Lompat ke konten Lompat ke footer

6 industri Israel ini tumpang tindih, mendesak wajib M&A agar lebih sat set sut ( 2024 )

Memiliki perusahaan yang mampu bergerak cepat, lincah dan selalu profit merupakan idaman investor.

Sekaligus juga menjadi dambaan pemerintah karena setiap tahun berbagai macam industri perusahaan besar maupun kecil di Israel dengan rutin displin menyetorkan pajak laba penghasilan sebesar 7,5% ke negara Zionis tersebut untuk meningkatkan pundi pundi anggaran APBN, SWF + CADEV. 

Apalagi jenis kategori perusahaan industri yang mampu melakukan skala penjualan ekspor produk secara besar besar ke luar negeri, merupakan idaman. Karena tentu saja pajak penghasilan pertahun yang disetor ke kas penerimaan negara Israel dapat meningkatkan ekonomi. 

Di Israel, negara berpenduduk populasi 9,7 juta jiwa ini terdapat sekitar 4.000 perusahaan swasta lokal, 500 perusahaan raksasa lokal yang terdaftar di bursa saham TASE, 430 perusahaan asing internasional dan sebanyak 512.000 ribu UKM ( SME ). 

Tetapi persaingan global menuntut kecepatan tinggi, salah sedikit saja maka dapat mengerus pendapatan yang berakhir dengan kebangkrutan. Oleh sebab itu, semua perusahaan di Israel dituntut untuk berpikir jangka panjang, inovatif, gesit, unggul, efektif dan bekerja secara lebih efesien. 

Masalahnya, ada sekitar 5 industri di Israel yang kedapatan mengalami tumpang tindih & punya produk yang hampir sama satu dengan lainnya. Apabila keadaan ini terus dilanjutkan maka menyebabkan pemborosan dan juga kerusakan lingkungan. 

Langkah terbaik yaitu melakukan M&A. Ini adalah cara efektif memerangi masalah perang harga yang justru merugikan kedua belah pihak untuk kembali bersama sama mengintegrasikan atau menyatukan produk menjadi lebih baik lagi, mampu mengurangi biaya operasional, mengurangi infrastruktur pabrik & kantor, mengurangi biaya energi listrik, mengurangi karyawan dan mengurangi penggunaan air.

Pada akhirnya menjadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya untuk melawan tantangan luar negeri dan mendapatkan manfaat dari keseluruhannya. Sehingga menghasilkan keunggulan yang sat set sat.

Berikut adalah 6 industri Israel ini tumpang tindih, mendesak wajib M&A agar lebih sat set sut ( 2024 )

1]. Israel Aerospace Industries, Elbit System + Rafael Advanced Defense System

Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan persenjataan. Ketiga tiga perusahaan diketahui sama sama memproduksi rudal, drone, bom dan aneka senjata lainnya. Alangkah baiknya apabila Elbit System melakukan akuisisi terhadap Rafael Advanced Defense System dan IAI. Agar bertujuan pabrik hanya mengerjakan 1 jenis senjata untuk setiap kategorinya, tidak perlu lagi membuat 2-3 jenis senjata beda merk tapi tujuannya sebenarnya sama. Sehingga mengatasi inefisiensi terhadap penggunaan energi di pabrik menjadi lebih hemat. Tidak perlu lagi harus punya 3 pabrik, cukup 1 pabrik sudah dapat menghandle semuanya. Sekaligus menghemat space lahan juga. 

Apabila ke 3 perusahaan teknologi militer asal Israel ini bergabung maka dapat membentuk nilai revenue sebesar $ 11 miliar per tahun atau menjadi perusahaan senjata terkaya peringkat # 14 dunia. Dibawah bayang bayang Airbus.com

2]. Solar Edge + Appollo power

Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan panel surya photovoltaic, inverter dc dan alat charger. Alangkah baiknya jika Appollo power mengakuisisi Solar edge. 

3]. Camtek + Novameasuring 

Perusahaan ini bergerak di bidang solusi metrologi dimensi & material untuk kontrol proses manufaktur semikonduktor hingga ukuran terkecil 3 nanometer.  Alangkah baiknya jika Novameasuring mengakuisisi Camtek. 

4]. Bank Hapoalim, Bank Bank Leumi, Bank Mizrahi, Bank Discount, Bank FIBI, + Bank Onezero. 

Perusahaan ini bergerak di bidang perbankan. Mayoritas punya bisnis yang hampir mirip. Alangkah baiknya jika Bank One Zero mengakuisisi jenis bank yang bergerak di bisnis kelas atas atau korporasi yang memfokuskan deposito aset uang besar. Sedangkan Bank Hapoalim berserta Bank Leumi dapat saling berbicara tentang merger dan mengakusisi Bank kecil di Israel yang bergerak dibidang pemberi pinjaman kepada rakyat kecil, pemberiaan bunga kredit untuk properti untuk diintegrasikan ke dalam bisnis perbankan bersama, sehingga Israel memiliki 2 jenis perbankan yang menyasar ke segmen berbeda tanpa harus memiliki banyak merk bank. Di Israel dengan populasi 9,7 juta orang. Pakai 2 bank saja sudah lebih dari cukup dan 1 bank cryptoccurency.  

5]. Energix + Enlight + Ellomay

Perusahaan ini bergerak di bidang yang mengkhususkan diri dalam produksi listrik energi terbarukan di bidang fotovoltaik dan tenaga angin. Alangkah baiknya jika Energix + Enlight + Ellomay saling melakukan merger.


6]. Taboola, Outbrain dan Bidvertiser

Ini bergerak di bidang periklanan internet. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.