkat kesejahteraan finansial masyarakat dalam negeri, mengurangi terjadinya stunting, memerangi pengurangan bencana kelaparan dan melindungi food security dari perubahan global warming. 

Teknologi tersebut yang dibahas pada artikel kali ini terdiri dari berbagai macam peralatan canggih, sistem irigasi, greenhouse, infrastruktur perkandangan, sensor elektronik deteksi, dan mesin penjernih air.

1]. Argos technology

Argos adalah perusahaan yang menyediakan infrastruktur greenhouse untuk pertanian tanaman umur kurang dari 3 bulan dalam mencegah penyebaran hama penyakit tanpa harus menggunakan banyak petisida dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang panas. Argos didirikan sejak tahun 2005 untuk mendukung, merancang dan membangun rumah kaca pintar mutakhir sebagai sahabat petani dalam membudidayakan tanaman secara agronomi yang berkualitas dan bermutu.

2]. Biofishency


Biofishency adalah perusahaan teknologi yang menyediakan infrastruktur perikanan untuk peternak ikan dalam skala menengah yang membudidayakan 150.000 ribu ekor ikan per tahun. Ini menciptakan dan memproduksi alat pengolahan air akuakultur elekto kimia dan biologi untuk sistem RAS ( recirculated aquaculture systems ). Memiliki kemampuan analisis big data dan aneka macam teknologi canggih lainnya yang telah dipatenkan di Israel. Biofishency memungkinkan sebuah mitra dalam menyediakan hidangan makanan ikan laut dan ikan air tawar. 

3]. Afimilk


Afimilk adalah perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri di peternakan sapi dalam memproduksi susu dan menciptakan teknologi deteksi otomatis untuk merawat kesehatan sapi dari serangan penyakit, stress dan kematian. Sekaligus menawarkan alat pemprosesan pemerahan, alat monitor genetika ternak sapi, alat pemeriksaan interval laktasi, alat peringatan kritis kelahiran sapi, alat deteksi pengapuran ekor, alat deteksi pengukuran susu, dan lain lain yang berhubungan dengan sapi. 

4]. Agrigo


Agrigo adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas infrastruktur perkandangan yang bertujuan khusus untuk industri sektor ayam broiler pedaging, ayam petelur dan peternakan babi skala pebisnis raksasa. 

5]. Aquamoaf

 

Aquamoaf adalah perusahaan teknologi yang menyediakan alat canggih untuk sektor perikanan air laut dan air tawar dalam skala raksasa dengan kapasitas sebesar lebih dari 2.000.000 juta ekor ikan per tahun. Aquamoaf telah mengembangkan teknologi berbasis recirculating aquaculture system yang digunakan di seluruh dunia selama lebih dari satu dekade, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh di bidang ichthyology, biosecurity, fisika, kimia, biologi, teknik proses, mesin, listrik, teknik lingkungan, sistem rekayasa dan lainnya.

6]. Tevel robotics 


Tevel robotics adalah perusahaan yang menawarkan cara baru abad 21 untuk memetik buah dari pohon apel, mangga, jambu, jeruk, alpukat dan lain lain. Solusi inovasi yang diberikan merevolusi panen buah dengan drone FAR ( flying autonomos robot ) yang dilengkapi kecerdasan buatan AI dan mampu bekerja secara mandiri siang malam yang menggabungkan algoritma mutakhir, fusi dan analitik data. 

7]. Drip irrigation systems


8]. Agrotop

Agrotop adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas infrastruktur perkandangan modern untuk ayam broiler dengan jumlah kapasitas kuota sebesar lebih dari 300.000 ribu ekor ayam. Pada tahun 2023 bisnis ayam pedaging broiler tumbuh dengan pesat yang ditujukan hanya kepada perusahaan B2B raksasa ( diatas kuota 300.000 ekor ayam ) dan menengah ( 100.000 ribu ekor ayam ). Ayam pedaging ras broiler dapat di panen pada usia 2 bulan atau 6 minggu dengan berat rata rata antara 1 kg - 2 kg. Tetapi mayoritas hampir di seluruh dunia banyak peternakan ayam broiler masih menggunakan kandang bambu tradisional. Agrotop dapat membantu anda untuk mereformasi kandang canggih next generasi abad 21 dengan full teknologi.


Agrotop didirikan pada tahun 1989 yang menyediakan pembangunan kandang bagi ayam broiler tersebut kepada 50 mitra negara. Melayani konsumen yang terdiri dari perusahaan swasta dan perusahaan pemerintahan BUMN. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post