Lompat ke konten Lompat ke footer

Diary Februari 2024

Saya kembali menulis tentang diary hasil bulan Januari 2024

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya.


Afrid fransisco beli bibit pisang unggul dari PT Hijau Surya Biotechindo

Saya suka makan pisang goreng dan pisang rebus. 

Dulu di kota Palangkaraya. 

Harga 1 pisang goreng = Rp 100 perak. 

Sekarang di tahun 2024. Gara gara inflasi dan kurs rupiah yang terus anjlok memburuk. Membuat harga 1 pisang goreng melambung naik menjadi Rp 2.500 per 1 buah pisang. 

Kini uang sebanyak Rp 10.000 cuma dapat 4 pisang goreng saja. 

Encana

Kelihatannya sekarang tanam pohon pisang sudah dapat saya kategorikan sebagai investasi yang menguntungkan dibandingkan investasi emas & perak. 

Harga pisang goreng juga terbukti melambung tinggi melebihi saham gorengan. 

Jadi untuk mengantisipasi kelak harga pisang goreng mencapai tembus Rp 10.000 per 1 buah pisang. 

Maka saya telah memutuskan dengan tekad kuat untuk memperbanyak koleksi pohon pisang di perkarangan urban farming.

Awalnya saya kurang tertarik membeli bibit unggul pohon pisang dari PT Hijau Surya Biotechindo. Masih mengandalkan pohon pisang kepok lokal khas Palangkaraya. 

Tetapi setelah dipikir pikir, mengingat itu merupakan pisang unggul dari hasil laboratorium kultur jaringan. Maka saya putuskan untuk membelinya di toko online Shopee. 

Jenis pisang yang saya beli yaitu 'pisang unggul barangan merah' dan 'pisang unggul mulyono asal negara Honduras'.

Aku harap semoga pisang ini kelak dapat berbuah lebat. 

Buah pisangnya di goreng

Lalu batang pisang, daun pisang hingga akarnya nanti aku kasih sebagai pakan ternak untuk ayam kampung. 

Pembeliaan bibit pisang ini cuma sekedar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga saja. Pernah kepikir untuk menjualnya ke toko jika panen tiba. Tapi aku pikir pikir lagi, itu tidak layak secara bisnis. Mending di konsumsi sendiri saja bersama keluarga tercinta dan diberikan ke ternak. Karena jika hasil panen pisang dijual sungguh tidak menguntungkan. Yang ada malah ngesubsidi orang lain makan pisang yang dihargai oleh pedagang terlampau murah bahkan malah condong akunya rugi. Artinya bahwa saya yang cape cape sakit pinggang menanam, merawat dan menyiramnya. Malahan orang lain yang menikmati makan pisang dengan tawaran murah tapi saya nya yang malah rugi waktu, tenaga dan modal.  

Jadi aku pikir, mending tanam sendiri untuk di konsumsi sendiri. 

Oh ya, jika tertarik. 

Teman teman juga bisa beli bibit kultur jaringan pisang di Shopee.

Ketik aja di pencarian : PT SURYA HIJAU BIOTECHINDO

Aku harap semoga teman teman dapat panen melimpah buah pisang dengan sukses ya. 

Foto : Bibit pisang unggul ada sertifikatnya

Foto : Bibit pisang unggul di dalam pot kecil sementara untuk beradaptasi di kota Palangkaraya

Foto : Saya membuat lubang ukuran 1,5 meter x 1,5 meter x 1,5 meter ( tinggi, lebar, dalam ). Kemudian memasukkan pupuk kompos, daun cokelat, daun hijau hijauan dan kotoran ayam kampung yang sudah kering.

Foto : Anak pisang unggul sudah di tanam dengan dibentengi dan diberi atap agar tidak kepanasan akibat cahaya matahari terik. Tetapi jika sudah sanggup beradaptasi, atap dilepas. 

Beberapa 33 petikan dan pembaharuan pelajaran ayam : 

1]. Anak ayam yang baru menetas dari mesin tetas tidak tahan berada di kandang intensive care selama lebih dari 1,5 bulan dengan pencahayaan lampu buatan. Mulai dipindah ke kandang baru yang terkena hempasan cahaya matahari tapi bukan cahaya matahari langsung. Sinar matahari baik untuk kesehatan ayam, memperkuat cengkraman tulang ayam dan menumbuhkan bulu lebih lebat. 

2]. POC VITERNA bagus diberikan kepada anak ayam hingga umur 2 bulan. 

3]. Cukup gunakan Viterna, Vitachick + EM4 sudah lebih dari cukup tanpa perlu tambahan lain. Viterna + Vitachick + EM4 diberikan pada usia 1 hari - 1,5 bulan untuk anakan doc ayam tetapi dosisnya jangan banyak banyak hingga terlihat kekuningan nanti anak ayam bisa sakit diare. Lalu air tersebut harus diganti maksimal 3 hari, jangan sampai 4 hari. Kemudian untuk ayam usia 2 bulan - 2,5 tahun, air minum cukup diberikan EM4 saja tanpa tambahan apapun sudah lebih dari cukup. Takarannya 1 tutup botol EM4 bisa untuk 3 botol air minum besar.  

4]. Waktu teropong telur yang terbaik adalah pada hari ke 6, karena sel sperma kehidupan dapat mudah terlihat. Pada hari ke 4 agak sulit menentukan apakah fertil atau nonfertil. Jadi hari ke 6 merupakan hari paling bagus. Dan telur nonfertil yang ideal untuk dikomsumsi jangan lebih dari 10 hari karena rasanya sudah tidak enak, berbau busuk dan beraroma anyer. Sedangkan batas ideal konsumsi telur ayam kampung per hari adalah 3 butir saja, jangan lebih dari itu. Lalu untuk telur fertil yang mati ditengah jalan pada usia 10 hari, 15 hari, 20 hari, dst. Jangan dikomsumsi telur busuk yang gagal menetas atau mati di mesin tetas. jadi difermentasikan saja lalu diberikan kembali ke campuran pakan induk ayam.

5]. Afrid jangan lakukan lagi kesalahan menjemur anak ayam doc usia kurang dari 1,5 bulan di bawah sinar matahari, karena bisa mati hanya dalam waktu 12 menit saja semua anak anakan mati dan juga jika ada yang selamat keesokan harinya mati karena masuk angin. Biarkan anak ayam selama usia 1 hari - 1,5 bulan berada di kandang intensive care, full 100% cahaya lampu buatan.     

6]. Anak ayam usia 1,5 - 2,5 bulan tetap wajib diberikan 100% full pabrikan BR1 dan tetap berada di dalam kandang tapi sudah tidak perlu lagi pakai lampu. Karena ini memang sudah tak dapat ditawar tawar. Pernah suatu ketika saya mencoba mengganti dengan pakan alternatif, hasilnya malah anak ayam banyak yang mati, tubuh kerdil, ayam jadi kuntet dan mudah terserang penyakit snot akibat kekebalan tubuh yang rendah karena malnutrisi. Jadi Afrid jangan lagi ulangi kesalahan ini. Pemberian pakan BR1 memang mutlak untuk usia 1 hari - 2,5 bulan. Baru kemudian setelah itu dapat dilepas dari kandang secara umbaran dan makan makanan pakan fermentasi alternatif. 

7]. Batang pisang hingga ke akar akarnya, singkong, daun singkong, rumput hijau, tanaman air kiambang, rumput sungai, daun pepaya hingga batangnya, akar sawi, tanaman daun kemangi, daun paria & azolla. Merupakan pakan hijauan yang ideal di tanam di pekarangan rumah untuk sumber pakan tambahan ayam. 

8]. Bola lampu untuk mesin tetas ideal yaitu yang mengandung kata HYPE dan berwarna kuning pijar. Sedangkan HYPE tidak baik untuk pencahayaan di kandang karena boros listrik dan mempercepat kerusakan kabel, gunakan lampu pijar biasa tanpa panas HYPE. Bukan lampu berwarna putih.   

9]. Secara bisnis. Jenis ayam kampung asli dan ayam kampung bangkok tidak cocok dan tidak menguntungkan untuk dipelihara. Oleh sebab itu, aku harus melakukan kawin persilangan semua jenis ayam ayam di kandang dengan ayam unggul KUB2 menjadi varian BANGKUB3. Lalu memusnahkan semua jenis ayam kampung asli dan ayam kampung bangkok menjadi varian genetik baru BANGKUB3. 

10]. Ternyata ayam kampung bangkok memang punya bulu robek robek. Itu bukan masalah tetapi memang asli genetiknya. Saya kira sakit, tapi ternyata bukan ya. Saya cuma baru tahu saja.

11]. Di kandangku ternyata ideal hanya dapat muat menampung 300 ekor ayam kampung saja jika saya hitung hitung sesuai standar SOP ukuran luas peternakan sebesar 21 meter x 20 meter. Lebih dari populasi itu maka berbahaya mudah terserang penyakit akibat penumpukan kotoran amoniak dengan cepat tidak sebanding dengan laju pengurai / pengomposan. Oleh sebab itu, aku harus berhenti di angka populasi maksimal 300 ekor demi memastikan kesehatan seluruh ayam dari wabah penyakit aratan oleh virus & bakteri yang berbahaya. 

12]. Tunda dulu buat kandang ayam baru, fokuskan saja dengan kandang lama dan biarkan ayam hidup dalam semi umbaran di sekitar dalaman pagar tembok. 

13]. Banjir masih menerjang. Jadi konsep kandang terbaik untuk peternakan Afrid yaitu tetap kandang panggung. Tapi cuma untuk anakannya saja hingga usia 2,5 bulan. Karena kalau pakai kandang beralaskan tanah maka yang terjadi yaitu tenggelam oleh air.

14]. Rata rata ayam bangkok bertelur hingga 8 butir, sedangkan ayam kampung asli bisa sampai 14 - 16 butir telur. 1 ekor ayam kampung asli dapat bertelur 4 kali dalam 1 tahun menghasilkan antara 56 butir per tahun. Rata rata yang bisa wajar menetas 30% - 40% untuk kasus saya. Artinya apabila dari 100 telur yang dapat menetas hanya antara 30 - 40 saja yang berhasil. ( Tidak termasuk ayam unggul KUB2, karena itu beda jenis ayamnya hasil dari pemuliaan breeding Balitnak ).

15]. Fokus kedepan menghasilkan jenis bibit genetik BANGKUB3 yang tidak dapat terbang tinggi meloncat tembok, tidak tidur di atas pohon, bertubuh besar seperti bangkok, bertelur banyak seperti KUB2, tumbuh cepat 5 bulan 1 kg seperti KUB2 betina, tidak suka temperamen main kasar seperti bangkok melainkan mencari genetik yang agak bersifak jinak seperti KUB2, mencari genetik berbadan tubuh merah seperti bangkok dan mencari keturunan genetik yang berkembang biak secepat KUB2, cocok untuk skala bisnis bukan sekedar hobi dan berperilaku sedikit mengherem seperti KUB2. 'genetik BANGKUB3 idaman yang saya kembangkan ke depannya untuk bisnis peternakan saya'.  

16]. Ayam umur 2,5 yang diumbar hingga usia 4 bulan tetap perlu diawasi. Karena sewaktu waktu ada ayam yang introvert sehingga selalu kalah merebut makanan dan pada akhirnya menjadi kuntet. Ayam jenis ini perlu lagi untuk dikandangkan agar tidak sedih, agar tidak masuk angin dan diberi makan lagi BR1 guna memulihkan kesehatannya hingga siap lagi untuk diumbarkan dan menumbuhkan lebih banyak bulu. 

17]. Teknik memelihara ayam kampung untuk setiap bulannya ternyata tidak lah sama dan tidak dapat dipukul rata. Oleh sebab itu dibutuhkan pola adaptasi perubahan setiap bulan mengikuti musim. Jika musim hujan maka teknik memelihara harus berbeda dengan teknik memelihara saat musim kemarau. Musim hujan harus ekstra hati hati karena kelembapan tinggi rawan pertumbuhan dan penyebaran virus, jamur & bakteri. Perhatikan juga baik baik si ayam saat hujan, jika ada ayam yang nampak kedinginan harus segera dimasukkan ke kandang hangat + lampu cahaya buatan + tirai penutup hempasan angin badai.

18]. Saya nampaknya harus memastikan bahwa makanan ayam selalu bersih, bebas jamur, bebas virus, bebas bakteri dan tidak basi yang terlampau lama. 

19]. Penjualan ayam kampung kini hanya fokus ke paman pengepul di pasar dan juga tidak menjual tanaman apapun yang dihasilkan dari perkarangan urban farming, melainkan benar fokus ke bisnis ayam saja, tidak perlu bisnis bisnisan integrasi lainnya yang melelahkan, cape dan bikin pingsan. Tanaman hanya sebagai penambah pakan. Daging ayam lah yang di jual untuk menambah pundi pundi rupiah. Bukan telur, bukan pisang, bukan doc, bukan sayur, bukan buah buahan yang dijual, tetapi memang cuma daging ayam hasil pembesaran. Rata rata ayam ideal yang dijual ke pengepul tidak boleh lebih dari usia 7 bulan. Antara 0,9 kg - 1,5 kg saja yang aku jual ke pasar. Selebihnya ayam bobot berat sebagai indukan pejantan dan betina dalam menghasilkan telur dan anakan doc. 

20]. Fokus sepenuhnya ke 1 bisnis peternakan yaitu ayam kampung. Karena menurut penilaianku hanya ini bisnis peternakan rakyat kecil yang menguntungkan untuk saya ketimbang harus memelihara babi, sapi, kambing, itik, bebek, angsa, ayam broiler, burung puyuh, ayam layer petelur & semua jenis ikan ternak. Tidak dapat lagi menguntungkan secara bisnis saat ini untuk tahun 2024. Termasuk juga semua jenis industri pertanian apapun juga tidak lagi layak menurutku untuk versi aku karena tidak punya lahan 1 hektar. Kecuali itu hanya untuk perusahaan company raksasa. Sedangkan saya pemilik modal kecil tidak dapat masuk ke situ dan tidak dapat berbuat apa apa, karena kalah teknologi, kalah ukuran luas lahan, kalah modal dan banyak kekalahan lainnya. Saya harus meninggalkan niat tersebut dan hanya fokus kosentrasi penuh ke peternakan ayam kampung dan urban farming sebagai pelengkap pakan tambahan alternatif ayam kampung.

21]. Pentingnya untuk melap menggunakan kain basah atau membersihkan telur sebelum dimasukkan ke mesin tetas dan rutin mengganti air setiap 3-5 hari untuk mengurangi bau dan menjaga kelembapan dari pengaruh kekeringan. 

22]. Pentingnya pembersihan kandang menggunakan kapur dan mengosongkan kandang selama 1 minggu untuk menonaktifkan virus & bakteri menggunakan cahaya matahari.

23]. Fermentasi yang baik adalah kering, tidak basah dan penggunaan EM4 hanya setetes demi setetes. Pemadatan, penambahan dedak juga penting jika ada untuk mengeringkan dan tong kedap udara harus benar rapat agar jamur, ulat belatung, lalat tidak dapat masuk. 

24]. Pemberian pakan untuk anak ayam usia 2,5 bulan lebih baik diberikan pada luar kandang ketimbang di dalam kandang sering diinjak injak. 

25]. Lubang ventilasi mesin tetas penting selalu terbuka untuk membuang udara kotor agar tidak bau. Bau dapat menyebabkan kematian pada anak ayam di dalam telur jika sirkulasi udara buruk.

26]. Tidak perlu lagi membeli ayam jenis baru. Cukup gunakan apa yang sudah ada dan kembangbiakkan hingga sebanyak 300 ekor.

27]. Selama 3 tahun. Teknik memberi pakan ayam yang saya lakukan ternyata salah. Selama ini saya tidak membagi wadah pakan secara seimbang, terlalu menghemat pakan dan memberikan pakan dengan dosis sedikit. Ini berbahaya bagi perkembangan ayam karena dapat menyebabkan pertumbuhan lambat, nutrisi pada telur kurang terjamin sehingga sering gagal diperjalanannya. Jadi wajib memastikan bahwa tembolok ayam penuh saat makan dan pastiin semua ayam makan dengan kenyang. Karena ayam kalau sudah kenyang pasti mundur dari tempat pakan akibat merasa kekenyangan. 

28]. Anak ayam usia 1 hari - 2,5 bulan. Harus diberikan pakan wajib 2x sehari. Apalagi pada sore hari. Karena jika tidak maka terjadi kematian pada anak ayam dan ayam dewasa akibat kedinginan menahan perut keroncong sambil lapar.

29]. Setiap kali ayam bertelur. Telur wajib di ambil pada waktu 1 hari itu juga untuk mencegah pendinginan pada telur akibat cuaca dingin di malam hari. 

30]. Pentingnya kandungan nutrisi protein hewani untuk ayam mampu bertelur dengan baik agar menghasilkan doc berkualitas. Pastikan protein itu berasal dari hewan bukan dari tanaman. Tetapi sebagai selingan saja jika berasal dari protein nabati ( tanaman ). 

31]. Ayam mampu mendengar, mengetahui dan mengenali suara kukuruyukku. Ketika dipanggil ayam berdatangan berlari lari. Jadi ketika diberi makan, aku wajib bersuara kukuruyuk.

32]. Taji ayam jago harus dipotong menggunakan gergaji besi agar tidak melukai babon saat kawin. 

33]. Bagaimana dengan jenis ayam hutan merah ori. Apakah dapat disanding dengan BANGKUB3. Apa sifat ayam hutan ini, apa keuntungan ayam hutan ini, apakah ayam hutan ini kebal inbreeding. Ayam kategori ini perlu saya pelajari lebih lanjut. Jika ayam hutan ori lebih menguntungkan dari BANGKUB3. Maka aku bisa saja memelihara 2 jenis ayam ini dalam waktu bersamaan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.