Langsung ke konten utama

Israel BUMN ( 2023 )

Salah satu pemasukan utama pemerintah Israel selain dari pungutan pajak dan bea cukai yaitu berasal dari setoran deviden BUMN dan investasi dari SWF ( sovereign wealth funds ).

Israel tidak mengandalkan tarif cost biaya penjualan langsung terhadap selisih produk ekspor impor atau penjualan langsung bahan mineral seperti pupuk & gas yang diekspor ke negara negara lain. Karena itu membuat harga menjadi lebih mahal sehingga tidak dapat kompetitif bersaing di kancah global. Keputusan hanya menyasar incaran pajak kepada industri swasta merupakan pilihan tepat.   

Akibatnya pendapatan utama pemerintah Israel. Menitikberatkan ke 4 sumber yaitu pajak ( pajak individu dan pajak perusahaan industri swasta ), bea cukai atau disebut juga pajak masuk, deviden saham dan SWF. 

Segala sumber tersebut berjalan dengan baik hingga kini demi mendukung keberlanjutan pendapatan atau penerimaan negara Israel setiap tahunnya guna memenuhi kebutuhan anggaran APBN dan meningkatkan cadev ( cadangan devisa ). 

Berkat kinerja BUMN, perpajakan, bea cukai dan SWF yang solid & tangguh. 

Foreign exchange reserves Israel dari tahun ke tahun terus meningkat pesat menjadi $ 201 miliar dolar atau sekitar Rp 3.055 triliun rupiah dan mampu meminimalkan dampak bahaya dari utang pemerintah menjadi sebesar $ 102 miliar dolar atau sekitar Rp 1.550 triliun rupiah. 

Pada tahun 2023. Di Israel terdapat 5.000 perusahaan swasta dan 573.000 ribu unit UKM ( SME ). 

500 perusahaan diantaranya merupakan industri besar swasta yang terdaftar di bursa saham TASE.

Pemerintah Israel juga memiliki BUMN. Ada banyak perubahan dan transformasi yang dilakukan selama bertahun tahun. Berikut penjabarannya :

1]. IROADS

Iroads atau disebut juga Netivei adalah sebuah perusahaan BUMN asal Israel yang bergerak dibidang pembangunan infrastruktur jalan tol, jembatan, terowongan, taman alun alun kota, irigasi pinggir jalan dan lain lainnya. 

Semua hal mulai dari awal hingga akhir, perencanaan, konstruksi pembangunan infrastruktur dan pemeliharaan maintainance. 100% jalanan di Israel mulai dari desa hingga kota dibangun, dikerjakan dan didirikan bertanggung jawab oleh Iroads. 

2]. ISRAEL AEROSPACE INDUSTRIES

Israel Aerospace Industry (IAI ) adalah perusahaan BUMN senjata militer yg memproduksi pesawat drone tanpa awak, radar, rudal, robot, satelit, konversi pesawat kargo, teknologi peperangan cyber dan lain lain sebagainya. Israel Aerospace Industries didirikan pada tahun 1953 dengan memiliki 17.000 karyawan. 100% saham IAI dikuasai oleh pemerintah Israel. 

3]. ELBIT SYSTEMS

Elbit systems bukan perusahaan BUMN, melainkan perusahaan swasta. Tetapi 50% saham dimiliki oleh pemerintah Israel. Elbit system adalah perusahaan senjata memproduksi pesawat tempur tanpa awak drone, elektronik, data link, sistem komunikasi, radio militer, control commando, C4ISR, pengawasan intelijen, turret kendaraan lapis baja, kapal perang tanpa awak, electronic weapon, amunisi, peluru tank, komputer militer, artileri, sensor bawah laut, mortal, helm tempur, sistem penglihatan, avionic, cyber, simulator, tank, dan bom. Elbit System memiliki karyawan sebanyak 22.500 orang.

4]. ISRAEL AIRPORTS AUTHORITY

Israel airports authority adalah perusahaan BUMN yang berspesialisasi di pembangunan & perawatan infrastruktur bandara pesawat sipil dan militer. Seluruh bandara di Israel 100% dikuasai oleh IAA secara langsung berada di bawah kementerian transportasi. Pemasukan utama berasal dari penyewaan toko slot, biaya parkir aktivitas hilir mudik orang orang dan penginapan parkir. 

5]. MEKOROT

Mekorot adalah perusahaan air yg dikelola oleh pemerintah Israel dengan menggunakan teknologi canggih. Mekorot menyedot & menyulap desalinasi air laut asin menjadi air minum tawar bersih nan jernih

MEKOROT membangun pipa & irigasi, menangkap air hujan, membangun embung air, mendaur ulang limbah air kotor, membangun danau buatan, waduk buatan, menciptakan sungai beton buatan dan mengalirkan air untuk rumah perkotaan penduduk, pertanian, perikanan dan keperluaan industri.

Pendapatan utama Mekorot berasal dari penjualan tarif air. Perusahaan ini juga menjual air ke Palestina. 

6]. Israel POST


Israel Post adalah perusahaan BUMN yang menyediakan pengiriman barang. Di Indonesia, mirip persis seperti kantor post. 

Israel post terdapat 700 kantor cabang yang tersebar di seluruh penjuru Israel dengan memiliki 5.000 karyawan jasa kurir. 

7]. AMIDAR


Amidar adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur rumah susun ( rusun ). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1949 dan telah membangun tempat hunian dengan harga tarif sewa murah kepada jutaan rakyat Israel. 1 unit bangunan rusun Amidar sanggup menampung hingga lebih dari 100 orang. 

8]. IEC


IEC adalah perusahaan satu satunya utilitas listrik terintegrasi, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan transmisi dan distribusi listrik di Israel. IEC atau Israel electric corporation menguasai hingga 100% jaringan listrik di Israel. Di Indonesia, IEC mirip seperti PLN. Bedanya sumber bahan baku listrik IEC berasal dari gas alam atau hidrogen dan cahaya matahari fotovoltaik bukan menggunakan batu bara dan fosil minyak solar. 

9]. Israel port authority

Israel Port Authority adalah perusahaan BUMN yang membangun, mengelola, memberikan tender dan mengembangkan pelabuhan untuk sandaran kapal-kapal logistik kargo dan kapal laut.

10]. Rafael advanced defense system

Rafael Advanced Defense System adalah BUMN teknologi persenjataan yang dimana 100% saham dikuasai oleh pemerintah Israel. 

Rafael memiliki 9.000 karyawan dengan memproduksi rudal presisi dipandu, sistem perisai, electronic weapon, jamming, sistem perlindungan udara & bawah laut, kit cerdas rudal, senapan mesin, RCWS, dll

11]. KKLJNF

Jewish National Fund atau KKLJNF bukan BUMN. Melainkan organisasi komunitas nonprofit yg didirikan dibawah pengawasan pemerintah Israel untuk membantu menyulap padang pasir tandus menjadi alam lestari yg dipenuhi oleh jutaan pepohonan dan tanaman indah.

Hasil akhir yg dicapai adalah menciptakan lingkungan suhu udara di Israel yang lebih dingin nan sejuk, mengundang curah hujan, meningkatkan air jernih secara alami, menciptakan lebih banyak danau buatan dan menciptakan ekologi ikan, burung & populasi hewan ternak yg berlimpah.

Pada tahun 2023. KKLJNF telah mencetak rekor menanam sebanyak 300.000.000 juta pohon. 

12]. Israel corp

Israel corp adalah perusahaan investasi milik pemerintah Zionis Israel yang berada di bawah manajemen kementerian keuangan yang dikelola oleh 25 pejabat yang ahli di bidang investasi saham. 

Perusahaan ini bertanggung jawab mengelola berbagai aset saham dari dalam negeri maupun luar negeri. Didirikan pada tahun 1968 oleh pemerintah negara Israel. Pada tahun 2023 berinvestasi kepada 2 emiten saja agar lebih aman. Yaitu perusahaan ICL ( Israel ) dan Akva group ( Norwegia ). 

13]. Israel Citizens fund


Israel Citizens fund investment atau dalam bahasa Indonesia disebut dana warga Israel. Ini bukan BUMN melainkan SWF yang dioperasikan di bawah kementerian keuangan Israel. 

Pada tahun 2022. 

Total jumlah investasi ICF mencapai $ 617 juta dolar atau sekitar Rp 9 triliun rupiah. Portofolio ICF terdiri dari 60% ETF dan 40% saham. 100% saham dari 40% alokasikan tersebut ditujukan kepada perusahaan industri swasta lokal di Israel yang didirikan oleh founder dari orang orang Israel. 

ICF tidak menginvestasikan investasi saham emiten ke luar negeri. Alias 0%.  

Sedangkan portofolio ETF hanya dipilih 2 negara saja yaitu menuju ke ETF yang berada di Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Keuntungan SWF dalam bentuk setoran deviden dan capital gain yang kemudian dimasukkan kembali atau digulung lagi ke investasi ICF dan beberapa dari yang lain digunakan untuk tambahan anggaran APBN demi memperkuat anggaran pendidikan, infrastruktur dan ekonomi Israel di masa depan.  

Semua daftar portofolio nama nama emiten saham dan ETF yang ada di ICF adalah rahasia dan tertutup. ( Saat ini tidak ditujukan untuk konsumsi publik, kecuali laporan jumlah investasi tahunannya saja. Jadi sepenuhnya rahasia ketat oleh pemerintah Israel ). ICF turut bekerjasama erat dengan otoritas inovasi Israel dan bank sentral Israel. 

14]. RAIL

Israel Railways atau rail adalah perusahaan BUMN milik pemerintah Israel yg bergerak dalam jaringan kereta penumpang, komuter, stasiun kereta dan kereta kargo barang. 

Pemasukan utama Israel Railywas berasal dari penjualan tiket, lemari mesin penjual minuman otomatis, sewa slot toko dan parkir. 

Semua lini 100% jaringan kereta di Israel dikuasai oleh railways. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post