Lompat ke konten Lompat ke footer

CP group, perusahaan pertanian, peternakan, perbabian dan perudangan terbesar di dunia asal Thailand yang memberi makan 50% penduduk bumi ( 2024 )

Perusahaan CP group didirikan pertama kali di Thailand pada tahun 1921 oleh 2 founder kakak beradik bernama Chia exchor dan chia seow.

Awalnya ini hanya berasal dari toko bibit benih pertanian. 

Lama lama setelah modal mereka berdua terkumpul banyak dari hasil penjualan, kedua kakak beradik ini terus menerus berinvestasi mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar, merekrut karyawan lebih banyak dan pada kemudian hari menjelma sedikit demi sedikit menjadi perusahaan raksasa. 

Pada tahun 2024. Perusahaan CP group yang berkantor pusat di Thailand memiliki 200 anak perusahaan yang tersebar di 21 negara. 

Ini bergerak di banyak bidang. Tak hanya lagi fokus di pertanian, seperti dahulu kala. Namun masuk ke berbagai macam sektor. Mulai dari peternakan, perbabian, perudangan, teknologi, operator komunikasi, jaringan network ritel, restoran, pakan ternak, ecommerce, logistik, infrastruktur pusat data center, petrokimia, properti real estate dan masih banyak lagi. 

Jika diumpamakan.

Perusahaan CP Group asal Thailand ini hampir sama besar atau kebesaran valuasi hampir sejajar dengan perusahaan Intel Corporation.

Hingga saat artikel ini ditulis kepada anda. CP Group belum terdaftar dan belum memutuskan untuk IPO ke bursa saham. Masih nyaman dikelola keuangan oleh keluarga sebagai perusahaan swasta private ( pribadi ). Hanya saja, anak anak perusahaannya yang IPO. 

Charoen pokphand group atau disingkat CP Group memiliki layanan jasa dan produk yang melayani 4.000.000.000 miliar orang di 21 negara dengan memiliki 450.000 karyawan. Anak usaha CP Group turut hadir termasuk di negara Indonesia, anak CP Group bahkan dinobatkan sebagai perusahaan terbesar peringkat #16 di Indonesia. 

Charoen pokphand group menguasai 100% sektor pekerjaan di industri perternakan ayam broiler pedaging dan ayam layer petelur di Thailand.  

Charoen pokphand group juga menguasai 20% sektor pekerjaan di industri perternakan ayam broiler pedaging dan ayam layer petelur di China. Pesaing CP di China yaitu perusahaan peternakan Newhopegroup.com yang memproduksi sebanyak 1,3 miliar ayam pertahun dan memproduksi 8.000.000 juta ekor hewan babi.

Meskipun CP Group memiliki kantor cabang ekspansi ke Amerika Serikat. 

Dominasi penetrasi CP masih belum berhasil menguasai sektor perternakan ayam di AS ( <10% ) Itu karena ketatnya tingkat persaingan melawan perusahaan perunggasan setimpal yang ada di AS. 

Keunggulan produk ayam milik CP Group berharga amat murah dan punya rasa daging ayam yang berukuran besar, tekstur lembut dan enak rasanya sehingga wajar jika diminati oleh hampir separuh 50% penduduk bumi. 

Jika anda saat membaca artikel ini sedang makan paha ayam goreng aduhai, makan udang, makan telur rebus dan makan rendang tapi isinya daging babi. 

Maka ada kemungkinan itu berasal dari milik anak perusahaan CP Group.

Jangan heran apabila ploduk ploduk CP GROUP menguasai hampir separuh populasi dunia.

Selamat menikmati makanan daging dari CP Group ya 

Jangan lupa mencicipi makanan penutup berupa daging babi hasil ternakan CP GROUP yang menggoda tersebut. 

Jangan lupa juga teman teman dapat membeli saham anak usaha dari emiten CP Group yang ada di Indonesia. Yaitu Charoen pokphand. Tapi artikel ini bukan ajakan untuk berinvesatasi ya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.