Langsung ke konten utama

30 perusahaan industri besar asal Israel yang melanglang buana ke seluruh penjuru dunia ( 2023 )

Israel merupakan sebuah negara kecil di Timur Tengah dengan jumlah penduduk 9.605.000 juta orang.

Negara dengan mayoritas agama Yahudi tersebut menurut data kementerian Israel memiliki 573.000 unit UKM dan 5.000 unit aneka macam perusahaan. 

Dimana 500 diantaranya tergolong sebagai perusahaan besar yang terdaftar di bursa saham TASE ( Tel Aviv Stock Exchange ).  

Perusahaan industri Israel bergerak di banyak bidang. 

Mulai dari persenjataan, farmasi obat obatan, kimia, otomotif, robot, teknologi, chipset, sensor dan masih banyak lagi yang fokus bertujuan untuk ekspor ke luar negeri dan mampu meningkatkan penerimaan pajak ke pemerintah pusat Israel. 

Maraknya perkembangan perusahaan besar di Israel dengan taraf internasional. Menjadikannya sebagai salah satu negara yang termasuk kategori 'kaya raya atau disebut negara maju'.

Negara Israel tidak mengandalkan UKM, cuma sekedar slogan beli lokal, cintai ploduk ploduk lokal saja. Jika itu yang dipilih maka Israel hanya menjadi negara kelas bawah, bermental misqueen dan cuma jadi negara kelas pendapatan menengah atau bawah saja untuk selamanya. 

Negara yang mengandalkan UKM, hanya menjadi negara kelas bawah atau kelas menengah. Klaim pejabat Israel. 

Israel juga tidak mengandalkan sumber daya alam SDA yang biasanya berharga murahan, melainkan Israel memilih mengandalkan skill SDM untuk uplevel produk menjadi bernilai lebih tinggi. 

Mereka memang sejak dari awal menjalankan bisnis sudah berpikir 'Go Internasional dan fokus Export'. Oleh sebab itu mengapa orang orang Israel bersemangat menjelajahi dunia melalui perusahaan industri skala internasionalnya. 

Berikut 30 daftar dari antara 500 perusahaan industri besar asal Israel. 

1]. Tower semiconductor

Kantor pusat : Israel

Tower semiconductor adalah perusahaan industri yang bergerak di bidang penciptaan chips kelas menengah dan bawah mulai dari ukuran node 15 mn - 300 mn. Secara total, Tower telah menjual sebanyak 750.000.000 juta chip untuk diinstal pada perangkat jam tangan cerdas ( smartwatch ), kamera DSLR profesional, pesawat drone, alat sensor temperatur pendeteksi suhu tubuh manusia, alat radiasi, alat projector, alat pendeteksi bom, alat sensor suhu rumah tangga, alat Xray, alat kesehatan gigi, alat scanning rumah sakit, alat operasi kedokteran, alat IoT, alat VR/AR, kamera CCTV, alat pertambangan, dan masih banyak lagi.

2]. Solar edge

Kantor pusat : Israel

Solar edge adalah perusahaan pencipta perangkat pembangkit listrik tenaga matahari. 

3]. Maytronics

Kantor pusat : Israel

Maytronics adalah perusahaan pencipta robot pembersih kolam renang secara otomatis.

4]. Alfatau medical

Kantor pusat : Israel

Alfatau medical adalah perusahaan penyembuh penyakit tumor ganas & kanker stadium 1 dan 2. 

5]. Reeauto


Kantor pusat : Israel

Reeauto adalah perusahaan otomotif yang menciptakan produk berupa mobil dan truck 100% persen menggunakan listrik dan mampu melakukan self driving autonomous. 

6]. Amdocs

Kantor pusat : Israel

Amdocs adalah perusahaan pencipta mesin, jaringan dan cloud native untuk internet 5G. 

7]. Elbit systems


Kantor pusat : Israel

Elbit systems adalah perusahaan persenjataan teknologi militer Israel yang memproduksi aneka macam senjata, tank merkava, rudal, bom, robot tempur, drone, artileri, sistem komunikasi militer dan lain lain sebagainya. 50% saham Elbit System dipegang, dikendalikan dan dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel. Elbit System memiliki 22.500 karyawan. 

8]. Delek

Kantor pusat : Israel

Reeauto adalah perusahaan pengeboran minyak & gas sekaligus menciptakan mesin yang mampu mengubah gas menjadi listrik. 

9]. Intercure

Kantor pusat : Israel

Intercure adalah perusahaan penyembuh tumor ganas dan kanker untuk kategori payudara dalam stadium 1 & 2. Pihak Intercure menolak menerima pasien yang sudah tergolong stadium 3 & 4. 

10]. Checkpoint

Kantor pusat : Israel

Checkpoint adalah perusahaan cyber security.

11]. Teva pharmaceutical

Kantor pusat : Israel

Teva adalah perusahaan cyber security. Dalam waktu 1 hari saja sebanyak 200.000.000 juta obat terjual dan dikomsumsi oleh orang orang di seluruh penjuru dunia. 

12]. Satixfy

Kantor pusat : Israel

Satixfy adalah perusahaan pencipta chipset semikonduktor untuk internet 4G berbasis luar angkasa. 

13]. Imcannabis

Kantor pusat : Israel

Imcannabis adalah perusahaan yang menyulap tanaman ganja menjadi obat. 

14]. Formula system

Kantor pusat : Israel

Formula system adalah perusahaan holding menaungi dan memiliki 14.000 jenis perangkat lunak dari berbagai macam jenis untuk digunakan sebagai keperluaan bisnis enterprise dengan pembayaran langganan bulanan atau tahunan. 

15]. Cellbrite

Kantor pusat : Israel

Cellbrite adalah perusahaan teknologi pembobol smartphone iPhone dan Android. Tidak peduli sekalipun dikunci dengan password yang panjang.

16]. ICL

Kantor pusat : Israel

ICL adalah perusahaan pertambangan mineral, pengelolaan kimia dan pupuk tanaman. 

17]. Gett


Kantor pusat : Israel

Gett adalah perusahaan taxi transportasi ride hailing.

17]. Nano dimension

Kantor pusat : Israel

Nano dimension adalah perusahaan teknologi mesin 3D printing yang mampu mencetak komponen elektronik secara tiga dimensi dengan kecepatan tinggi. 

17]. Nanox 


Kantor pusat : Israel

Nanox adalah perusahaan scanning pendeteksi keberadaan tumor ganas, kanker dan penyakit kronis lainnya sebagai solusi pencitraan medis mutakhir. Model pembayaran menggunakan skema bayar per pemindaian. Dilengkapi dengan AI sehingga mampu melakukan diagnosis tumor & kanker dini lebih awal. Nanox mengklaim teknologi mesin miliknya memiliki keunggulan dibandingkan mesin scanning lainnya yang mampu memindai orang sehat tanpa gejala penyakit tetapi terdiagnosis tumor & kanker dini yang lolos dari deteksi.  

18]. Nova measuring

Kantor pusat : Israel

Nova masuring adalah perusahaan teknologi yang menyediakan mesin metrologi untuk kontrol kinerja proses lanjutan dalam manufaktur chip semikonduktor yang bervolume tinggi. Agar tidak menghasilkan produk chipset cacat untuk pelanggan akhir. 

19]. Wix

Kantor pusat : Israel

Wix adalah perusahaan platform yang menawarkan CMS berbasis langganan kepada developer untuk membuat situs website dan toko online. Dimana pengerjaan dapat dibantu menggunakan kecerdasan buatan AI. Pada tahun 2023 terdapat 4.500.000 website dan toko online menggunakan wix sebagai pelanggan premium yang aktif membayar setiap bulan dan tahunan. 

20]. Azriel group

Kantor pusat : Israel

Azriel group adalah perusahaan developer real estate dalam membangun gedung.

21]. Homebiogas

Kantor pusat : Israel

Homebiogas adalah perusahaan yang membuat produk untuk membantu masyarakat menyulap limbah rumah tangga dan limbah sisa dapur dari restoran menjadi gas. Alat ini pada umumnya dibeli oleh restoran untuk mengefesienkan dan menghemat penggunaan gas sehingga tidak perlu lagi sering sering membeli tabung gas di toko sebelah. 

22]. Cyberark

Kantor pusat : Israel

Cyberark adalah perusahaan teknologi cyber security

23]. Strauss


Kantor pusat : Israel

Strauss adalah perusahaan dengan banyak macam merk makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan snack, sambal saus, selai, kopi, air minum, salad, susu, cokelat, es krim dan masih banyak lagi. Pada tahun 2023 memiliki 15.000 karyawan dan produknya di jual ke 20 negara. 

24]. Inmode

Kantor pusat : Israel

Inmode adalah perusahaan yang menjual produk teknologi dan mesin treatment untuk kecantikan dan estetika. 

25]. Kornit


Kantor pusat : Israel

Kornit adalah perusahaan yang menciptakan mesin untuk membantu industri manufaktur tekstil, pakaian jadi dan garmen dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan banyak buruh padat karya. 

26]. Gilat

Kantor pusat : Israel

Gilat adalah perusahaan yang menciptakan teknologi pemancar internet 4G untuk wilayah tanpa akses internet sebagai alat perpanjangan bagi kapal komersial, pesawat terbang sipil, markas militer dan industri pertambangan yang berada jauh di pedalaman.  

27]. Oddity

Kantor pusat : Israel

Oddity adalah perusahaan kosmetik dan skincare yang mengklaim menemukan sebuah molekul baru yang ajaib untuk kecantikan kulit setelah melakukan perhitungan ribuan kali menggunakan mesin komputer dan AI untuk menemukan bahan baru yang mampu meremajakan kulit nampak seperti awet muda. 

28]. Pagaya Technologies

Kantor pusat : Israel

Pagaya adalah perusahaan teknologi kecerdasan buatan AI untuk ekosistem produk keuangan finansial. 

29]. Valens

Kantor pusat : Israel

Valens adalah perusahaan teknologi produsen chip untuk mobil dan audio video.  

30]. Enlight

Kantor pusat : Israel

Enlight adalah perusahaan energi listrik terbarukan dari pembangkit sinar matahari.  

*********

Dan sesungguhnya masih ada banyak lagi perusahaan Israel. Tetapi cukup sekian dan terima kasih. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post