Langsung ke konten utama

Pertama kali : United Kingdom ( Inggris ) tidak lagi menjadi negara mayoritas kristen ( 2023 )

Sebuah statistik sensus yang diadakan oleh kerajaan Inggris melalui ONS atau kantor statistik nasional UK. Telah merilis sebuah pembaharuan data tentang proporsi umat beragama di Inggris. 

United Kingdom berada di benua biru Eropa yang terpisah. Ini sebuah kerajaan independen yang berbatasan langsung dengan samudra atlantik dan selat Inggris. 

Total jumlah populasi penduduk Inggris mencapai 67.736.000 juta orang. 

Pada masanya kristen merupakan agama dominan bagi orang orang Inggris. Terutama dari denominasi kristen anglikan. Di Inggris terdapat juga kepercayaan kristen yang lain. Seperti kristen katolik, kristen ortodoks dan kristen protestan berserta jajaran pecahan denominasi lainnya. 

Karena semua agama kristen sama sama menyembah Yesus Kristus sebagai Tuhan. Oleh sebab itu, ONS tidak membedakan denominasinya, sehingga ONS tidak memberi rincian data khusus melainkan menghitung secara keseluruhan umat populasi kristen di UK.

Sebagai tambahan informasi kepada anda. 

Laporan data dipersembahkan atau disajikan oleh biro statistik Inggris pada tahun 2023. Tetapi mengacu pada data 2021. 

Pada tahun 2011. Populasi total umat kristen di UK sekitar 59%. 

Pada tahun 2021. Populasi total umat kristen di UK menurun menjadi 46%.   

Sehingga untuk pertama kali dalam sejarah di Inggris, kristen atau orang orang yang teridentifikasi memiliki iman kristen telah menjadi minoritas sedangkan 54% merupakan agama dan kepercayaan lain. 

Peningkatan signifikan terjadi pada kepercayaan atheis dan Islam. 

Pada sensus tahun 2011. Jumlah orang atheis di Inggris hanya ada 25%, kini meningkat pada tahun 2021 menjadi 37% atau setara 25.000.000 juta orang menganut atheis. Tidak menutup kemungkinan pada 1 dekade ke depan atheis menjadi 40%. 

Pada sensus tahun 2011. Jumlah orang Muslim di Inggris hanya ada 4%, kini meningkat pada tahun 2021 menjadi 6,5% atau setara 4.400.000 juta orang beragama Islam. Tidak menutup kemungkinan pada 1 dekade ke depan Islam menjadi 8%. 

Di Inggris, terdapat pula sisa sisa agama minoritas yang membentuk 11%. Terdiri dari seperti Hindu, Buddha dan Yahudi. Tetapi itu sedikit sekali.  

Terdapat sebanyak 292.000 ribu orang beragama Yahudi tinggal di United Kingdom. 

MENAKAR PENTINGNYA SOLUSI UNTUK PENURUNAN JUMLAH UMAT KRISTEN.

ONS memberikan laporan terperinci mengenai keadaan iman di Inggris. Ini telah menjadi kekwatiran, kesedihan dan perhatian serius terhadap dampak penurunan signifikan orang orang kristen. Terutama untuk para pelayan orang orang religius yang bekerja melayani sebagai misionaris, pekabar injil baik dan bagaimana arti penting peranan kerajaan dalam menumbuhkan dan mempertahankan kepercayaan kristen yang sudah terbentuk dahulu melalui beragam kebijakan.

Seorang pengamat Andrew copson mengeluhkan dampak dari penurunan populasi kristen di Inggris yang cukup dapat membuat seseorang kristen meneteskan air mata. Mengingat dibandingkan negara negara Uni Eropa lainnya. Inggris sesungguhnya tergolong beriman dan menonjol di bidang keagamaan. Ini terlihat dari bagaimana banyak aktivitas dilakukan melibatkan agama kristen. Namun kini kristen tersisa 31.100.000 juta orang. 

Andrew copson mengatakan : 

Pertumbuhan dramatis kepercayaan non-religius hampir pasti menjadikan negara kita menjadi tidak religius di dunia. Salah satu hal yang paling mencolok tentang hasil ini adalah anehnya populasinya berasal dari negara kita sendiri. Tidak ada negara di benua Eropa yang mempunyai sistem keagamaan ketat seperti yang kita miliki dalam hal hukum dan kebijakan publik. Tapi kini kita menjadi populasi yang tidak beragama. Sahutnya.

York stephen, seorang uskup kristen anglikan mengatakan mengacu pada data yang dilansir oleh ONS : 

Ini bukan kejutan besar. Harusnya merupakan tantangan bagi umat kristiani bekerja lebih keras lagi dalam menyebarkan iman. Sahutnya. 

Penurunan populasi umat kristen di Inggris memang cukup membuat penyesalan yang mendalam. Tetapi tidak boleh hanya sekedar sedih, kecewa dan gusar melainkan terus aktif mempersiapkan penyebaran iman yang lebih besar berserta integrasi dari dukungan kerajaan harus diperkuat lagi dibandingkan tahun sebelumnya, tidak boleh longgar, sehingga diharapkan menghasilkan kekuatan dalam menyebarkan iman dan injil sebagai bekal persiapan kepada orang orang religius, diakon, penatua, pendeta, uskup, pastor, dan orang orang nasrani pada khususnya untuk kembali mengumpulkan domba domba yang tersesat. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.  

Related Post