Lompat ke konten Lompat ke footer

Tiru Amerika Serikat, Israel resmi dirikan angkatan bersenjata luar angkasa ( 2024 )

Youtube : Angkatan bersenjata luar angkasa Amerika Serikat

Sejak 76 tahun yang lalu atau 7 dekade. 

Angkatan bersenjata Israel hanya memiliki 3 mantra yaitu angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. 

Angkatan udara Israel didirikan pertama kali tidak lama setelah kemerdekaan dan perang melawan keroyokan negara negara Arab. 

Pemerintah Israel melalui angkatan udara dari zaman dulu memang sudah memikirkan tentang lanskap perang luar angkasa karena pentingnya peranan satelit, radar, komunikasi, navigasi dan benda elektronik lainnya di luar atmoster bumi. Tetapi secara umum, hingga tahun 2024 itu masih berdiri sendiri dengan cabang sendiri yang tidak terarah, tidak terkoordinasi dengan rapi, tidak terkait dan tidak terkonsolidasikan. 

Pentingnya kebutuhan krusial yang diinginkan oleh pemerintah Israel untuk secara jelas memiliki angkatan bersenjata luar angkasa. Terinspirasi dari pembentukan angkatan bersenjata luar angkasa milik Amerika Serikat. 

Sebagai informasi kepada anda. 

Angkatan bersenjata luar angkasa ( space force US ) didirikan pertama kali pada tahun 2019 atas gagasan ide dari kebijakan mantan presiden Donald Trump. Ini memiliki 15.000 tentara dan tenaga kerja dengan seragam yang berbeda. 

Perang antara Rusia VS Ukraina. Mengukuhkan tekad pemerintah Israel bahwa layanan militer di bidang sektor mantra luar angkasa memang mutlak dibutuhkan mengacu dari pembelajaran yang didapat dari space force US. 

Pada perang Ukraina, angkatan antariksa space US memberikan layanan komunikasi integrasi dari luar angkasa kepada tentara Ukraina dan tentara asing NATO non-resmi yang bertempur di medan perang untuk memerangi Rusia. Dan walaupun tidak terlibat langsung, angkatan bersenjata luar angkasa Amerika Serikat menyediakan pencitraan lokasi akurat, penargetan, mata mata dan intelijen menggunakan citra satelit untuk berbagi informasi titik koordinat kepada Himars, rudal dan sistem artileri lainnya untuk menyikat, membakar dan menghancurkan alustista milik tentara Rusia yang berada di kawasan Ukraina.

Ini semua memanfaatkan ruang angkasa dan teknologi pendukung elemennya yang saling terkoordinasi.

Berkaca dari hal apa yang dilakukan dari US SPACE FORCE tersebut. 

Pemerintah Israel pada bulan Maret 2024 secara resmi mendirikan angkatan bersenjata luar angkasa yang fokus menyediakan tentara khusus dan tenaga kerja di domain space antariksa. 

Pemerintah Israel melalui juru bicara tim IDF mengatakan : 

IDF membentuk direktorat angkatan luar angkasa dengan maksud mengkonsolidasikan semua tugas yang berhubungan dengan luar atmosfer. Mengingat persepsi ini didirikan guna memenuhi kebutuhan perang udara yang luas. Sahutnya. 

Lanjutnya : 

Kita memahami bahwa ini adalah dimensi baru medan peperangan. Dan agar kita berhasil kita perlu mempelajarinya dengan seksama. Angkatan udara berpengalaman dalam pertahanan, penyerangan dan operasional. Dan angkatan antariksa berfungsi sebagai jembatan antara negara dan angkatan udara. Sahutnya. 

Angkatan udara memahami bahwa perlu untuk merenung sejenak. Membuka tabir dan melihat lebih jauh ke depan untuk memperluas pertahanan. Sahutnya. 

Youtube : Teknologi luar angkasa Israel

Selama bertahun tahun. Israel memiliki berbagai macam teknologi di bidang luar angkasa. Mulai dari satelit, chipset internet berbasis luar angkasa, perangkat kamera elektro optik mata mata, telemetri, radar, rudal Arrow penghancur satelit hingga peluncur roket shavit.  

Tetapi semuanya berdiri sendiri sendiri. Tidak ada yang menyatukan. 

Oleh sebab itu, dengan kehadiran angkatan bersenjata luar angkasa dapat menyatukan semua sistem dan fungsi tersebut. 

Luar angkasa tampak jauh hingga ribuan kilometer. 

Konsep yang diambil oleh Israel tidak sama dengan konsep milik US SPACE FORCE yang dimana Amerika Serikat fokus meluas melalangbuana jauh hingga ke bulan, mengirim Elon musk ke planet Mars, menjajah planet lainnya, mencari Alien, membakar dan membombardir planet lain.

Pemerintah Israel menyederhanakan dimensi pada intelijen dan memastikan pertahanan luar angkasa hanya berada pada jarak 200 km dari atas wilayah tanah Israel saja. Setiap satelit musuh, rudal nuklir dan rudal balistik musuh yang memasuki wilayah zona angkasa di ketinggian 200 km tanpa otoritas dan tanpa izin. Bakal menjadi ranah angkatan bersenjata luar angkasa Israel. 

Tugas utama fokus yaitu pada pertahanan dan keamanan negara di luar angkasa di jarak 200 km.

Diluar itu, dibiarkan saja. 

Youtube : Teknologi luar angkasa Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.