Lompat ke konten Lompat ke footer

20 negara dengan rata rata orang berpenghasilan tinggi dan terkaya dengan gaji di atas UMR berdasarkan PPP di dunia [ High Income ] ( 2023 )

PDB berdasarkan PPP atau purchasing power parity merupakan salah satu indikator kesuksesan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan finansial dan kualitas standar hidup rakyat.

Ini dapat tercapai atas kerja keras dukungan dari kepemimpinan pemerintah yang menerapkan kebijakan terbaik dan turut didukung oleh berbagai macam faktor seperti SDM, SDA, budaya, teknologi, pendidikan, politik, hukum, BUMN, perusahaan swasta dan lain lain.

Singapura menempati posisi pertama dengan mayoritas orang orang disana mampu meraup pendapatan sebesar $ 133.000 ribu dolar pertahun atau sekitar Rp 2 miliar rupiah.

Pendapatan Singapura berasal dari aktivitas perdagangan perlabuhan kapal, teknologi fintech, perbankan, gaming, aneka macam perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan Singapura juga memiliki sebanyak 40 perusahaan industri raksasa unicorn yang fokus go global. Contoh seperti Grab, Shopee, dll.

Kemudian diperingkat #2 disusul oleh negara Qatar, turun 1 tingkat dari sebelumnya karena telah disalib oleh Singapura.

Pendapatan utama Qatar berasal 80% dari ekspor minyak & gas. Dimana orang orang Qatar mayoritas sanggup menghasilkan pendapatan sebesar $ 114.000 ribu dolar atau sekitar Rp 1,7 miliar rupiah per tahun.

Orang orang Qatar memang benar benar kaya raya. 

Jadi jarang anda menemukan orang Qatar memakai mobil kijang, melainkan mobil yang lebih mahal.

Selanjutnya di peringkat #3 di duduki oleh Switzerland swiss.

Perusahaan seperti Nestle, Roche dan Novartis yang terkenal itu di bidang medis dan farmasi asal Switzerland. Menjadikan mayoritas orang orang di Swiss kaya raya dengan pendapatan per tahun mencapai $ 89.000 ribu dolar atau sekitar Rp 1,3 miliar rupiah per tahun atau sekitar Rp 101.000.000 juta perbulan.

Artinya bahwa banyak orang orang Swiss memiliki kekayaan yang diatas UMR untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari hari. Perusahaan medis dan farmasi tersebut sudah memiliki kualitas terbaik, go global dan memiliki reputasi sebagai salah satu produsen industri yang paling terkenal di dunia. Dengan ini, Swiss dapat menjadi salah satu negara yang kaya raya. Termasuk lahirnya pekerjaan baru di turunan perusahaan tersebut.

Industri di Swiss tentu saja tidak dapat maju sebesar ini tanpa adanya keterlibatan dari upaya pemerintah mereka untuk memajukan sektor farmasi.

Posisi berikutnya yaitu di tempati oleh UEA, Norwegia, Amerika Serikat, dll.

Sayangnya, posisi Uni Eropa sejak perang Ukraina. Dari hari ke hari semakin merosot, terpental ke bawah dan sedang menuju ke negara berpenghasilan menengah sama seperti Indonesia.

Posisi Jepang juga terpental. Di salib oleh Israel dan Korea selatan yang terus bergerak maju ke depan.

Di masa depan, diperkirakan negara berpenghasilan kaya hanya diduduki oleh segelintir 10 daftar negara saja, dengan jumlah yang menciut dan makin marak negara yang tadinya berpenghasilan kaya dan berpenghasilan menengah lalu jatuh miskin atau berpenghasilan upah yang lebih murah ( rendah ) akibat korupsi yang merajalela di kalangan politik dan kesalahan penerapan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah mereka masing masing. Sehingga hampir mustahil untuk naik level. Dan di tahun mendatang akan banyak negara selalu berada terjatuh sebagai bangsa upah murah selamanya.

Menariknya, negara Guyana dengan sekejap menduduki posisi top 11 besar karena pertumbuhan ekonomi meningkat 62% per tahun akibat meningkatkan ekspor kekayaan alam minyak & gas. 

Berikut adalah daftar 20 negara terkaya berdasarkan PPP di tahun 2023. Dengan penghasilan rata rata per tahun Rp 1 miliar rupiah. Sehingga negara ini tergolong berpenghasilan upah tinggi.

1]. Singapura

2]. Qatar

3]. Switzerland Swiss

4]. UEA Uni Emirat Arab

5]. Norwegia

6]. Amerika Serikat

7]. Brunei Darrusalam

8]. Taiwan

9]. Arab Saudi

10]. Australia

11]. Guyana

12]. Bahrain

13]. Uni Eropa

14]. United Kingdom ( Inggris )

15]. Korea Selatan

16]. Israel

17]. Selandia baru

18]. Jepang

19]. Kuwait

20]. Panama. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.