Langsung ke konten utama

Israel TA-125 Index [ investasi saham seumur hidup untuk orang konservatif ] ( 2023 )

Semua orang tentu mengenal tentang investor Warren Buffet ( umur 93 tahun ) 

Beliau pertama kali membeli saham perusahaan emiten minuman Coca cola pada tahun 1989 yang lalu.

Ajaib, hingga saat ini beliau masih pegang itu saham Coca cola hingga kepemilikannya telah mengelembung menjadi $ 24 miliar dolar atau sekitar Rp 340 triliun rupiah. 

Walaupun saat ini bapak Warren Buffet memiliki diversifikasi portofolio lebih dari 10 saham dan menghandle perusahaan Berkshire Hathaway. 

Coca cola dari awal mula 1989 saat beliau investasi saham hingga detik ini terus dipegang long time secara terus menerus setiap beberapa bulan memberikan pendapatan uang deviden yang besar kepada bapak Warren Buffet. 

Dari saham Coca Cola, akhirnya Warren Buffet dapat Living For Saham dan tidur nyenyak di usia senja yang indah pun tetap dapat duit dari deviden Coca Cola. 

Ini juga salah satu alasan mengapa Warren Buffet suka minum Coca cola.

Karena Coca cola selain sebagai minuman yang menyegarkan juga memberikan kebebasan finansial freedom kepada bapak Warren Buffet. Tanpa harus bekerja keras. 

Israel TA-125 Index [ investasi saham untuk seumur hidup ] ( 2023 )

Suatu ketika saya bertanya dalam hati. 

Apakah ada saham atau instrument yang cocok untuk orang konservatif, untuk orang yang tidak jago teknikal saham, untuk orang yang tidak jago fundamental saham, untuk orang yang tidak pandai memilih emiten saham dan masalah lain lain sebagainya. Seperti keterbatasan waktu, dll.   

Apa yang saya ketahui selama ini. Mencocokkan diri di industri saham itu sulit banget. Seseorang harus banyak tahu tentang banyak hal, mulai dari A - Z. Seseorang juga dituntut untuk mempelajari ilmu mikro ekonomi. Apalagi tentang ilmu makro ekonomi susahnya minta ampun bikin pusing kepala.

Economic theory yang menjadi salah satu landasan dunia persahaman. Saya tentu tidak bisa menggunakan otak saya sendiri untuk membuat kesimpulan. Karena apa yang aku pikir benar, bisa saja salah. Bahkan manajer investasi saham membutuhkan banyak orang pintar untuk membuat kesimpulan bersama. Indikatornya yaitu chart & harga saham. Faktor psikologi juga mempengaruhi dan banyak hal lainnya. 

Pada intinya, saham itu sulit. 

Saham itu berat. 

Pertanyaan selanjutnya yaitu apakah ada alternatif lain untuk investasi saham tetapi menghindari resiko seminim mungkin.

Jika saya yang menjawab. Maka saya ngga tahu...? Kok tanya saya.

Saya aja hingga saat ini ngga punya saham kok. Karena ngga punya duit. 

Tapi saya punya beberapa ide untuk investasi, salah satunya adalah Israel TA-125 Index. 

Apa itu yuk mari kita simak. 

Siapa tahu bermanfaat buat teman teman ya dan semoga menambah sedikit diversifikasi buat teman teman ya. .

Jika seandainya saya ( Afrid Fransisco ) punya uang. 

Ada 3 pilihan saham menarik yang dapat saya pilih untuk simpan seumur hidup. Yaitu :

1]. Alfamart ( Indonesia ).

2]. Alphabet ( Amerika Serikat, Induk Google, Youtube, Android, Gmail, Pixel, dll )

3]. TA-125 ( Israel )

4]. Bitcoin ( Internasional global )

Alfamart dan Alphabet.inc saya kira semua orang sudah tahu ya. Alfamart adalah toko di Indonesia yang menjual aneka banyak barang dan produk. Sedangkan Alphabet adalah perusahaan induk dari Google, Youtube, Chrome, Android, Gmail, Pixel, dll ). Sedangkan Bitcoin bukan saham melainkan crypto. 

TA-125 adalah indeks dari 125 emiten atau perusahaan terbesar yang ada di Israel. Meliputi Teva Pharmaceutical Industries, Checkpoint, Elbit System, Nice, Solaredge, Reeauto, Nano dimension, ICL, Cyberark, Pagaya Technologies, Kornit digital, dll sebagainya.  

Oh ya, sebelumnya saya juga udah pernah menulis artikel tentang ini. 

Namun nampaknya saya memperbaharui untuk menciutnya lagi menjadi hanya 3 saham saja dan beberapa cryptocurrency. 

Untuk kategori TA-125 belum dapat diinvestasikan. Hanya khusus kepada orang orang Israel saja. Sedangkan orang Indonesia tidak dapat berinvestasi disana. 

Andaikata suatu saat kelak, TA-125 terbuka untuk orang Indonesia. Maka saya tertarik untuk berinvestasi di TA-125, walaupun hanya menggunakan uang kecil. 

Karena saya perhatiin, grafik chartnya selalu meningkat setiap tahun. Walaupun memang ada sempat beberapa kali mengalami penurunan ( loss ), namun secara garis besar terus menuju ke atas asalkan sabar menunggu dan menurut aku TA-125 cocok sebagai salah satu instrument investasi untuk orang konservatif seperti saya. 

Mencoba meniru gaya Warren Buffet yang hold Coca cola seumur hidup. . 

Maka, saya juga tertarik untuk investasi TA-125, Alfamart, Bitcoin dan Alphabet dalam jangka panjang bahkan hingga seumur hidup. ( jika punya uang dan jika punya kesempatan berinvestasi, kalau tidak punya ya ngga apa apa juga sih. he he..., ) saya juga tidak melakukan swing ataupun trading saham. 100% murni berencana untuk menjadi investor holder jangka panjang seumur hidup. 

Berinvestasi saham seharusnya serius dengan mengandalkan analisa yang matang bukan dengan memilih apa adanya untuk bersenang senang. .

Karena yang diinvestasikan adalah uang nyata ( real ) untuk kehidupan kita di masa depan dan dapat diwariskan. 

Jadi perlu waktu untuk memilih saham yang cocok dan tepat sesuai prefensi masing masing orang, karena jika salah pilih saham, maka uang melayang dengan sia sia. Semua keputusan juga dapat berubah ubah dengan landasan yang mengikuti perubahan zaman. Jadi hari ini belum tentu juga cocok untuk di masa depan.  

Berikut merupakan hasil tangkapan layar monitor dari kinerja TA-125. ( Israel ). 


Berikut merupakan hasil tangkapan layar monitor dari kinerja Alfamart ( Indonesia )


Berikut merupakan hasil tangkapan layar monitor dari kinerja Alphabet. ( Amerika Serikat ). 


Berikut merupakan hasil tangkapan layar monitor dari kinerja Bitcoin. ( Global internasional ). 


 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post