Langsung ke konten utama

Latihan tempur Amerika Serikat ( US ARMY ) + Indonesia ( TNI ) untuk persiapan perang melawan kedatangan militer PKT China di masa depan ( 2023 )

Sejak pemerintahan mantan presiden Donald Trump. Lalu berlanjut ke masa kepemimpinan Joe Biden, Amerika Serikat secara terus menerus menumpuk jumlah pasukan di perbatasan China. Meliputi Korea Selatan, Filipina, Jepang, Guam dan Australia. 

Tak hanya kepada mitra negara sekutu. Amerika Serikat juga meningkatkan peranannya kepada negara non-sekutu disekitar kawasan ( non-blok atau bebas netral aktif ) Seperti Indonesia. 

Pada tahun 2023. 

Total sebanyak  104.500 ribu pasukan US ARMY telah menetap permanen di setiap pangkalan militer dalam posisi mengepung China. 

Pada tahun 2024. 

Pemerintah AS berencana menambah sebanyak 10.000 tentara lagi di depan pintu perbatasan China.

Awalnya, didesain guna menanggulangi serangan nuklir Korea Utara. Tetapi kini menyebar luas ke berbagai spektrum meliputi China, Korut dan demi melindungi Taiwan dari invasi.  

Dengan adanya peningkatan jumlah tentara US Army dapat mewakili semua gugus tugas fungsi dalam menjangkau musuh PLA China lebih dekat, mengoptimalkan daya serang, memudahkan strategi, taktik dan membantu mempertahankan demi memberikan perlindungan kepada negara negara sekutu AS di kawasan Asia. 

Ini merupakan salah satu langkah penting bagi Amerika Serikat dalam mempersiapkan perang melawan China di masa depan. Mengingat PKT China hingga detik ini tidak mau merespon diplomasi politik dengan baik untuk urusan tarif ekspor impor perdagangan barang yang adil malah berhasrat sebaliknya yaitu menantang, mengancam dan mencoba coba melawan hedegomi AS. 

Karena pembicaraan politik antara China VS AS semakin sering gagal dan tidak selaras. 

Oleh sebab itu. China harus mau tidak mau, suka tidak suka harus berhadapan dengan gaya khas ala koboi Amerika Serikat. 

Tank Abrams, F-35, Himars, Javelin, Stinger, Tomahawk, Minuteman, M4 Carbine, dll yang kini harus berbicara kepada partai komunis China. 

Youtube : Latihan militer Indonesia dan Amerika Serikat

Latihan perang Amerika Serikat ( US ARMY ) + Indonesia ( TNI )

Demi memberikan pengaruh yang kuat secara signifikan di kawasan Asia dalam melawan China. 

Selama beberapa tahun belakangan ini, Amerika Serikat terus mengadakan latihan militer bersama Indonesia dalam tajuk Garuda shield. Yang artinya melindungi Garuda Indonesia. 

Super garuda shield juga sebagai ajang latihan bagi kru tentara AS untuk mengenali medan geografis di Indonesia dan menjalankan jalinan komunikasi, taktik, strategi bersama tentara TNI Indonesia. AS turut mengajak mitra sekutu tetangga terdekat lainnya seperti Australia untuk berkontribusi. 

Latihan yang dilakukan oleh AS menghasilkan kemajuan dalam pembinaan komunikasi dan strategi antara TNI Indonesia dan US ARMY Amerika Serikat. Selain itu, latihan ini juga mendorong pembangunan hubungan geopolitik yang baik secara bilateral dan multilateral. Walaupun Indonesia bukan sekutu AS. 

Beberapa program yang dilakukan antara AS dan Indonesia adalah latihan peningkatan kualitas peralatan militer, pengembangan peran dalam pengawalan, kemitraan network komunikasi informasi intelijen lingkungan sekitar secara bersama, pengenalan perbedaan alustista lebih dekat secara bersama dan peningkatan operasi militer. 


Latihan tempur SGS Super Garuda Shield untuk tahun 2023 di mulai pada bulan Agustus sampai berakhir di bulan September. Tema latihan ini yaitu latihan penyerbuan target operasi musuh di darat. Termasuk serangan pendaratan amfibi.

Latihan ini melibatkan 5.000 tentara gabungan yang berlokasi kali ini dipilih adalah kabupaten Situbondo, Jawa Timur Indonesia.  

Youtube : Javelin bos lagi lewat
          

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post