Lompat ke konten Lompat ke footer

Pertama di dunia : IBM Condor Komputer Quantum System Two terkuat dengan kekuatan 1.121 qubit [ ( 2023 )


Tonggak sejarah peradapan ilmu pengetahuan dunia telah tiba, teknologi komputasi dengan kekuatan diatas 1.121 qubit diperkenalkan untuk pertama kali di Amerika Serikat melalui perusahaan IBM ( International Bussiness Machines ). 

Berbagai macam perangkat dibangun, mulai dari chip, refigerator quantum, alat kriogenik, alat elektronik kontrol generasi ke 3, server runtime klasik dan alat lain lain sebagainya untuk menciptakan prossesor Condor yang menjadi inovasi modern.

Condor lebih kuat dan berforma lebih tinggi dibandingkan Ospey dan Eagle pendahulunya dan secara virtual menghilangkan cross talk dan meminimalkan kesalahan perhitungan matematika. 

IBM Quantum System Two

Terletak di markas IBM. Tinggi komputer quantum sekitar 3 meter dan lebar 6 meter. Itu bersifat arsitektur modular sehingga dapat di plug and play guna memudahkan peningkatan skala ke jumlah yang lebih banyak dan sekaligus untuk mewujudkan sirkuit paralel yang menghubungkan jaringan dari super komputer ke komputer quantum sebagai titik pusat sentris dalam alur kerja hybrid.

Memasuki era internet serba cloud computing dan terjadinya peningkatkan transformasi digital di berbagai macam bidang. Quantum System Two bertindak sebagai B2B kepada klien internasional yang membutuhkan percepatan AI, menemukan elemen baru di laboratorium, mengkalkulasi molekul, membantu mencari bahan jenis obat baru untuk menyembuhkan penyakit manusia, melayani layanan data industri, membantu universitas memecahkan soal bilangan yang sulit, memecahkan masalah genetika, mengefesiensi waktu hitung struktur generatif, masalah iklim, analitik, blockchain, enskripsi, memahami simulasi, memahami cara kerja fisika alam semesta, memecahkan kode RSA, meneliti khasiat mendalam sifat asam folat untuk ibu hamil, dan banyak lagi kegunaan komputer quantum sehingga membuka era baru ilmu pengetahuan yang dulu masih sebatas misteri karena rumitnya hitung hitungan matematika.  

Dengan Quantum System Two, kemudahan dalam melakukan proses perhitungan dan penelitian kepada para peneliti atau ilmuwan guna bekerja menjadi lebih cepat dan menghasilkan temuan hasil yang agak akurat untuk mendukung penemuan baru dalam bidang pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia, lingkungan, bakteri dan makhluk hidup virus lainnya.  

Pada beberapa dekade yang lalu. 

Ilmuwan sering dibuat bengong dan nampak seperti mimpi yang terlihat jauh. 

Teknologi super komputer yang ada saat ini belum dapat menghitung bigdata kompleks dan gerakannya begitu lambat hingga para ilmuwan seperti harus menunggu jutaan tahun untuk menyelesaikan perhitungan tersebut. 

Tapi komputer quantum mulai mengubah citra segalanya. 

Dulu terlihat jauh, sekarang terlihat agak dekat. 

Dulu harus nunggu beberapa abad hingga ilmuwan harus mati jadi tengkorak, sekarang kecepatan ibarat seperti kereta cepat whoosh...

Tim IBM mengatakan :

Quantum kini menjadi alat komputasi dan yang paling membuat saya bersemangat adalah kita dapat bergerak lebih maju ke depan untuk memajukan ilmu pengetahuan di bidang bidang komputasi kuantum itu sendiri. Sahutnya. 


Pada tahun 2023. Di Amerika Serikat. Sejauh ini perusahaan yang bergerak di bidang komputer quantum. Jika dilihat dari atas ke bawah. Maka IBM dapat dikatakan sebagai pemimpin, kemudian disusul oleh Alphabet ( Induk Google ). Sedangkan beberapa perusahaan lain bergerak di bidang pembuatan komponen quantum dalam skala startup kecil. 

Beberapa perusahaan lain di AS seperti Microsoft, Qualcomm, Dwave systems, Northrop grumman dan Intel juga terlibat dalam teknologi quantum. Namun mereka belum memiliki kemampuan seperti layaknya IBM dan sebatas perangkat lunak dan hardware kecil yang tidak terintegrasi. 

Pada tahun mendatang. IBM dan Alphabet memiliki peran yang besar dalam mendukung inovasi di bidang komputer quantum. 

Pada tahun 2033. IBM memberikan roadmap peningkatan quantum hingga membangun beberapa unit tambahan. 

Dario gil dari IBM mengatakan :

Kita benar benar berada dalam era di mana komputer kuantum digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi batas batas baru dalam ilmu pengetahuan. Sahutnya. 

Komputer Quantum IBM dapat digunakan oleh klien yang terserah pada anda yang berminat untuk menggunakan teknologi ini untuk mengeksplorasi apa. Ini telah terintegrasi sepenuhnya ke cloud milik IBM dan WatsonX. Gabungan antara super komputer dan komputer quantum sebagai pusatnya.  

Sejauh ini, IBM telah mempatenkan sebanyak 401 paten baru di bidang ilmu teknologi quantum. 

Ingin menggunakan akses layanan komputer quantum. 

Silahkan hubungi : IBM.com atau di Quantum.ibm.com

Atau berbahasa Indonesia di : ibm.com/id-id/cloud



Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.