Lompat ke konten Lompat ke footer

Pertama di dunia : Israel perkenalkan senapan mesin negev dengan upgrate teknologi sensor terkomputerisasi dengan keakuratan tembakan 80% pada jarak 500 meter dan meningkatkan tingkat pembunuhan hingga 3x lipat ( 2024 )

Foto : Senapan mesin Negev

Setelah penelitian, riset dan pengembangan selama 20 tahun untuk teknologi stabilisasi, pengurangan stress tentara akibat adanya hentakan keras recoil secara bertubi tubi, mengurangi kelelahan jantung dan meningkatkan akurasi daya tembakan dan faktor lainnya. Seperti meringankan gejala bagi tentara yang memiliki riwayat penyakit asam urat.  

Perusahaan teknologi persenjataan Israel SK Group melalui anak perusahaan IWI. Memperkenalkan teknologi Arbel yang dapat diinstal pada senapan mesin Negev tersebut. 

Selama bertahun tahun.

Senapan mesin Negev masih memiliki kendala dalam hal akurasi, pada hakekatnya daya tembak pembunuhan senjata Negev dapat mencapai atau membunuh musuh hingga jarak 1 km. Tapi dijarak itu sering kali melenceng, keluar, meleset dan tidak tepat sasaran. 

Maksud hati pengen membidik nembak kepala terorist dari jarak 1 km, eh yang tertembak malah kepala kadal gurun yang sedang asik bersantai di terik panasnya fatamorgana matahari.  

Penyebab mengapa seringkali pada jarak jauh senapan mesin Negev ini melenceng yaitu diakibatkan oleh dentuman getaran rentetan recoil bertubi tubi secara keras sehingga peluru seringkali keluar dari jalur.

Mengingat kinerja senapan mesin berbeda dengan senapan serbu. 

Daya hentuman recoil senapan mesin lebih besar, itu terbukti menyebabkan motorik lengan menjadi sakit, tentara kadang kala menjadi stress harus menahan getarannya.    

Pada tahun 2024. Perusahaan SK Group telah menemukan solusi untuk memecahkan masalah recoil pada senapan mesin Negev. Ini memperkenalkan teknologi terbaru pertama kali di dunia yang disebut "Arbel".

Arbel memiliki kemampuan untuk mengarahkan peluru langsung dari jarak 500 meter ke kepala reptil kadal gurun yang sedang berjemur dengan tingkat akurasi 80%. Ternyata terorist zaman now memang sudah terampil dan piawai menyamar tidak hanya jadi pura pura jadi warga rakyat sipil tapi juga menyamar jadi kadal gurun. 

Dalam ujicoba, pihak IWI mengklaim telah meningkatkan akurasi tembakan Negev hingga mencapai 80% di jarak 500 meter dan meningkatkan tingkat kematian hingga 3x lipat. Karena peningkatan akurasi artinya secara signifikan mengurangi jumlah tembakan yang diperlukan dalam penghematan, pada akhirnya amunisi peluru menjadi efektif yang juga berarti dapat digunakan untuk menembak musuh lainnya hingga 3x lipat menggunakan jumlah kuantitas peluru yang sama seperti sebelumnya tapi kematian musuh berlipat ganda 3x. 

Cara kerja Arbel yaitu mengaktifkan sensor sistem komputer yang memastikan fungsionalitas tembakan dalam hitungan seperkian detik secara realtime. Mengkalkulasi perhitungan getaran sekaligus meredam efek recoil menggunakan mekanisme pemicu elektronik dan juga memiliki fitur mode pengaktifan. 

Daya tahan baterei litium dapat aktif hingga 60 jam bahkan jika dipakai terus menerus. Apabila sudah lowbet dapat dilepas pasang secara cepat diganti dengan baterei baru ( plug n play ). 

Tentang senapan Negev.

Negev adalah senapan mesin buatan Israel. 

Ini pertama kali berdinas dan digunakan oleh tentara IDF Israel Defense Forces sejak 1997. 

Negev menggunakan amunisi standar ukuran 7,6 mm dan mampu mencapai jarak jangkauan tembak hingga 1 km. 

Selain diadopsi oleh IDF. Produk Negev juga di jual ke penjuru dunia dan telah digunakan oleh negara Uni Eropa, Brazil, Meksiko, Filipina, Vietnam, Ukraina, Thailand, India, Azerbaijan, Colombia, Senegal, Tanzania dan Paraguay. 

Perusahaan SK Group memiliki total 2.000 karyawan. Berkantor pusat di Israel. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.