Lompat ke konten Lompat ke footer

Ciri ciri ayam terserang flu burung atau aratan atau avian Influenza (AI) atau H5N1 + usaha penanganan agar tidak memusnahkan seluruh ayam 1 kandang dari virus berbahaya #1 paling menakutkan dan mematikan di sektor industri perunggasan ( 2024 )

Flu burung merupakan momok menakutkan, mematikan dan dianggap sebagai virus pembunuh #1 di industri peternakan unggas, termasuk ayam, kalkun, bebek, angsa, burung, puyuh dan sejenisnya. 

Tidak seperti jenis bakteri dan virus lainnya yang biasanya menyerang unggas. 

Tingkat kematian akibat ulah flu burung hampir mendekati 100% jika ayam atau unggas lainnya tidak di berikan pengobatan vaksin lebih awal dalam memperkuat antibodinya. Bahkan waktu pembunuhan virus ini cepat banget, hanya butuh waktu 2 hari saja, ayam sudah meninggal dunia. 

Kemaren ayam dapat terlihat sehat tapi agak kurang nafsu makan, besok hari mati mendadak satu per satu dan berguguran di pagi hari atau sore hari. 

Secara pribadi, saya ( Afrid fransisco ) baru pertama kali di dalam hidupku melihat & menyaksikan ada virus ganas menyerang ayam dengan kecepatan tinggi. Padahal virus dan bakteri lainnya jika menginfeksi ayam masih punya peluang hidup dan waktu kematian rata rata baru mati ketika sampai 1 minggu. Tetapi flu burung dapat membunuh hanya dalam waktu 2 hari saja setelah terinfeksi dan tingkat penularannya cepat dari satu ayam dapat menular ke ayam lainnya melalui kotoran feses, kontak nafas di udara, percikan air mata, interaksi ayam dengan bangkai yang sudah mati dan benda benda yang terkontaminasi. 

Tak ayal, mengapa flu burung disebut virus dengan peringkat #1 paling mematikan di sektor unggas. 

Flu burung memiliki banyak nama istilah, orang Jawa menyebutnya sebagai penyakit aratan, ada orang menyebutnya sebagai AI avian influenza, ada orang menyebutnya sebagai geblukan, ada orang menyebutnya sebagai H5N1, H10N3, H5N6, H5N8, H1N1, H2N2, H3N2, H7N7, H1N2, H9N2, H7N2, H7N3, H10N7 dll sebagainya. Pada intinya walaupun berbeda beda nama, namun keseluruhan istilah nama tersebut mengacu ke flu burung.

Berikut ciri ciri ayam terserang flu burung berdasarkan pengalaman pribadi :

1]. Keluarnya cairan dari mata seperti menahan tangis.

2]. Keluar cairan dari mulut dan hidung seperti pilek

3]. Kaki terasa amat dingin dan kaku

4]. Tubuh ayam mengalami gemetar, jika masih mampu berjalan sambil tersenggol senggol

5]. Nafsu makan berkurang

6]. Ayam jadi suka tidur, menutup matanya lalu kepala dan paruh sambil bersandar ke tanah

7]. Mengalami diare dan berak hijau

8]. Ayam terlihat kelelahan dan terenggah enggah dan suka memojokkan diri sendiri. 

9]. Jengger yang biasanya berwarna merah berubah menjadi pucat kusam seperti karat dan diujung nampak membiru.

10]. Jika ayam mati, pada beberapa kasus kepala terlihat hilang atau sedang membelakangi badan.

11]. Jika ayam mati, dalam kondisi mengeluarkan cairan air lendir   

12]. Jika organ dalam dibuka, terlihat muncul bintik bintik merah di bagian sisi lemak perut.

13]. Jika organ dalam dibuka, jantung terlihat rusak

14]. Jika organ dalam dibuka untuk ayam betina, pada beberapa kasus telur mengalami penyusutan tidak sempurna atau telur menjadi mengerucut

15]. Ayam merasa tenggorokan gatal sehingga suka membuka mulut

16]. Sayap turun

17]. Suka tidur

18]. Antara kurang lebih setiap 1 jam, Ayam bersin atau batuk flu setidaknya 1 kali setiap 1 jam.

19]. Badan panas

Tentang flu burung.

Virus flu burung pertama kali tercatat dan terindentifikasi di Italia ( Uni Eropa ) pada tahun 1878.

Namun ilmuwan baru mengenalinya pada tahun 1955 seiring kemajuan teknologi mikroskop.

Lalu flu burung menginfeksi menyebar ke peternakan ayam di China pada tahun 1997. 

Sedangkan di Indonesia, virus ini dilaporkan masuk pada tahun 2003. 

Ukuran makhluk tak kasat mata ini sekitar 80 nanometer, berbentuk bola yang ada duri durinya. 

Virus ini dapat hidup lama di suhu dingin ( es ). Tapi dengan mudah mati jika terkena sinar cahaya ultraviolet langsung dari matahari. 

Di dalam ruangan lembab, berair, penuh kotoran dan bersuhu kurang dari < 22 derajat celcius. Virus flu burung mampu bertahan hidup hingga berhari hari, bahkan sanggup bertahan lama di feses jika kondisi suhu di bawah dua puluh dua derajat celsius.

Pada umumnya, flu burung ditularkan melalui kontak langsung via udara antara ayam sakit dengan ayam sehat atau benda yang terkontaminasi.  

Cara usaha penanganan agar tidak memusnahkan seluruh kandang ayam

Satu satunya cara yaitu diberikan pemberian vaksin rutin dan meningkatkan keamanan biosecurity. 

Ayam tetangga dilarang masuk dan ayam asing dari luar jangan dibawa masuk sebelum pemeriksaan standar kesehatan wajib dilakukan dengan ketat. Termasuk, tidak boleh izinkan lalu lalang orang luar masuk ke kandang. Entah itu mereka cuma pengen lihat ke kadang, harap orang lain maklum ya agar dilarang masuk demi biosecurity. Mohon kerjasamanya. 

Bagi teman teman kalangan peternak yang berkunjung ke tempat pengepul untuk aktivitas jual beli ayam & pemotongan ayam. Jika masuk kandang harap mandi sebersih bersihnya, ganti baju dengan yang baru dan shampoo rambut.

Jika ayam tidak diberi vaksin dan telah terinfeksi flu burung lalu menunjjukkan tanda tanda gejala atau ciri ciri sakit. Hampir 100% kasus berdasarkan pengalaman pribadi saya tidak dapat tertolongkan. Bahkan penggunaan obat jenis apapun tidak dapat berhasil, karena waktu pembunuhan sungguh cepat.

Semakin cepatnya virus menyerang, terkadang sedang mengkarantina ayam saja sudah dalam keadaan mati tak bernafas. 

Potensi 1 kandang peternakan dengan populasi padat dapat musnah atau punah amat tinggi jika ayam saling berinteraksi satu dengan lainnya, apalagi jika ayam tidak pernah diberi vaksin.

Ayam mati akibat flu burung, di bakar dengan api atau di buang jauh jauh dari peternakan. 

Usahakan membuang bangkai ayam dengan cepat agar tidak disentuh oleh ayam lainnya. Dan memperhatikan dengan seksama jika ada ayam kurang nafsu makan, terlihat lesu, suka tidur tiduran menutup mata atau memang menunjjukkan ada gejala terkena ciri ciri flu burung, maka cepat cepat disingkirkan sebelum menginfeksi atau membunuh ayam lainnya dalam jumlah yang lebih banyak.

Penyingkiran ayam harus dilakukan dengan amat cepat sebelum waktu 2 hari. Oleh sebab itu, perhatian ekstra dibutuhkan dalam kasus penanganan terlebih bagi mereka yang belum pernah memberikan vaksin AI ke ayam. 

Alamat membeli vaksin + lengkap dengan harga : 

https://www.tokopedia.com/find/vaksin-influenza

https://www.lazada.co.id/tag/vaksin-flu-burung-ayam/

https://shopee.co.id/search?keyword=vaksin%20flu%20harga

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.