Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Rocx dan Hero : Drone kamikaze pembunuh jenderal komandan dari jarak 10 km berbasis AI otonom ( 2024 )

Perang modern telah mengubah banyak hal. 

Pada peperangan tradisional di zaman dulu kala untuk menyergap, menyerang, melumpuhkan dan membunuh seorang komandan dengan pangkat jenderal kehormatan bintang 4. Sniper dan gerombolan tentara dikerahkan untuk baku tembak secara langsung dari jarak dekat. 

Namun penggunaan drone kamikaze dapat mudah mengubah paradigma dengan cara membunuh komandan dari jarak jauh 10 km tanpa perlu operator drone tatap muka secara langsung.

Drone kamikaze merupakan salah satu bentuk penggunaan teknologi militer berbahaya di zaman now.

Ini memiliki keunggulan menyerang personil musuh dengan menukik cepat ke bawah dan suara begitu senyap hening. Mengunci musuh menggunakan AI sehingga bidikannya hampir presisi, bahkan jikapun meleset, serpihan fragmentasi ledakan tetap melukai orang tersebut dan merusak tanaman sekitarnya hingga radius 5 meter. 


Israel Rocx : Drone kamikaze pembunuh jenderal komandan dari jarak 10 km ( 2024 )

Perusahaan teknologi asal Israel memiliki drone kamikaze atau loitering munition Rocx. 

Rocx dapat diluncurkan dari tangan, mengintai di udara selama 20 menit.  Jika tidak ada target yang dihancurkan. Rock kembali kepada majikannya dengan mengklik tombol 'return to soldier'.

1 orang tentara mampu membawa 1 unit Rocx di tas ranselnya. Lengkap dengan pemancar antena komunikasi dan tablet komputer. Perakitan sayap salibnya berserta perangkat elektronik hanya butuh waktu pemasangan kurang dari 10 menit. 

1 unit Rocx memiliki total berat 7 kg yang terdiri 2 kg hulu ledak. 

Kecepatan terbang 288 km / jam dengan jarak maksimal dari pemancar telekomunikasi hingga sejauh 10 km. 

Intelijen, deteksi, mata mata, navigasi, searching dan pengintaian menggunakan sepenuhnya kamera sensor elektro optik ( EO ). 

Tim IAI mengatakan : 

Sistem ini menjawab kebutuhan medan perang untuk menyediakan unit taktis mulai dari tim tentara kecil hingga batalion dengan kemampuan mandiri untuk meningkatkan daya efek mematikan mereka. Sahutnya. 

Selain Rocx buatan BUMN IAI Israel Aerospace Industries.

Perusahaan teknologi asal Israel Uvision ( anak dari perusahaan Rafael Advanced Defense System ) turut menyediakan produk drone kamikaze serupa tetapi menggunakan peluncur tabung mortil sebagai alat bantu penerbangan pneumatik.

Foto : Drone kamikaze Hero Uvision

Drone kamikaze Hero uvision dirancang untuk konflik perang dalam menentukan jenis pilihan sasaran individu personil yang dianggap sebagai orang pemimpin bernilai value tinggi, lokasi dan sensitif terhadap waktu. Hero dapat membunuh dari jarak 10 km dengan durasi terbang 30 menit. 

Drone kamikaze Hero 100% menggunakan baterei dan mesin propulsi listrik. Sehingga suara begitu hening, tanpa mengeluarkan emisi asap, dapat terbang vertikal hingga ketinggian 500 meter dan teknik penyerangan 100% otonom berbasis AI jika target sudah dilock terlebih dahulu. Tetapi serangan dapat dibatalkan jika berubah pikiran dengan mengklik tombol 'press to abort'. 

Edr dari Israel mengatakan : 

Drone kami didasarkan pada pencocokan gambar. Terbukti mampu mengikuti mobil berwarna putih melintasi gurun. Sahutnya. 

Karena harga perunit drone ini tidak murah. Sekitar Rp 20.000.000 juta rupiah per unit. 

Maka Rocx dan Hero didesain hanya untuk menyerang personil manusia dengan profile bernilai tinggi.

Target dapat meliputi seperti membunuh seorang ilmuwan profesor doktor S3 yang dilindungi oleh bodyguard, membunuh menteri, sniper, kapten, dan tim pasukan khusus berotak pintar yang sulit dilumpuhkan. 

Senjata kamikaze tipe ini tidak cocok untuk membunuh tentara dengan profile rendah, bergaji rendah dan berotak biasa. 

Kalau membunuh tipe tentara biasa menggunakan 'peluru timah panas saja'.

Tapi ingat, walaupun drone ini berharga antara Rp 20.000.000 juta rupiah. Jangan pernah menganggap drone kamikaze ibarat mainan buat anak anak bocil dan juga tidak di jual di Shopee dan Tokopedia buat warga sipil yang suka hobi main drone ya. 

Drone kamikaze adalah mainan ekstrem yang mampu meremukkan, membelah dan menghancurkan tubuh seseorang.  


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.