Langsung ke konten utama

Begini cara inovasi Israel ubah silage gandum menjadi pakan ternak fermentasi untuk ayam broiler, ayam kampung, ayam layer dan sapi ( 2023 )

Harga pakan ternak dari hari ke hari terus melonjak tinggi menjadi makin mahal, bahkan beberapa peternak tidak dapat lagi membeli 1 karung karena terlalu kemahalan. 

Pakan ternak seperti untuk hewan sapi, ayam kampung, ayam broiler dan ayam layer petelur pada umumnya terdiri dari berbagai macam unsur campuran mix antara biji bijian. Seperti jagung, padi, dedak giling, sisa gandum, biji jelai, sisa beras aking, kulit kacang kedelai dan sisa biji kedelai.

Tetapi untuk mendapatkan pasokan rantai dari biji bijian ini sekarang terasa makin mahal akibat permintaan yang tinggi untuk mencukup kebutuhan pakan hewan ternak. Jadi dibutuhkan solusi inovatif untuk membuat atau menciptakan jenis pakan alternatif baru yang lebih efesien, lebih sedikit agak murah tanpa mengurangi banyak unsur kandungan gizi dari tanaman hijau hijauan. 

Silage adalah sisa sisa dari tanaman hijauan dan daun dedauan gandum sehabis masa panen.

Dulu hanya dibuang begitu saja, bahkan dibakar oleh petani karena dianggap tidak berguna. 

Padahal silage dapat dijadikan sebagai pakan alternatif untuk hewan ternak. 

Sayangnya, banyak petani di seluruh dunia belum tahu tentang metode, ilmu, taktik dan strategi ini. 

Berikut adalah informasi yang layak untuk anda simak. 

Khususnya kepada petani dan peternak. 

Semoga bermanfaat. 

Youtube : Proses fermentasi silage di Israel

Begini cara inovasi Israel ubah silage gandum menjadi pakan ternak fermentasi untuk ayam broiler, ayam kampung, ayam layer dan sapi ( 2023 ).

Langkah pertama dimulai ketika seorang petani yang memiliki luas lahan 5 hektar menghubungi pihak klien penggilingan gandum berserta penyewaan mesin traktor dan alat berat lainnya. 

Sisa hijauan tanaman gandum dipotong dan digiling secara otomatis oleh mesin traktor, lalu dikumpulan untuk kemudian dimasukkan ke dalam wadah berukuran besar sebagai tempat penampungan untuk selanjutnya di fermentasi menggunakan cairan bakteri khusus dengan tujuan menghilangkan atau mengurangi serat kasar dan demi memberdayakan daya tahan agar lebih kering dan lebih awet secara alami untuk jangka waktu tertentu. 

Selain tanaman gandum. aneka macam rumput hijau liar juga dapat diolah dengan cara yang sama melalui fermentasi. Tetapi harus dicercah, dipotong, dicincang dan digiling terlebih dahulu menjadi bagian bagian halus berukuran kecil. Lalu ditutup dengan terpal selama beberapa hari hingga kering dan hingga proses fermentasi selesai. 

Tanaman batang & dedaunan hijau hijauan gandum yang sudah difermentasikan ( silage ). Terbukti manjur dalam meningkatkan produksi susu pada sapi, juga membuat gemuk hewan sapi, ayam broiler, ayam layer dan ayam kampung. 

Tidak itu saja, ini juga terbukti menghemat keuangan untuk membeli pakan ternak. 

Silage dapat dicampur mix dengan pakan BR yang kemudian diumpan ke hewan ternak. 

Untuk memahami bagaimana proses silage gandum menjadi pakan ternak melalui fermentasi. Tutorial dapat di tonton pada video youtube di atas. Selain tanaman gandum. Proses silage dapat juga digunakan untuk aneka macam hijau hijauan, seperti batang & daun padi sehabis panen, batang & daun jagung sehabis panen, batang & daun kacang kedelai sehabis panen bahkan hingga rumput hijau yang bergoyang. 

Daripada petani harus membakar tanaman sehabis panen. 

Jangan dibuang

Jangan dibakar

Alangkah baiknya mengolah menjadi silage sebagai pakan ternak dengan mengunakan proses fermentasi silage. Dengan begitu dapat mengurangi beban biaya pakan ternak dan membuat lingkungan menjadi bermanfaat sepenuhnya secara maksimal tanpa harus melakukan pembakaran. Dan tentu saja silage aman dan sehat untuk hewan ternak karena mengandung mineral, protein, vitamin dari hijau hijauan. Tanpa ditambah dengan unsur kimia yang berbahaya. 100% dilakukan secara biologis dan alamiah. 

Contoh bakteri untuk proses silage dapat menggunakan EM4. Itu telah dijual secara luas di seluruh dunia. Anda bahkan dapat membelinya di toko online Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. 

Hanya saja, jika penampungnya berukuran besar, maka butuh membeli EM4 dalam jumlah besar juga. 

Oh ya, melalui silage, petani dapat menjual hasil silage tersebut dalam bentuk penjualan per karung sebagai pemasukan peluang tambahan baru yang berarti cuan cuan cuan. Dan peternak juga senang karena mendapatkan pakan ternak alternatif baru yang lebih murah dan bergizi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post