Langsung ke konten utama

Daftar antrian perluasan new kandidat BRICSEMUAIA berikutnya. Mulai dari Venezuela, Kuba, Aljazair, Ekuador, Libya, Irak, Belarus, Jordania, Suriah, Yaman, Kongo, Kyrgyzstan, Pakistan, Kuwait, Sudan, Kazakhstan, Bahrain, Qatar, Uzbekistan, Oman, Tunisia, Lebanon hingga Palestina ( 2023 )

BRICS pertama kali di gagas pada tanggal 16 Juni 2009 oleh Rusia dan partai komunis China. 

Pada awalnya, BRICS hanya terdiri dari beberapa negara saja.

Namun pada tahun 2023, ekspansinya telah meningkat atau meluas menjadi 11 negara. Yaitu Brazil, Rusia, India, China, Africa Selatan, Ethiophia, Iran, Mesir, UEA ( Uni emirat arab ), Argentina dan kerajaan Arab Saudi. 

China dinobatkan sebagai kantor pusat BRICSEMUAIA. 

Untungnya, pemerintahan negara Indonesia sejauh ini melalui presiden Jokowi atau disebut juga bapak Joko Widodo. Tetap bersikukuh untuk bersikap netral dan bebas aktif seperti wasiat pendahulu mantan presiden RI 1 Soekarno.

Menurut saya, sikap netral bebas aktif adalah keputusan tepat, brilian dan cerdas yang diambil oleh pemerintah Indonesia melalui presiden Jokowi. 

Karena apabila dan jika Indonesia gabung atau ikut tergabung ke dalam keanggotaan BRICSEMUAIA. Sudah pasti Indonesia bakalan di gebuk oleh Amerika Serikat. Lalu perekonomian NKRI bakal dihantam habis habisan oleh AS. Itu tidak dapat dipahami, tidak dapat dimengerti dan tidak dapat disadari oleh banyak orang orang Indonesia jika bergabung ke BRICSEMUAIA. Tetapi itulah yang pasti terjadi jika Indonesia ikutserta ke BRICSEMUAIA. Artinya ekonomi Indonesia yang buruk, pasti bakalan tambah buruk lagi. 

Sikap bebas aktif yang diambil oleh presiden Jokowi dalam memandang BRICSEMUAIA. Sebenarnya hanya terlihat sepele saja bagi banyak orang, tetapi tahukah anda bahwa itu memiliki efek positif yang besar bagi kesejahteraan, perekonomian dan kedaulatan seluruh rakyat Indonesia yang berjumlah sekitar lebih dari 280.000.000 juta orang. 

Disisi lain memiliki pengaruh signifikan terhadap dampak kebingungan antara bagaimana Amerika Serikat dan ( Rusia China ( BRICSEMUAIA ) ) memandang Indonesia. Alhasil, alih alih Amerika Serikat menjadikan Indonesia sebagai musuh, melainkan sebagai kawan. Sedangkan Rusia China juga melakukan hal yang sama, alih alih menjadikan Indonesia sebagai musuh, melainkan sebagai kawan walaupun RI tidak memutuskan bergabung ke BRICSEMUAIA. 

Hasil akhir yang dicapai oleh Indonesia mirip seperti kisah masa lalu Soekarno. Menjadikan semua negara sebagai sahabat. Artinya bahwa ada keuntungan ekonomi dari sikap bebas aktif independen tersebut atau kalau zaman dulu disebut sebagai non-blok.  

Kandidat baru BRICSEMUAIA. 

Uni Soviet adalah musuh bebuyutan Amerika Serikat sejak zaman nenek moyang. 

Uni Soviet sekarang bernama Rusia. 

Untuk memperkuat dirinya, Rusia menggandeng mitra dari partai komunis China dalam kerjasama BRICS. Salah satu tujuannya yaitu melawan hedegomi dolar AS. Untuk mempertahankan nilai mata uang Rubel. Presiden Rusia juga telah menjadikan Yuan sebagai valas penyeimbang alternatif. Itu diakui sendiri oleh bapak presiden Vladimir Putin yang mengklaim Rusia telah menyimpan Yuan sebagai salah satu mata uang valas dan cadev bagi keperluaan cadangan Rusia. 

Tidak seperti integrasi Uni Eropa yang sukses meluncurkan mata uang Euro bersama dan saling selaras.  

BRICS dari awal memang memiliki cita cita untuk membangun mata uang bersama di dalam antar anggotanya. Namun hingga saat ini masih belum terwujud, karena banyaknya perbedaan internal di dalam keanggotaan, pertengkaran, saling bentrok antar anggota dan mengalami ketidaksamaan ideologi antar masing masing anggota BRICSEMUAIA yang saling tidak akur, saling ngamuk dan saling marah marahan.  

Sebut saja India VS China dan Arab Saudi VS Iran.

Jadi untuk saat ini masih menggunakan mata uang sendiri sendiri. Rusia juga menggunakan mata uang rubel nya sendiri tetapi juga telah memiliki dan menyimpan valas Yuan atau disebut juga renminbi. 

Presiden Rusia, Vladimir putin mengatakan : 

Tahun lalu hanya 28,7 persen. Kebetulan, selama KTT ini, kita akan membahas secara rinci seluruh masalah yang berkaitan dengan transisi ke mata uang nasional di semua bidang kerja sama ekonomi antara lima negara. Sahutnya. 

Nah terlepas dari semua hal tersebut. Keputusan perluasan anggota BRICSEMUAIA belum terhenti hingga detik ini saja, di masa depan ekspansi di perkirakan makin meluas. Tetapi itu semua butuh waktu untuk menghimpun negara baru yang baru tergabung. Kira kira harus menunggu 10 tahun lagi untuk membuka keanggotaan baru hingga integrasi yang lama sudah agak selaras. 

Rusia + China. Tidak menyebut apa indikator syarat utama untuk sebuah negara bergabung ke BRICSEMUAIA. 

Semua keputusan tersebut berada di tangan pihak pemimpin Rusia + China. Apakah mereka menolak atau menerimanya. 

Berikut merupakan daftar antrian negara yang berhasrat, sudah mendaftar dan ingin tergabung sebagai the next kandidat berikutnya dari BRICSEMUAIA.

Yaitu : 

Mulai dari Venezuela, Kuba, Aljazair, Ekuador, Libya, Irak, Belarus, Jordania, Suriah, Yaman, Kongo, Kyrgyzstan, Pakistan, Kuwait, Sudan, Kazakhstan, Bahrain, Qatar, Uzbekistan, Oman, Tunisia, Lebanon hingga Palestina

Jika daftar negara negara ini di masa depan tergabung ke BRICSEMUAIA. Maka secara jelas terdapat banyak tantangan dan rintangan yang ditempuh oleh Amerika Serikat dalam kendali perdagangan dunia, ekonomi dunia, sumber daya mineral dunia, pangsa pasar populasi dunia, mata uang dunia, dll. 

Oleh sebab itu, AS harus mencari cara bagaimana mengagalkan aksi perluasan BRICSEMUAIA.

Secara jelas ini tantangan serius bagi Amerika Serikat di masa depan untuk melawan China + Rusia.

Jika tidak dicari solusinya maka Amerika Serikat sungguh sedang dalam bahaya besar. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post