Lompat ke konten Lompat ke footer

Dampak openAI Sora : Dari ide pikiran menjadi text menjadi video automatic pada peradapan manusia di zaman now ( 2024 )


Selamat datang di keajaiban dunia. 

Selamat datang di masa depan adalah sekarang. 

Nah, jika pada beberapa tahun yang lalu, perusahaan OpenAI telah unboxing ChatGPT. 

Kali ini perkenalkan SORA. 

Sora adalah AI yang dapat menciptakan film dan video yang nampak seperti realistis dan imajinatif tapi bohongan. Dan semua proses pembuatannya hanya dilakukan melalui perintah instruksi teks dengan kecepatan tinggi sambil mengurangi waktu editing menjadi lebih cepat. 

Contoh cuplikan video dapat teman teman saksikan dibawah ini. 

Satu hal yang pengen disampaikan, bahwa seluruh pemprosesan video dan film berdurasi 10 menit ini dikerjakan oleh AI.

Dan seluruh karakter seperti hewan, manusia, pemandangan alam, burung enggang kalimantan, kucing, anjing, serigala, pesawat, salju, lilin, mobil, anime, ikan, kura kura dan bahkan astronot. Mereka tidak pernah ada, tidak pernah eksis.

Itu murni diciptakan oleh kekuatan AI. 


Membuat video dan film pada zaman sekarang memiliki banyak sekali kelemahan dan bayaran juga lumayan mahal untuk setiap harga permenitnya. 

Seorang editor wedding organizer ( WO ) di acara pernikahan membutuhkan waktu 15 jam untuk mengedit, membuat dan memproses 1 video yang indah dan menawan. 

Pasca produksi pengeditan, efek visual, menglowing warna cerah di video dan aneka banyak aktivitas lainnya. 

Membuat 1 film Hollywood profesional, kira kira membutuhkan 1.000 orang kru. Terdiri dari operator kamera, artis ( aktor selebritis ),  teknisi pencahayaan, penulis script, editing, best boy grip, asisten kameramen, pembuat animasi, penata green screen background, sopir, penata rias, pembuat custom pakaian, pelatih penari, staff karyawan studio, musisi, office boy, cleaning services dan banyak lagi. 

Namun melalui AI Sora. Anda tidak lagi butuh hal seperti itu. 

Sora mampu mengotomatiskan pemprosesan yang membosankan tersebut sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan dalam editing dalam waktu lama tidak lagi dibutuhkan. 

Yang dibutuhkan sekarang adalah imajinasi. 

Artificial Intelligence Sora mempunyai kemampuan membangun video & film yang kompleks  dengan tingkatan yang detail dan akurat. 

Sora memahami permintaan pengguna dalam prompt dan menghubungkannya ke mesin pembelajaran di dunia fisik untuk menghasilkan karakter, gerakan tertentu, latar belakang dan detail subjek sesuai permintaan masukan dari keinginan teman teman ketika ingin mengeditnya atau menambah masukan perintah berbasis teks menjadi video. 

Selain itu, Sora juga mampu mengambil cuplikan bebas lisensi dari aneka video & film lainnya yang bertaburan di jagat internet. Untuk menambah, mengurangi dan memodifikasinya menjadi film keren atau membuat sesuatu video & film yang menjadi benar benar baru yang belum pernah ada di internet. 

Seolah olah, keunggulan AI SORA memang mampu menciptakan segalanya di layar screen video & film. Bahkan Sora mampu membuat lumba lumba bisa naik sepeda. Benar benar aneh ya. 

Tak terbayangkan. 

Artis Hollywood masa depan diganti ambil alih dengan artis lumba lumba buatan ciptaan AI. 

Foto : Cuplikan plot video buatan AI SORA

Isabella caminoto mengatakan : 

Kemajuan pesat tool OpenAI Sora, diperkirakan memberikan dampak besar pada industri Hollywood dan sekitarnya, berpotensi mengakibatkan hilangnya lebih dari 200.000 pekerjaan dan berdampak pada berbagai sektor entertainment dan media digital. Sahutnya. 

Foto : Cuplikan plot video menampilkan artis seorang manusia astronot. Upss..., jangan pernah mengira orang ini pernah hidup di bumi. Ini adalah manusia palsu buatan ciptaan AI. 

Jadi ucapkan selamat tinggal Hollywood. 

Namun jangan kwatir kok.

Sora dapat memunculkan jenis pekerjaan kreatif baru untuk membantu sutradara profesional yaitu sebagai asisten tukang mikir, asisten tukang khayal, tukang mimpi dan tukang imajinasi.

Walaupun sebenarnya AI juga dapat melakukan tugas sederhana tersebut. 

Saya duga, kelak di masa depan. AI SORA juga dapat menjadi salah satu sutradara sinetron terbaik di dunia dan sekaligus jadi aktor terbaik di dunia.

He he..., 

Jadi, yang dibutuhkan sekarang adalah imajinasi dan mengintegrasikan AI dengan manusia ( sutradara ) untuk menghasilkan lebih banyak inovasi di dalam dunia industri film. 

Dampak openAI Sora tentu membawa banyak hal positif bagi peradapan manusia. Seperti membantu dosen membuat video pembelajaran untuk mahasiswa/i dengan cara yang lebih dimengerti, membangun video tutorial dengan lebih cepat, membantu kreator Youtube menghiasi kontennya dengan pernak pernik animasi dan mengurangi beban biaya ongkos untuk pembuatan film. 

Sisi negatifnya, orang orang jahat yang tidak beretika dapat menggunakan AI Sora untuk membuat video hoax palsu dan menyesatkan banyak orang ( manipulasi ). 

Oleh sebab itu, tim perusahaan OpenAI telah menyediakan perangkat pencegah yang disebut 'teknologi C2PA'. Dimana nanti setiap produksi yang dihasilkan oleh SORA memiliki hak metatag ownership rights dibelakang door video & film. 

Jadi pihak lain menggunakan software khusus dapat mengetahui informasi seperti tanggal pembuatan & hak cipta dibuat oleh AI SORA. Demi memudahkan apakah konten video & film dibuat oleh AI atau bukan.  

Berhubung AI Sora perlu dikasih makan energi listrik per wattnya dalam komputasi di server. 

Jadi SORA tidak gratis. 

Ada harga yang harus anda bayar untuk menggunakan jasa AI Sora dalam membuat video & film. 

Jadi, jika Anda ingin menggunakan layanan AI Sora untuk membuat karya seni film & video baru yang memukau penonton, pastikan punya duit tebal untuk bayar tagihan listriknya, karena SORA AI menolak dibayar pakai CINTA.

SORA AI hanya menerima bentuk 'transfer duit' untuk durasi layanan short time, semenit, sejam atau semalam. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.