Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel ciptakan tomat 4.0 tahan busuk dan sanggup awet di kulkas hingga 1 tahun tanpa mengurangi nilai gizinya menggunakan rekayasa genetik CRISPR dan AI ( 2024 )

Perusahaan teknologi rekayasa genetik asal Israel, Supree. Mengukur bahwa nilai valuasi pangsa pasar tomat di seluruh dunia mencapai di angka $ 84 miliar dolar atau sekitar Rp 1.360 triliun rupiah. 

Tomat merupakan buah lezat yang berwarna merah. Ini cocok digunakan sebagai sambal dan dapat diolah juga sebagai aneka hidangan masakan lainnya sebagai pelengkap dan penambah citra rasa bumbu di sayur sayuran, dicampur atau dituangkan di kuah sop daging, rendang dan makanan lain lain. 

Tanaman tomat yang dibudidayakan oleh petani di seluruh dunia biasanya tidak lebih tinggi dari 2 meter dan seringkali agar batang tidak roboh perlu diberikan penopang kayu. 

Daun tomat berwarna hijau ada bulunya tipis tipis berwarna putih dan daunnya dikenal pahit banget sehingga tidak dapat dimakan oleh manusia & hewan ternak.

Selama lebih dari ribuan tahun. 

Tanaman tomat telah dijadikan makanan. Hanya saja kelemahan buah tomat tidak dapat awet seperti kurma yang sanggup bertahan hingga 1 tahun tanpa perlu diberi racun boraks dan tanpa perlu zat pengawet kimia. 

Karena sifat kelemahan dari buah tomat yang gampang membusuk. Biasanya hanya dalam waktu 1 minggu, buah tomat menciut, menghitam, berjamur dan mengeluarkan aroma busuk. 

Oleh sebab itu juga, hasil panen tomat sering terbuang sia sia. Entah itu membusuk di gudang petani, di pasar, di toko sayur dan di rumah tangga. 

Israel merupakan negara surplus buah tomat, tetapi selama ini kesulitan bahkan tidak dapat mengirim buah tomat ke negara lain yang membutuhkan yang berjarak lebih jauh akibat proses pembusukan buah tomat terjadi dengan cepat saat berada di perjalanan truk dan saat masih di pelayaran kapal kargo.

Pada tahun 2023. Untuk pertama kalinya di dunia, perusahaan Supree mengubah semua pandangan dan permasalahan ini terhadap persepsi buah tomat. Kemudian menghadirkan solusi menyimpan tomat berbulan bulan untuk dipakai kelak sebagai senjata sambal di masa depan. 

Gil ronen asal Israel mengatakan : 

Petani Israel mendambakan produk buah buahan yang dapat diekspor ke seluruh penjuru dunia untuk meningkatkan dan memperkuat perekonomian Israel. Supree berfokus pada penciptaan produk pertanian inovatif yang diproduksi di Israel untuk marketplace global. Teknologi NRGene memungkinkan supree menjangkau pasar dunia dengan produk kami. Sahutnya. 

Revolusi tanaman tomat tahan awet hingga 1 tahun di kulkas

Berdasarkan penelitian, pengembangan, pengoptimalan, rekayasa genetik dan diberikan pendanaan modal oleh pemerintah Israel. 

Perusahaan teknologi Supree berhasil menghasilkan referensi tanaman varietas tomat jenis baru 4.0 yang baik secara bisnis agrigenomics, berkelanjutan, efektif dan tentu saja hasil panen buahnya sanggup awet sampai 1 tahun dengan nutrisi likopen dan antioksidan 5x lebih banyak dari tomat biasa yang ada di pasaran seluruh dunia saat ini.

Tanaman tomat rekayasa genetik Supree dapat tercipta berkat bantuan ilmu data DNA ( genomik ) yang kompleks dalam menyusun Illumina dan pembacaan pacbio hifi yang amat panjang, dibantu oleh kecerdasan buatan AI dalam pengaturan penyingkatan kesulitan data dan CRISPR. 

Hasilnya yaitu tercipta tomat tahan terhadap penyakit, kandungan gizi 5x lipat, ukuran jumlah air berkurang sehingga menjadi ringan jika dibawa oleh truk & kapal, ukurannya mirip buah ceri dan buahnya sanggup bertahan awet.

Pada tahun 2024. Konsep bisnis Supree menerapkan sistem B2B. 

Bibit tomat 4.0 untuk saat artikel ini ditulis hanya dijual kepada perusahaan company pertanian khusus yang ada di Israel, Amerika Serikat dan Kanada. Lalu perusahaan mitra membudidayakan bibit & tanaman Supree dalam skala raksasa, masif dan terstruktur agar menghasilkan panen berlimpah berton ton yang kemudian panen buah tomat 4.0 di jual ke seluruh penjuru dunia. 

Perusahaan mitra turut menerapkan teknologi canggih & irigasi drip canggih untuk membudidayakan hasil panen besar dalam waktu singkat. Termasuk menerapkan robotika dalam pembudidayaan tomat yang juga didasarkan pada teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam menghasilkan buah tomat 4.0 dengan kualitas tinggi, harga murah, mutu terjamin standar internasional dan kuantitas dalam jumlah raksasa. 

Diharapkan pada tahun 2030. Tomat 4.0 telah menyebar dan dijual ke seluruh penjuru dunia demi membantu meningkatkan gizi masyarakat dunia dengan harga buah tomat yang berkali kali lipat lebih murah tanpa mengurangi kandungan gizi malah meningkatkan gizi menjadi lima kali lebih banyak.

Perusahaan Supree terdaftar di ETORO.com dan bursa saham TASE ( Tel Aviv Stock Exchange Israel ). 

Nama perusahaan : Supree

Induk perusahaan : Nrgene technologies

Kategori : Teknologi rekayasa genetik bibit tanaman

Kantor pusat : Israel

Kantor cabang : Amerika Serikat dan Kanada. 

Alamat : supre.co


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.