Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Lahat, rudal penghancur serangan musuh jarak dekat 10 km ( 2024 )

Youtube : Rudal Lahat buatan Israel

Rudal Lahat bukan hanya sekedar senjata alustista yang mematikan dengan akurasi tinggi. 

Rudal Lahat salah satu senjata yang dimiliki oleh IDF telah menjadi simbol mercusuar dalam penjaga keselamatan, kekuatan, keamanan dan perlindungan negara Israel pada hari ini, besok dan masa depan dari serangan terorist yang menghancurkan. 

Pertama kali di produksi oleh perusahaan plat merah IAI Israel Aerospace Industries sejak tahun 1999 hingga saat ini. 

Lahat merupakan singkatan dari nama LAser Homing ATtack.

Berpemandu laser ( non-GPS ), berukuran ringkas, mungil dan ringan 13 kilogram.  

Rudal ini dapat dibawa oleh berbagai macam jenis platform militer. Seperti pesawat drone, pesawat tempur, helikopter, kapal perang, kapal patroli, tank Merkava hingga mobil tempur. 

Karena ukuran bobotnya yang ringan. 

Maka 1 unit helikopter dapat memuat hingga sebanyak 16 rudal Lahat. 

Bahkan Tank Merkava dapat menggunakan rudal Lahat sama seperti perlakuan proyektil lainnya yang ditembakkan melalui moncong meriam smoothbore imisystems. 

Lahat menggunakan mode 'lock laser on after launch'. Tidak menggunakan navigation GPS ( Global positioning system ).

Artinya kunci bidik target musuh terlebih dahulu harus menggunakan sinar laser melalui alat laser designator sebelum diluncurkan atau ditembakkan.

Lahat mampu menyerang musuh dalam keadaan diam maupun musuh yang bergerak.

Asalkan bimbingan penyinaran cahaya laser harus selalu tepat dan terjaga menyentuh saat sasaran musuh bergerak dan saat rudal diluncurkan dalam waktu bersamaan. 

Untuk mencapai jarak musuh yang berada di 10 km.

Lintasan peluncuran rudal Lahat hanya membutuhkan waktu 60 detik atau sekitar 1 menit mengenai sasaran target hingga sampai boom meledak. Kemampuan ledakan Lahat sanggup menghancurkan baju armor tank dan merobek behel tank musuh.

Penembakan rudal Lahat mengikuti bimbingan penandaan yang diaktifkan oleh pasukan khusus di garis depan, intelijen mata mata atau menggunakan drone pengintai sebagai pengunci 'laser locked'. 

Israel Lahat, rudal penghancur serangan musuh jarak dekat 10 km ( 2024 )

Lahat didesain khusus sebagai rudal penghancur serangan musuh jarak dekat 10 km di darat dan di laut ( air, sea or surface to surface ).

Lahat tidak dapat dan tidak didesain menembak objek terbang. Seperti drone, helikopter dan pesawat tempur. 

1 unit rudal Lahat berkisar sekitar $ 28.000 ribu dolar atau Rp 434.000.000 juta rupiah atau 1 bijinya setara harga 1 mobil Ford anda. 

Selain Israel, negara dari pemerintah India dan Azerbaijan menjadi pelanggan setia rudal Lahat karena harganya dianggap tidak terlalu menguras isi dompet APBN. 

Tim IAI mengatakan : 

Banyaknya keuntungan dan keserbagunaan. Rudal LAHAT memungkinkan pelanggan kami mengoperasikan sistem persenjataan canggih yang hemat biaya dengan aman dan bijaksana. Sahutnya. 

Nama : rudal Lahat

Berat : 13 kg

Sistem guidance : laser

Produsen : Israel Aerospace Industries

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.