Lompat ke konten Lompat ke footer

Pemerintah Israel guyur modal $ 1 miliar dolar atau Rp 15 triliun rupiah untuk perusahaan investasi VC lokal swasta walau sedang perang ( 2024 )


Sudah bukan rahasia lagi jika pemerintah Israel terlibat aktif setiap tahun untuk memberikan suntikan pendanaan modal kepada perusahaan industri swasta dalam negeri, perusahaan startup yang baru memulai bahkan hingga ke perusahaan investasi lokal.  

Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan industri di negeri Yahudi tersebut dan juga menyediakan program akselerasi untuk membantu perusahaan swasta dalam menumbuhkan bisnis industri mereka ke kancah internasional.

Terkhusus untuk perusahaan swasta lokal di ranah kategori investasi. Pemerintah Israel telah menyediakan anggaran tersendiri sebesar $ 1 miliar dolar untuk tahun 2024. 

Ini memang turun dibandingkan pada tahun 2023 karena terjadinya perang sengit melawan Gaza. 

Namun, itu tidak menghentikan niat pemerintah Zionis untuk terus menerus memberikan suntikan modal berupa uang segar.

Artikel kali ini membahas tentang industri perusahaan di ranah investasi.

Diperkirakaan ada sekitar kurang lebih sebanyak 1.200 perusahaan dana modal ventura atau perusahaan institusional investasi yang masih aktif di dunia ini. Turun dari sebelumnya yang berjumlah sekitar 2.000 unit. 

Contoh beberapa perusahaan investasi terbesar berdasarkan marketcap seperti perusahaan Berkshire hathaway yang dikelola oleh Warren buffet asal Amerika Serikat, perusahaan Blackrock, perusahaan Softbank asal Jepang dan masih banyak lagi. 

Tahun 2020 - 2021 merupakan era keemasan sejarah industri investasi dengan rekor penggalangan dana yang besar hingga melebihi triliunan rupiah. Bahkan perusahaan investasi Israel juga pernah ikut dalam pesta. 

Namun, situasi pada tahun 2023 mulai berubah secara drastis, dimana perkembangan situs website semacam Gotrade, Etoro.com dan dari pihak lainnya semakin tumbuh akrab di hati masyarakat yang dapat memberikan kemudahan kepada investor ritel perorangan untuk berinvestasi seorang diri di berbagai macam instrument investasi. 

Mulai dari aset saham, startup, ICO crypto, ETF hingga obligasi surat utang berharga negara. 

Itu menyebabkan berbondong bondong jutaan investor ritel beralih untuk berinvestasi menjadi single fighter investor & trader. Tanpa harus lagi ikut keterlibatan pihak perusahaan investasi lain. Selain itu keuntungan yang diraih oleh investor ritel semakin besar tanpa potongan persentase lagi.

Akibatnya makin banyak perusahaan investasi satu per satu anjlok dan gulung tikar karena minimnya keuntungan pendapatan. Sekarang, perusahaan investasi dapat mengandalkan tabungan finansial mereka yang tersisa untuk tetap bertahan dan berusaha untuk menumbuhkannya semaksimal mungkin dengan dana modal yang tersedia. 

Dari hari ke hari, di ranah internasional. Persaingan perusahaan investasi semakin ketat, saling menjatuhkan bahkan rela melakukan predator pricing dengan harga serendah rendahnya asal tetap untung. Jelas dengan cara ini, perusahaan investasi yang kehabisan dana bakal mengalami KO lalu berakhir kolaps.

Pemerintah Israel bersama institusional terkait dana modal ventura swasta lokal telah sejak lama bekerjasama menghadapi problem ini dengan meningkatkan pengaruh dan menjaga stabilitas. 

Tujuan pendanaan yang diberikan oleh pemerintah Israel sebagai cara atau teknik meningkatkan porsi modal perusahaan investasi lokal bersaing dikancah global yang panas. 

Anggaran tahun 2024 dari APBN pemerintah Israel sebesar $ 1 miliar dolar atau sekitar Rp 15 triliun rupiah. Diberikan secara gratis tanpa bunga kepada bermacam macam perusahaan perusahaan investasi lokal swasta di dalam negeri Israel.

Seleksi perusahaan dipilih dengan hati hati. Nantinya dana ini terserah mau digunakan untuk apa tanpa intervensi pemerintah Israel melainkan mereka bertindak mandiri masing masing. 

Apakah nanti dana modal ini digunakan untuk akuisisi perusahaan asing, akuisisi perusahaan lokal, meningkatkan kepemilikan saham di luar negeri, saham di dalam negeri, menambah karyawan baru atau digunakan untuk R&D. Terserah masing masing pihak. 

Asalkan semua perusahaan memastikan diri mampu meraih keuntungan finansial di kancah global lalu membayar pajak ke pemerintah Israel sebesar 7,5% per tahun. 

Melalui otoritas inovasi Israel dibawah kementerian keuangan siap mendanai semua komitmen ini dari pendapatan pajak APBN kemudian diputar lagi sehingga menjadi faktor kali ganda yang meningkatkan finansial ekonomi bersama secara berkelanjutan dan saling membutuhkan dengan cara memadukan 2 kekuatan utama antara perusahaan swasta dalam negeri dan pemerintah Israel demi mencapai hasil perekonomian yang lebih besar tanpa perlu ketergantungan dari pihak modal asing.

Menurut perhitungan pemerintah Israel. Pada tahun mendatang investasi $ 1 miliar yang bersumber dari pajak ini melalui perusahaan investasi lokal swasta segera meningkat menjadi $ 3 miliar akibat faktor kali. Jika keuntungan deviden, exit, capital gain sukses diraih sesuai harapan. Walaupun itu tidak mudah dan tidak menentu. 


Bezalel Smotrich, menteri keuangan Israel mengatakan :

Tantangan keamanan Israel menuntut fokus anggaran dari kami, namun kami bertekad untuk berinvestasi pada mesin pertumbuhan. Sektor teknologi tinggi Israel adalah mesin penggerak perekonomian utama dan kami terus aktif memberikan dorongan yang dibutuhkan saat ini.

Program yang kami luncurkan memungkinkan pendanaan langsung kepada perusahaan perusahaan teknologi muda dengan jangka waktu yang pendek dan juga memberikan suntikan yang jauh lebih besar yaitu sekitar satu miliar dolar ke dana modal ventura Israel dengan menawarkan insentif kepada entitas institusional swasta. 

Semua langkah ini akan memfasilitasi perluasan ketersediaan modal pada sektor ini dan memperkuat stabilitasnya dengan meningkatkan bobot modal lokal mereka. 

Selain itu, kami berupaya mendiversifikasi sektor teknologi dengan memberikan dukungan langsung kepada startup yang merusak. Sahutnya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.