Langsung ke konten utama

Daftar alustista terbaik Amerika Serikat dan revisi mengurangi jumlah kapal perang menjadi 100 unit saja ( 2024 )

Sebelumnya, saya sudah pernah menulis sebuah artikel tentang mengapa Amerika Serikat membutuhkan 30 unit kapal induk untuk menghadapi 5 poros kejahatan musuh terbesar AS. Yaitu Rusia, China, Iran, ISIS ( Islamic States ) dan Korea Utara

Setelah dipikir pikir. Ada kekeliruaan dan kesalahan sehingga pemikiran saya perlu direvisi ulang. Mengingat ada beberapa faktor tambahan yang perlu dikaji. Yaitu menciutkan armada kapal induk menjadi 10 unit saja dengan keseluruhannya menggunakan varian kelas USS Gerald r ford

Kapal induk USS Gerald r ford mampu menampung 2.500 tentara dan 75 pesawat tempur + helikopter. 

Alasan ide saya mengapa Amerika Serikat perlu mengurangi jumlah kapal induk karena zaman sudah berubah, teknologi musuh seperti senjata sistem pertahanan udara, radar & sensor milik China dan persenjataan Rusia juga sudah berubah menjadi lebih canggih. Seluruh kapal selam Amerika Serikat sudah tidak lagi layak untuk menembus perairan musuh yang kian hari dipenuhi oleh peralatan sensor canggih. 

Jadi, daripada AS mengeluarkan miliaran dolar dalam pembangunan dan infrastruktur kapal selam.

Saran saya demi menyelamatkan uang pajak APBN AS. Mending kapal selam tidak perlu lagi dibangun. Buat apa dibangun mahal mahal, jika musuh mampu mendeteksinya lalu memburu, meledakkan dan menghancurkannya. Miliaran uang pajak rakyat AS terbakar di dalam lautan. 

Sedangkan kapal induk masih dibutuhkan dan perlu dipertahankan untuk selamanya. Tetapi jumlahnya perlu dikurangi mengingat biaya operasional kapal induk sungguh mahal banget. Lebih baik punya sedikit kapal induk tetapi efektif menjalankan misi, visi dan tugasnya. 

Disisi lain, saya juga menemukan ada kerentangan tersendiri pada industri militer di Amerika Serikat yang mayoritas 100% dikuasai oleh perusahaan swasta. Mantan presiden Dwight Eisenhower pernah memperingatkan hal ini tentang apa yang disebut 'military industrial complex'. 

Di Rusia, China, Iran dan Israel. Tidak ada yang namanya penguasaan military industrial complex. Karena mayoritas dikendalikan, dipegang dan dikuasai oleh BUMN. Tetapi di AS industri militernya agak laen. Malah kebalik, 100% industri militer di AS justru dikuasai swasta. 

Untuk mengatasi hal ini, pada umumnya pemerintah AS memiliki kendali dalam pelarangan merger-akusisi dan prioritas belanja alustista dipecah menjadi 3-5 porsi bagian. Masalahnya melarang merger-akusisi dengan alasan pemerintah AS takut di monopoli oleh dilema military industrial complex malah dapat menyebabkan bencana dari segi kehandalan untuk terus maju melangkah ke depan. Padahal persaingan usaha tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi diluar negeri. Tentu ini dapat memperlambat atau menghambat kemajuan, karena hak paten teknologi terpecah pecah, menyebabkan biaya pembeliaan alustista membengkak mahal, akibat rantai pasokan yang kompleks tidak disederhanakan. Pada akhirnya, lagi lagi merugikan pembayar pajak AS dimana pemerintah AS selaku pembeli senjata dari industri militer swasta tidak dapat atau kesulitan menjual produk menjadi lebih murah, justru makin mahal. 

Diusahakan industri militer untuk memurahkan produk senjata, malah dapat menyebabkan bencana lain. Jika merger-akuisisi tetap dilarang menyulitkan modernisasi rantai pasokan menjadi lebih murah.  

Disisi lain, pada basis industri. Seperti yang diketahui. Pemerintah Amerika Serikat selalu dan selalu saja membeli produk senjata dalam negeri ke 3-5 jenis tipe untuk fungsi & tujuan yang sama. Alasannya seperti diatas, yaitu pemerintah AS takut di monopoli oleh dilema military industrial complex. Sehingga memutuskan membeli dalam bentuk 3 sampai 5 jenis produk senjata berbeda beda dari perusahaan militer yang berbeda beda padahal untuk 1 tujuan yang sama. 

Jika pemerintah Amerika Serikat melalui White house dan Pentagon membeli 3-5 produk basis senjata berbeda beda untuk 1 tujuan yang sama. Tapi tidak melihat titik kenaikan dari faktor harga inflasi dan suku bunga The Fed yang mencapai 5,5%. Pada akhirnya jika dibiarkan terus menerus, perusahaan militer dalam negeri AS satu per satu justru malahan dapat kolaps & bangkrut. 

Di dalam bisnis industri. Ada yang namanya kuota produksi yang harus dipenuhi dan berapa jumlah kuota yang harus dijual untuk mendapatkan keuntungan bersih. Jika penjualannya sedikit karena pemerintah AS dengan sengaja membagi baginya ke 3-5 bagian maka dapat berakibat fatal karena tidak memenuhi kaidah hukum ekonomi. Memproduksi barang terlalu banyak, tapi dibeli sedikit. Pada akhirnya biaya untuk menutup aktivitas manufaktur menjadi tersedak. 

Disisi lain ada yang namanya pembangunan infrastruktur dipabrik dan biaya pengoperasian senjata dan suku cadang. Contoh : Jika baut sebuah kendaraan lapis baja berbeda beda, maka membengkakkan biaya. 

Pada akhirnya, semua pihak rugi. Industri rugi, pemerintah rugi dan pembayar pajak juga rugi. 

Di Amerika Serikat. Terdapat sebanyak 330 perusahaan senjata. 

Perusahaan senjata terbesar meliputi Lockheed martin, Boeing, Raytheon Technologies, dll. 

Jika harga suatu produk atau platform senjata terlalu banyak variasinya dimana Pentagon melalui menteri pertahanan membeli 3-5 produk tanpa mempertimbangkan resiko seperti yang sudah dibahas diatas. Pada akhirnya semua ikut runtuh. 

Oleh sebab itu, saya sarankan Amerika Serikat mulai saat ini stop berhenti membangun kapal selam, stop berhenti membangun pesawat pembom B-21 Raider, stop memproduksi F-15, stop memproduksi tank Bradley, stop memproduksi mobil lapis baja MRAP, stop memproduksi kapal induk helikopter, stop memproduksi C17 globemaster, stop memproduksi helikopter Apache, stop memproduksi P8 Poseiodon, stop memproduksi Chinook, stop memproduksi semua jenis kapal corvet & frigate, stop memproduksi Humvee, dll sebagainya. 

Berikut merupakan daftar alustista terbaik Amerika Serikat yang perlu masih dipertahankan menurut Afrid Fransisco. 

Tentu saja para peneliti di AS dapat dengan cermat memilih jenis yang terbaik dari masing masing kelas. Saran dan masukan tambahan dari peneliti dapat disesuaikan lebih lanjut untuk membuat make America Great again.

1]. kapal induk Gerald r ford

Jumlah ideal yang dibutuhkan : 10 unit


2]. Kapal destroyer Arleigh burke

Jumlah ideal yang dibutuhkan : 80 unit


3]. Kapal transportasi militer & derek 

Jumlah ideal yang dibutuhkan : 20 unit



4]. F-35 Lightining 

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 1.500 unit


5]. Drone Mojave

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 1.000 unit


6]. Helikopter Valor

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 1.000 unit


7]. Pesawat Hercules

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 200 unit


8]. Tank Abrams

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 5.000 unit


8]. Tank Stryker

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 5.000 unit


9]. Mobil lapis baja JLTV

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 100.000 unit


10]. Tentara US Army Amerika Serikat

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 1.500.000 juta orang


11]. Truck militer

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 50.000 unit


11]. Himars

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 500 unit



12]. Paladin artileri

Jumlah yang ideal dibutuhkan AS : 500 unit


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.