Lompat ke konten Lompat ke footer

Apa 5 resep rahasia orang Israel ini mampu cetak rekor dunia dirikan perusahaan IT dengan valuasi $ 10 miliar ( Rp 150 triliun ) hanya dalam waktu 3 tahun ( 2024 )

Wiz.io merupakan perusahaan teknologi cyber asal Israel yang didirikan oleh founder Assaf rappaport. 

Ini memiliki 900 karyawan dan diklaim oleh Forbes.com sebagai perusahaan yang telah memecahkan rekor dunia, dimulai dari startup kecil yang baru memulai dari kantor sederhana kemudian menjelma menjadi perusahaan dengan pendapatan tahunan mencapai hingga $ 350.000.000 juta dolar dan valuasi market tembus $ 10 miliar dolar atau sekitar Rp 150 triliun rupiah hanya dalam waktu 3 tahun saja.

Jadi sebenarnya, apa rahasia orang ini sehingga mampu memecahkan rekor dunia. 

Para pengusaha entrepreneur, founder bisnis dan emak emak yang doyan memulai bisnis tentu kepo banget pengen tahu gimana sih resep sukses orang ini. 

Siapa sih yang tidak mau sebagai pemilik owner sebuah perusahaan sukses dan dalam sekejap mampu menghasilkan pundi pundi uang dalam jumlah raksasa hanya dalam waktu singkat. 

Siapa sih yang tidak ingin belajar dari beliau. 

Berikut 5 resep rahasia suplement kesuksesan ala Assaf rappaport : 

1]. Pantau pesaing IT lainnya

Perusahaan bisnis yang dibangun oleh Assaf bergerak di bidang cyber security. Agar dapat sukses, pantau gerak gerik pesaing, pelajari mereka, pastikan lebih unggul dari mereka. Tetapi bersainglah dengan cara yang sehat dan penuh inovasi. 

Pesaing dapat memberikan pemahaman mendalam bahwa produk milik sendiri ada cacat. 

Perbaiki kecacatan tersebut, tambal kesalahan, perbaiki diri, jangan malu untuk meniru pesaing dan belajar juga dari pesaing yang kira kira mengapa mereka lebih unggul dan mengapa penyebab mereka bisa berhasil. Kalau perlu jangan malu juga belajar dari pesaing. 

2]. Miliki tim profesional layaknya seperti saudara akrab 

Mayoritas kehancuran sebuah perusahaan dapat dimulai karena sering cekcok, ribut, kelahi dan berantem adu mulut antar founder yang satu dengan founder yang lainnya atau antar petinggi tim lainnya dan antar karyawan. 

Assaf rappaport memberikan wejangan bahwa perusahaannya tidak pernah mengalami ketegangan kompleks di perusahaan hingga menimbulkan perselisihan internal. 

Walaupun kadang kadang ada goncangan kecil ketika saat masa pandemik Covid. Wiz memang mengakui pernah juga terjadi cekcok mengambil keputusan bisnis saat situasi tegang tidak menentu saat masa Covid itu. Untungnya, semua berakhir dengan baik karena semua orang di Wiz dianggap seperti saudara akrab. 

Tim yang dibentuk di wiz.io layaknya seperti saudara akrab. Walhasil ini membentuk visi, misi dan tujuan yang selaras. Sehingga orang orang bekerja secara profesional layaknya tanpa hambatan penuh dengan dinamika, mau terbuka ide pemikirannya dikritik oleh karyawan level bawah dan terbuka saling menerima ide berdasarkan ketulusan & kebenaran tidak malah mencaci maki atau menghina orang lain.

Beliau mengklaim bahwa untuk berjuang mencapai gol tujuan perusahaan yaitu dengan cara tulus hati berdasarkan kepercayaan dan saling menghargai antar tim. Inilah dasar dari segala awal dasar kesuksesan. Klaimnya. 

3]. Biarkan orang orang kebingungan terlebih dahulu sampai saat orang orang memahaminya

Datanglah pada saat waktu yang tepat. 

Beberapa perusahaan pesaing IT, menciptakan produk terlalu dini disaat orang orang belum siap dan belum mampu memahami kecanggihan teknologi ini. Akhirnya pesaing gagal. Karena khalayak orang banyak di kalangan IT belum terlalu paham.   

Jadi biarkan saja orang orang kebingungan terlebih dahulu sampai orang orang bertanya tanya didalam dirinya untuk memahami problem IT tersebut. 

Sekiranya ketika orang orang mulai terlihat sadar dan mereka sudah mulai siap menerima kenyataan. 

Datanglah pada saat waktu yang tepat. 

Assaf menggambarkan sebuah perumpamaan ibaratkan sebuah produk 'kacamata'. 

Anggaplah ada banyak orang orang di berbagai dunia sedang kebingungan saat mereka kesulitan melihat sebuah angka dan huruf di balik kejauhan menjadi tidak jelas.

Apa angka dan huruf disana, kenapa sulit dilihat dan tidak dapat dipahami. Mereka kemudian bertanya tanya dalam hati, kenapa kita kesulitan melihat angka dan huruf nun jauh disana apa penyebabnya.  

Akhirnya setelah ribuan kali bertanya tanya, mereka paham bahwa kemampuan mata mereka terbatas melihat dari balik kejauhan. Maka dibutuhkanlah produk alat bantu yang disebut 'kacamata'. 

Ketika orang sadar bahwa mereka ternyata mulai paham terhadap kebutuhan akan 'kacamata'. 

Assaf lalu menawarkan jual produk 'kacamata' yang mampu membantu mereka melihat angka dan huruf dari balik kejauhan tersebut dengan jelas tanpa perlu diperjelas kenapa harus beli kacamata. 

4]. Sudah tahu masalah problem ini sejak 20 tahun yang lalu. 

Poin #4 berhubungan dengan poin #3. 

Masalah problem IT ini sebenarnya sudah Assaf ketahui sejak 20 tahun yang lalu. Tetapi orang orang masih belum dapat menerima dan memahaminya. Oleh sebab itu, teknologi ini sengaja disimpan dalam waktu lama dan baru dirilis pada tahun 2021 saat orang orang sudah siap menerimanya. Padahal teknologi wiz.io sudah dipikirkan, disempurnakan dan dikerjakan sejak 20 tahun yang lalu dan waktu 20 tahun itu juga dimanfaatkan untuk belajar sesuatu yang tidak dimengerti sebagai penyempurnaan produk. 

5]. Beristirahatlah dan luangkan waktu berhenti sejenak dari aktivitas rutin perusahaan

Assaf mengatakan : 

Saya rasa anda perlu tahu bagaimana cara istirahat. Entah itu pergi makan malam bersama keluarga. Saya tahu bagaimana caranya untuk berhenti sejenak. Sahutnya. 

Ini juga merupakan bagian dari proses kesuksesan. 

Karena diluaran sana ada banyak orang terlalu sibuk di pekerjaan kantor ( workholic ) sehingga lupa meluangkan waktu untuk berhenti sejenak bersama keluarga, anak, sahabat, orangtua dan kekasih. 

Inilah alasan Assaf lebih memilih untuk meluangkan waktu dengan orang orang terdekat yang ia cintai ternyata dapat menghasilkan kesuksesan. Jadi, jika seseorang terlalu sibuk berlama lama dengan pekerjaan ada kemungkinan justru tidak dapat pernah mengikuti jejak kesuksesan Assaf. 

Jadi jika ada pepatah yang mengatakan 'kerja keras berlama lama di pekerjaan dapat mendatangkan kesuksesan'. 

Maka ini tidak berlaku bagi Assaf. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.