Lompat ke konten Lompat ke footer

8 negara paling bahagia di dunia ( 2024 )

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa sebuah negara dapat dikategorikan dengan indikator 'bahagia'. 

Itu antara lain dipicu oleh kesejahteraan rakyat, kekayaan, umur panjang, warga yang saling menghargai kebebasan demokrasi, kebersihan, pemandangan alam yang indah tanpa sampah, suhu udara yang sejuk, sumber daya alam yang melimpah, teknologi mutakhir, industri maju, pemerintahan yang bertanggung jawab, polusi asap karbon dioksida yang rendah, listrik murah, koleksi saham pribadi yang banyak, makanan bergizi yang murah tidak mahal, infrastruktur maju, layanan pemerintah yang cepat, tabungan deposito / obligasi yang banyak, kemurahan hati masyarakat umum, gaji bulanan yang tinggi, tingkat kejahatan kriminal rendah, keamanan security tanpa intervensi asing, memiliki pendidikan universitas unggul dan masih banyak lagi. 

Jadi faktanya adalah bahagia tidak sesederhana lagu bahagia itu sederhana. Walaupun sederhana masih bisa membuat orang bahagia. 

Kesimpulannya yaitu bahwa tidak mungkin ada orang miskin dapat dikategorikan bahagia ( 0% ).

Tetapi tidak mutlak juga bahwa orang kaya disebut bahagia. 

Namun setidaknya orang kaya masih punya harapan untuk menuju ke level bahagia ke arah jalur yang benar. Dibandingkan orang kurang beruntung ( miskin ) ( maaf ) itu hampir mustahil orang miskin disebut bahagia dan orang yang sedang sakit terkena infeksi virus/bakteri atau menderita suatu penyakit kronis. Juga tidak mungkin disebut bahagia. Alias 0%. 

Jadi, jika ada orang dengan status miskin, tumpukan utang pinjol banyak dan menderita sakit tapi mengaku 'BAHAGIA'. Orang tersebut sebenarnya sedang bercanda menghibur hati yang lesu dan kehilangan semangat.

Namun tidak ada salahnya juga menyembunyikan kesedihan dengan pura pura bercanda seolah olah bahagia tapi fake. 

Jangan kalah dengan orang gila di RSJ yang tiap hari masih bisa tersenyum sendiri. 

Karena diluaran sana ada miliaran orang yang tidak berstatus gila tapi keadaan jiwanya sulit tersenyum dan benar benar patah semangatnya. 

Nah, buat teman teman yang saat ini tidak bahagia, patah semangat, kehilangan jiwa dan sedang menghadapi banyak permasalahan. Saya doakan kelak semoga keluar dari ketidakbahagiaan menuju kebahagian sejati ya. 

Karena dibalik permasalahan hidup, problem hidup dan kesulitan hidup, pasti ada kesulitan lainnya yang sedang menanti dan patut untuk dicoba. 

Himnaeseyo pogihaji maseyo

Tetap semangat dan tetap kuat ya ;-) 

8 negara paling bahagia di dunia ( 2024 ) 

Setelah menunggu selama 4 tahun.

Laporan penyajian update data berdasarkan tingkat laporan kebahagiaan dengan menganalisis lebih dari 140 negara. Para peneliti telah mendapatkan pembaharuan komprehensif tentang 'happinest'.  

Memantau mana negara dengan mayoritas orang orang bahagia dan negara yang orang orangnya tidak bahagia. 

Negara paling bahagia. Secara fakta tak terbantahkan memang didominasi oleh orang orang dengan mayoritas gaji bulanan yang tinggi diberikan oleh pemerintah dan gaji swasta UMR dengan pendapatan yang juga tinggi & setara, tidak terlalu jomblang satu dengan lainnya. Bahasa keren ekonominya disebut ( PDP Per Capita ).

Islandia adalah negara paling bahagia peringkat #1 di dunia. Islandia bukan bagian dari kesatuan negara Uni Eropa. Ini terpisah dari benua biru dekat dengan es tapi kaya SDA yang mereka kelola dengan baik. 

Israel menduduki peringkat #2 sebagai negara paling bahagia, karena Israel memiliki teknologi maju, sistem pertanian unggul yang serba berteknologi canggih dan ilmu medis kesehatan yang mumpuni. 

Selain itu, pemerintah Israel juga memberikan gaji diatas UMR untuk semua guru, dosen, tentara, perawat, dokter negeri, polisi, ilmuwan peneliti dan pegawai ASNnya. 

Di Israel, sulit seseorang dapat menemukan ada guru di bayar gaji rendah dibawah UMR. 

Posisi peringkat #3 sebagai negara bahagia diduduki oleh Norwegia. 

Norwegia adalah negara kaya sumber daya alam. Orang orang disana bijak mengelola alamnya, bijak mengelola hutan, mengelola mineral, mengelola gas, dll sebagainya.  Bahkan ada julukan. Anak anak yang lahir di Norwegia sudah ditakdirkan menjadi 'sultan'. Tapi jangan salah paham, meskipun orang orang di Norwegia secara otomatis menjadi kaya sejak lahir. Pada usia dewasa mereka suka tidak suka harus membayar pajak yang tinggi ke pemerintah hingga 40% ke atas. Namun pemerintahan Norwegia tahu bagaimana caranya mengelola uang pajak itu dengan bijak dan sedikit adil untuk menciptakan kebahagian komunal suatu bangsanya. 

Kalau dinegara lain sih, pajak tinggi buat bagi bagi uang APBN untuk biaya lifestyle kroni kroni partai politik elitnya dan untuk jajaran petinggi pejabat kleptokrasi beli motor Harley, beli ratusan hektar tanah pribadi buat geser tanah milik rakyat petani dan beli istana rumah mewah seharga $ 1.000.000 juta dolar untuk keperluaan pribadi bukan untuk rakyatnya. Jadi kebalik. he he...,  

Negara buncit paling tidak bahagia dengan kumpulan orang orang yang mengalami sakit mental akibat tekanan hidup yang stress terdiri dari Ukraina, Estawini, India, Kuwait, Lebanon, Turkiye, Afghanistan, Zimbabwe, Ethiophia, Bangladesh, Venezuela, Libya, Yaman, Pakistan, Azerbaijan, Armenia, Pantai gading, Kenya, Nigeria, Kongo, Haiti, Tanzania, dll. 

Berikut peringkat 8 negara paling bahagia di dunia. 

1]. Islandia

2]. Israel

3]. Norwegia

4]. Switzerland

5]. Selandia Baru

6]. Australia

7]. Kanada

8]. Amerika Serikat 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.