Langsung ke konten utama

Pertama di dunia : Israel Qdsol, teknologi panel produksi hidrogen dari air untuk membangkitkan listrik global ( 2023 )


Cara untuk memisahkan air menjadi hidrogen yang digunakan oleh berbagai macam perusahaan saat ini yaitu dengan elektrolisis. Itu ada 2 jenis yaitu 'ramah lingkungan' dan 'merusak lingkungan'. 

Tipe yang merusak lingkungan menggunakan pemicu listrik dari bahan bakar dari fosil. Seperti batu bara, minyak bumi dan solar. Itu terbukti dapat menyebabkan pemanasan global warming dan kerusakan iklim.  

Sedangkan tipe yang ramah lingkungan yaitu menggunakan pemicu listrik energi bersih yang berasal dari sumber panel surya photovoltaik dan kincir angin. 

Mengarahkan listrik dari panel surya photovoltaik untuk memproduksi hidrogen melalui elektrolisis. Berarti ada banyak perjalanan kabel panjang yang harus ditempuh oleh listrik menuju ke pabrik. Alih alih dengan cara seperti itu. Sebuah perusahaan teknologi asal Israel, Qdsol memilih pendekatan inovasi lain. 

Bagaimana jika infrastruktur panel surya langsung menyatu saja didalamnya, sehingga tidak butuh sumber listrik dari tempat lainnya. 

Perusahaan ini lalu menciptakan sebuah panel surya yang dapat bertindak seperti elektrolisis untuk memproduksi hidrogen secara langsung di dalam panel itu sendiri. Ini mengurangi biaya kabel dan masalah yang ditimbulkan oleh instalasi rumit. Ini juga memungkinkan bagi perusahaan untuk memproduksi hidrogen di lokasi yang sama ditempat produksi listrik yang dihasilkan pada lokasi yang sama pula, tanpa harus mengandalkan listrik dari sumber lain.

Qdsol adalah perusahaan pertama di dunia dan satu satunya yang menciptakan panel surya menghasilkan hidrogen langsung dari sinar matahari menggunakan nanopartikel yang mengkatalisis pemisahan hidrogen dari oksigen dalam molekul air tanpa memancarkan karbon dioksida. 

Tampilan panel qdsol tampak berbeda dari segi tampilan panel surya pada umumnya, karena berwarna hijau akibat mengambil konsep seperti fotosintesis alamiah. Di dalam panel Qdsol dipenuhi atau dialiri oleh air bersih kemudian output nya menghasilkan hidrogen. 

Davidman dari Israel mengatakan : 

Visi kami pertama tama adalah untuk menjadi solusi energi yang terdepan di bidang hidrogen, baik itu secara finansial keuangan maupun dalam hal bisnis. Untuk membantu menggantikan hidrogen yang berpolusi. Ini adalah solusi yang dibutuhkan dunia. Sahutnya. 

Tim Qdsol melanjutkan : 

Pada tahun 2032 nanti. Kami siap memasok sebesar 2% hidrogen hijau ramah lingkungan untuk seluruh dunia. Sahutnya. 

Tentang Qdsol :

Pangsa pasar bisnis hidrogen pada tahun 2030 diperkirakan bernilai $ 90 miliar dolar atau sekitar Rp 1.350 triliun rupiah. 

Pada tahun 2050 pasar hidrogen diperkirakan meningkat menjadi $ 700 miliar dolar atau sekitar Rp 10.500 triliun rupiah. 

Dari data valuasi tersebut. 

Maka Hidrogen merupakan bisnis energi bersih yang cerah.

Hidrogen memberikan landasan sebagai pembangkit listrik masa depan yang ramah lingkungan dan aman. 

Hidrogen tidak seperti nuklir yang berbahaya dan nuklir itu tidak terbarukan lho ya karena pasokan uranium, plutonium dan thorium terbatas di bumi. Pembangkit listrik hidrogen juga jauh lebih mudah dioperasikan dan memiliki biaya infrastruktur yang lebih murah ketimbang nuklir yang boros. Kalau pembangkit listrik tenaga nuklir salah sedikit saja, maka seluruh ilmuwan, staff karwayan dan penduduk lokal setempat kena radiasi kanker berbahaya yang mematikan dan semuanya bakal meledak ledak. Sedangkan pembangkit listrik berbasis hidrogen dapat digunakan untuk berbagai tujuan umat manusia tanpa menimbulkan polusi sama sekali ( 0% zero emisi + 0% radiasi kanker ).

Hidrogen juga tidak seperti minyak bumi, solar dan batu bara yang kelak habis juga suatu saat nanti setelah ditambang secara massal. Hidrogen tidak memiliki masalah tersebut.

Hidrogen merupakan energi berkelanjutan selama air laut masih tersedia melimpah di bumi maka listrik dapat terus tersedia abadi.

Karena pada hakekatnya hidrogen berasal dari air hujan, air laut, air sungai, air danau dan air comberan. Selama Jakarta masih mengalami kebanjiran dan penduduknya berenang renang di jalan raya bersama ikan sapu sapu, maka sesungguhnya energi hidrogen tetap melimpah ruah.  

Hidrogen menghasilkan 0% polusi seperti pembahasan diatas dan output keluaran adalah oksigen dan uap air. 

Hidrogen dapat berbentuk padat maupun cair. 

Kemudian hidrogen yang sudah dipisahkan dari air tersebut, lalu digunakan sebagai pembangkit listrik. Entah itu menggunakan mesin tradisional maupun via nuclear fusion. Seperti menggunakan mesin milik perusahaan teknologi Israel lainnya yaitu Nt-tao.com, dimana hidrogen sebagai bahan bakar utamanya dalam menghasilkan listrik bersih energi terbarukan.

Perusahaan Qdsol didirikan oleh 3 founder Israel dari : Yaron kaiser, Arik kaufman dan Lilac.

Pendanaan investasi modal awal Qdsol didanai oleh pemerintah Zionis Israel. 

Tantangan Qdsol saat ini yaitu memproduksi panel dalam jumlah besar dan bermitra dengan perusahaan air dalam memasok aliran air ke dalam sistem untuk disulap menjadi hidrogen. Kebutuhan awal masih sebatas untuk area prioritas dalam negeri Israel untuk memasok hidrogen bagi pemerintah Israel. 

Nama : Qdsol

Kategori : Teknologi produksi hidrogen

Kantor pusat : Israel

Alamat : qd-sol.com

Hari Esok yang Leb

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post