Langsung ke konten utama

2 tahun Open AI dirilis : Kecerdasan buatan AI sudah pangkas 21% jutaan pekerjaan orang yang bekerja di freelancer ( 2024 )

Klaim yang menyebut bahwa kecerdasan buatan AI dapat membuka lebih banyak pekerjaan baru. 

Anda sebaiknya perlu bertanya terlebih dahulu kepada Sam Altman.

Sam Altman adalah salah satu founder Open AI.

Ini bukan sosok orang sembarangan, beliau menciptakan artificial intelligence yang menjadi pencetus pertama di dunia menggunakan model pemprograman komputasi LLM dan generative pretraining transformer ( GPT ). Sehingga tercetuslah penerapan penyempurnaan AI yang mulai layak digunakan oleh khalayak umat manusia dari sebelumnya hanya sekedar teori di universitas selama bertahun tahun. 

Produk OpenAI seperti terdiri dari DALLE, Chatgpt & Sora. 

Nah, ketika jurnalis wartawan bertanya, apakah AI dapat mengganggu pekerjaan yang ada :

Secara terus terang beliau menyatakan hal demikian. 

Sam Altman mengatakan :   

AI akan terus menjadi lebih canggih dan akan ada di mana mana seiring berjalannya waktu. AI dapat menghilangkan banyak pekerjaan yang ada saat ini dan bahkan nanti ada sejumlah pekerjaan yang hilang sama sekali. Sahutnya. 

Kemudian beliau melanjutkan bahwa : 

Sebagai pendiri OpenAI. Dirinya sendiri tidak tahu, nanti arah masa depan AI mau di bawa ke mana. Bahkan beliau hingga detik ini pun tidak tahu kenapa AI dapat bekerja secanggih seperti itu padahal ia mengklaim belum menerapkan penyelesaian interpretabilitas. Sam Altman jujur mengatakan bahwa beliau tidak paham dan tidak mengerti apa yang terjadi bagaimana sistem teknologi algoritma AI bekerja. 

OPENAI

Perusahaan OpenAI didirikan pada tahun 2015. Oleh 2 founder yaitu Sam altman dan Elon Musk.

OpenAI sesungguhnya adalah bagian hampir dari anak perusahaan teknologi raksasa dunia, Microsoft. Mengingat hampir separuh kepemilikan 49% saham dimiliki oleh induk emiten yang berkode MSFT. ( Mendekati hampir akusisi tapi masih perusahaan swasta mandiri dan 51% saham dimiliki oleh berbagai macam investor internasional guna mendukung independensi ).

Produk pertamanya dirilis tersedia ke publik pada tahun 2022. 

Sejak itu, AI milik OpenAI mulai menyebar ke mana mana di internet dan menyusup ke hampir semua aspek kehidupan kita

Kini 2 tahun operasional. AI telah mempengaruhi pekerjaan bagi umat manusia. 

Seorang bernama Jennifer mengeluh tentang AI. Beliau adalah konsultan finansial yang bekerja di kantor selama 30 tahun dan sering menyelesaikan permintaan pelanggan terhadap pengelolaan kekayaan. Kini setelah OpenAI merilis AI.

Dirinya mengklaim tidak lagi mendapatkan pelanggan sama sekali. Sehingga terpaksa harus hidup mantap ( makan tabungan ) yang sudah dikumpulkan selama bertahun tahun. 

Hal senada dialami oleh seorang developer pemprogram komputer IT/SI. Dulu sering dapat order menyelesaikan pekerjaan nukang coding untuk sebuah aplikasi company. Sekarang kini dirinya sama sekali tidak ada lagi dapat pelanggan.

Tidak berhenti disitu saja, seorang desainer seni logo di freelancer. Pelanggan saya makin hari makin sedikit, penghasilan saya makin hari tambah makin sedikit. Setelah ditelisik, ternyata AI dapat menciptakan gambaran visual karya seni grafis hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Padahal untuk membuat desain butuh waktu rata rata 3-4 hari. Belum jika menghadapi pelanggan ribet yang suka minta revisi. 

Dan masih banyak lagi cerita sedih dari jutaan pekerjaan yang terdampak oleh AI.

Kell mohanan, dari perusahaan Upwork Amerika Serikat. Tidak menampik bahwa AI yang bersifat otomatis memang mempengaruhi jenis jenis pekerjaan yang ada dari data yang mereka peroleh. Dari hasil penelitian, 21% telah kena dampak dan telah kehilangan pekerjaan. Ini berbicara tentang jutaan pekerjaan di Upwork mengalami kehilangan pendapatan sama sekali. 

Penelitian lain dari Harvard dan universitas Washington. Menemukan klaim yang sama. 

Kecerdasan buatan AI telah membuat penurunan pekerjaan hingga diatas 21%, setelah kira kira selama 2 tahun produk OpenAI dirilis. Menyebabkan jutaan orang kehilangan pekerjaan, kehilangan pendapatan uang yang menyusut dari hari ke hari dan itu artinya membahayakan hidup mereka. Menurut klaimnya.   

Dalam beberapa hal, tetapi disisi lain. 

Untuk bidang tertentu. 

AI belum sepenuhnya sanggup menggantikan pekerjaan tertentu. 

Beberapa orang justru diketahui cerdas bekerjasama memanfaatkan AI untuk mendongkrak pendapatan atau penghasilan, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas. Mereka bersepakat bersama sama agar mengajarkan AI untuk saling membagi penghasilan diantara kita berdua.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.  

Related Post