Langsung ke konten utama

Pertama kali : Pemerintah Israel resmi gunakan mata uang digital cryptoccurency untuk pembayaran pajak dengan keuntungan bersih Rp 13 triliun per tahun ( 2024 )

Otoritas pajak Israel ( ITA ) memandang cryptocurrency bukan dilihat sebagai mata uang melainkan komoditas yang dapat dijadikan sebagai aset investasi. Mata uang resmi tetaplah new shekel yang digunakan oleh 9.300.000 juta penduduk warga Israel. 

Pada tahun 2022. Pemerintah Israel melalui Bank Sentral memperbolehkan Bank lokal ikut terlibat di bidang cryptoccurency tetapi hanya sebatas sebagai akun penyimpanan dan saling transfer, tidak lebih dari itu, untuk saat ini mata uang crypto dilarang atau tidak boleh dijadikan alat transaksi dagang offline-online secara massal di Israel berdasarkan hukum UU yang berlaku. 

Selama ini, penentuan tarif pajak juga telah digunakan dan ditetapkan untuk bursa trading crypto terbesar Israel di  Bits of Gold buy and sell bitcoin. 

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa adopsi cryptocurrency semakin hari kian tak terelakkan dan sulit dibendung. Beberapa perusahaan dan individu di Israel telah terlibat bekerja di internet menggunakan mata uang digital crypto seperti bitcoin, ethereum, solana, tether, dogecoin, dll. 

Disisi lain, pembayaran pajak di Israel hanya memberlakukan berdasarkan mata uang legal new shekel. Dan sebelumnya tidak pernah ada opsi bagi para company & individu membayar pajak dalam bentuk crypto.

Padahal mereka ( rakyat Israel ) ingin dan mau membayar pajak namun terkendala harus wajib pakai new shekel. Dimana untuk konversi dari crypto ke mata uang fiat tersebut juga dianggap mengganggu harus bolak balik website dan kena fee trading bursa yang lumayan tinggi juga. 

Pada tahun 2024. Pemerintah Israel telah dengan resmi mengubah aturan hukum. 

Bahwa boleh membayar pajak pakai cryptoccurency tanpa perlu mengkonversinya ke new shekel. 

Shay aharonovich dari direktur otoritas pajak Israel mengumumkan tentang persetujuaan untuk penerbitan prosedur pembayaran pajak pakai crypto dengan membuat laporan jujur terperinci yang dapat diupload ke situs perpajakan.  

Walaupun kementerian keuangan dan otoritas pajak mengakui bahwa masih terdapat celah apa yang dapat menyebabkan penggelapan ekonomi, pencucian uang atau larinya uang pajak ke negara negara Tax Heaven yang tidak terdokumentasi atau dengan sengaja tidak mau mendokumentasikannya ke laporan perpajakan dengan tidak jujur sehingga menurunkan tingkatan tax rasio. Disisi lain tentu saja masih ada beberapa pihak atau orang orang jujur yang memungkinkan dengan sukarela dan mau melaporkan pajak dengan benar berdasarkan keadilan & hak kewajibannya sebagai warga negara Israel dengan setia. 

Sistem perpajakan baru crypto ini didesain untuk mereka mereka pelaku pembayar tax yang jujur. 

Aharonovich mengatakan : 

Sejauh yang kami khawatirkan, prosedur ini ditujukan pertama tama dan terutama bagi orang orang pemegang kripto yang selama beberapa tahun ini berada dalam posisi sulit terkait masalah pembayaran pajak. Sahutnya. 

Dengan diterbitkannya prosedur ini. Maka laba keuntungan yang selama ini belum dilaporkan sama sekali kini dapat diungkap untuk rakyat Israel yang mau mengungkapkannya. 

Otoritas pajak Israel memperkirakan bahwa langkah awal ini dapat mengumpulkan pajak crypto dari masyarakat Israel dan industri di Israel. Diharapkan tahun pertama adopsi setara hingga 3 miliar new shekel atau sekitar Rp 13 triliun rupiah per tahun. 

Sedangkan jumlah pencucian penggelapan pajak crypto besarannya hingga kini tidak diketahui angka pastinya, karena sulit dilacak dan bahkan pemerintah Israel melalui otoritas pajak mustahil dapat melacak crypto karena itu berbasis teknologi anonymous. 

Infrastruktur app pembayaran, hukum dan undang undang baru tentang kripto terus dikembangkan di Israel untuk memberikan kemudahan & kepastian mengenai perpajakan melalui cryptoccurency sesuai dengan adaptasi tuntunan perubahan zaman dan perubahan teknologi yang terus berubah dengan cepat.  

Berikut adalah besaran nilai pajak di Israel. 

pajak penghasilan untuk kategori perusahaan, UKM dan ME di Israel sebesar 7,5% pertahun

pajak penghasilan untuk mayoritas rata rata individu perorangan di Israel sebesar 17% pertahun

pajak penghasilan untuk individu orang kaya tajir melintir di Israel sebesar 50% pertahun

Aharonovich mengatakan :

Kami melihat ini sebagai salah satu peran utama sistem perpajakan di Israel. Sahutnya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.