Langsung ke konten utama

Israel Checkpoint akuisisi perusahaan Perimeter81 senilai $ 490 juta dolar atau sekitar Rp 7,4 triliun rupiah [ teknologi cyber keamanan jarak jauh untuk cloud computing, pc computer, server database dan networking internet ] ( 2023 )

Perusahaan teknologi Checkpoint mengumumkan telah mengakuisisi Perimeter81 dalam laporan press release di tahun 2023. 

Setelah akuisisi. Perimeter81 dilepas dari bursa saham Nasdaq Amerika Serikat untuk kemudian dialihkan atau digabungkan menjadi anak dari perusahaan Checkpoint Technologies yang berkantor pusat di Israel.

Nilai mahar sebesar $ 490.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 7,4 triliun rupiah ( setara Rp 7.400 miliar rupiah ). 

Tim Checkpoint mengatakan :

Checkpoint mengakuisisi Perimeter81 dengan harga $ 490 juta dolar, dibayar lunas dengan on a cash tanpa utang. Sahutnya. 


Maksud dan tujuan : 

Maksud dan tujuan checkpoint mengakuisisi Perimeter81 karena tertarik dengan hak paten dan teknologi yang diciptakan meliputi forrester zero trust wave dan security service edge yang telah digunakan untuk melayani 3.000 klien mitra perusahaan.

Selain itu, teknologi Perimeter dianggap oleh Checkpoint memiliki solusi handal dalam mempercepat kinerja otomatisasi dari yang tadinya ahli IT/SI membutuhkan waktu berminggu minggu atau berbulan bulan untuk pekerjaan tersebut menjadi selesai hanya butuh waktu hitungan menit. 

Disinilah alasan Checkpoint mengakuisisi Perimeter81 untuk mendapatkan hak paten, blueprint dan akses teknologi tersebut untuk kemudian diintegrasikan ke sistem platform check point infinity demi meningkatkan kepuasaan kepada 100.000 klien mitra perusahaan yang lebih luas. 

Dengan demikian, Checkpoint dapat menyediakan lebih banyak tawaran portofolio produk teknologi yang berkinerja tinggi seperti toko serba ada untuk layanan cyber, memperluas jangkauan penetrasi menjadi lebih besar, lebih kuat secara skala valuasi di bidang cyber dibandingkan sebelumnya.  

Checkpoint ingin agar pelanggan tidak perlu lagi mesti banyak pindah pindah dari ke situs A, situs B, situs C, dll untuk sekedar membeli layanan cyber. Menghadirkan all in one atau one stop shop. Sehingga harapannya Checkpoint menyederhanakan segala sesuatu di bidang keamanan cyber bagi pelanggan tanpa dipusing pusingkan harus kesana kemari. Checkpoint, ibarat anda membeli makanan di warung makan. Mau sate ada, mau bakso ada, mau ayam goreng ada, mau mie instan ada, mau nasi padang ada, mau soto ada, mau ini itu semua tersedia di 1 pesanan warung saja. Ngga usah cek toko warung tetangga sebelah lagi.  

Pada tahun 2023. Diperkirakan ada lebih dari 5.000 website perusahaan cyber secara global. Jadi, jika anda perlu sesuatu layanan cyber, anda juga direpotkan untuk duduk di depan laptop sambil mengklik satu per satu website tersebut di penelusuran browser Google untuk cek lebih dari 5.000 toko tetangga sebelah.  

Perimeter81 sepenuhnya berbasis internet dan cloud. 

Anda tidak perlu membeli perangkat keras hardware apapun. Ini digunakan langsung tinggal klik mouse, izinkan sistem memasuki akses pintu masuk bagi bisnis anda. Lalu sistem Perimeter bekerja secara otomatis untuk anda di jaringan anda. Tersedia aplikasi khusus sebagai pengelolaan manajemen yang didukung oleh AI.  

Gil shwed, founder dan CEO Checkpoint dari Israel mengatakan : 

Dengan munculnya banyak pekerjaan hybrid jarak jauh dan maraknya transformasi cloud. Maka permintaan terhadap layanan keamanan dan jaringan terus berkembang meningkat pesat. Sahutnya. 



Checkpoint technologies berkantor pusat di Israel. 

Memiliki 7.000 karyawan dan pada tahun 2022 mampu meraup pendapatan kotor senilai Rp 34 triliun rupiah dari pangsa pasar di bidang jasa cyber internasional..

Apabila dihitung melalui pendapatan bersih. 

Maka Checkpoint menghasilkan Rp 9 triliun atau sekitar Rp 9.000 miliar per tahun.  

Checkpoint juga mendukung untuk layanan komputer jasa cyber generasi berikutnya yaitu 'komputer quantum dan blockchain kriptografi'.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post