Langsung ke konten utama

Dari mana asal usul terorist orang orang Palestina di Jenin Tepi Barat mendapatkan senapan api M16, AK47, dll ( 2023 )

Selama bertahun tahun lamanya. Israel belum pernah melihat adanya sebuah fenomena janggal dimana semakin marak rakyat Palestina di wilayah kawasan Tepi Barat memperoleh senapan api, bahkan mereka memamerkannya secara terang terangan di depan publik.

Pada tahun 2023. Pasukan pertahanan Israel (IDF) melakukan operasi militer di kota Jenin, area west bank Palestina. 

Nama sandi operasi Israel ini disebut sebagai Home and Garden. Bertujuan untuk menjaga perbatasan dari terorist Palestina yang berdekatan berbagi wilayah di dekat rumah dan halaman pekarangan Israel. 

Hasil yang diperoleh selama operasi ditemukan bahwa ada banyak temuan senapan api. 

Pelajaran yang dipetik dan pertanyaan yang di ajukan adalah :

Darimana asal usul rakyat Palestina di Tepi Barat mendapatkan senjata mematikan tersebut. 

Mengingat kawasan Tepi Barat dikontrol dan dikurung oleh tentara IDF di perbatasan.

Sebagai informasi. 

Palestina terbagi menjadi 2 wilayah yaitu Gaza dan Tepi Barat. 

Gaza mendapatkan senjata dari terowongan penyeludupan di perbatasan Mesir. 

Sedangkan Tepi Barat mendapatkan senjata dari mana...? 

Ini pertanyaan yang diajukan kepada IDF dan Shinbet. 

Intelijen Israel mengklaim bahwa 100% senjata yang digunakan oleh rakyat Tepi Barat berasal dari perbatasan Yordania. Notabene itu milik Iran. Walaupun ada varian M16.

Keseluruhan senjata hanya berbentuk kecil kecil seperti senapan api, bom dan pistol. Namun tetap saja itu dapat membunuh nyawa orang lain. 

Israel dan Yordania telah menandatangani perjanjiaan damai sejak tahun 1994. 

Menyalahkan Yordania terhadap kasus merebaknya senjata yang ada di Tepi Barat bukanlah sesuatu yang patut untuk dipersalahkan mengingat pemerintahan Yordania memiliki intelijen yang lemah, sistem keamanan perbatasan yang lemah, sistem pemeriksaan yang lemah dan Yordania sendiri bermasalah terhadap peredaran narkoba di negaranya sendiri. Oleh sebab itu, Tentara IDF Israel harus bertindak dan bertanggung jawab secara mandiri di perbatasan guna menghadang aliran senjata mematikan tersebut. 

Foto : Daftar senjata yang disita oleh IDF

Foto : Daftar senjata yang disita oleh IDF

Foto : Daftar senjata yang disita oleh IDF

Foto : Daftar senjata yang disita oleh IDF

Pada tahun 2022 saja. Tentara IDF menangkap sebanyak 1.500 orang di perbatasan Yordania-Israel yang ketahuan telah membawa, menaruh, menyembunyikan dan menyimpan senjata dibawah mobil dan aneka tempat persembunyiaan lainnya saat melintasi gerbang pemeriksaan checkpoint. 

Beberapa orang orang penyeludup yang menjalankan aksinya di Yordania diantara yang lain menggunakan upaya melalui penggunaan drone hobi quadcopter untuk menyeludupkan senjata ke wilayah Tepi Barat demi melewati atau mengelabui tentara Israel. Walaupun pada akhirnya dijatuhkan.

Dari hari ke hari. Jumlah peredaran senjata api ilegal di Palestina yang ditujukan ke kawasan west bank makin banyak saja. Shinbet mengklaim ini ulah Iran sebagai pemicu mengapa semakin banyak saja senapan api yang berusaha menerobos keamanan perbatasan Israel. 

Iran berupaya keras dengan apapun caranya mempersenjatai rakyat Palestina di Tepi Barat. Seperti yang sudah Iran lakukan di Gaza. 

Iran berupaya mengupgrate tindakan terorist Palestina dari semula hanya dengan melempar batu saja, tusukan pisau, kapak dan serudukan mobil. Diperbaharui secara modern via senjata api seperti M16, AK47, pelontar granat dan aneka macam pistol lainnya. 

Pemerintah Zionis Israel wajib menganggap ini sebagai salah satu ancaman serius. Ketika tidak hanya satu atau dua senapan saja yang berhasil lolos. Tetapi bagaimana jika jumlah senapan yang dikirim dari Iran ke west bank Palestina mencapai jutaan unit.  

Mengingat tidak mudah untuk menghandle tepi barat yang memiliki jumlah populasi penduduk yang mencapai 3,2 juta orang dan luas wilayah berkali kali lipat ukuran Gaza dan posisinya begitu mengkwatirkan karena berdekatan hanya beberapa jarak saja dengan tembok perbatasan Israel. 

Ronen calvon. Salah satu kapten IDF mengatakan :

Kita sedang menghadapi ancaman strategis yang memerlukan tindakan bersama dari semua badan keamanan dan militer negara. Sahutnya. 

Lilac shoval dari Israel mengatakan : 

Timbunan besar senjata senjata api di kawasan Yudea dan Samaria tidak dapt ditolerir. Sahutnya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post