Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Nilai Harga PPC Google Adsense Menurun Drastis (2015)

Anda pasti udah tahu dong ya ama Google Adsense. Nah, Bagi Teman Teman yg Bermain Program Adsense. Pasti ada yg mengeluh nih. Mengapa ya, akhir akhir ini. Nilai Harga Iklan PPC saya Turun Drastis dari hari ke hari

Ada Banyak Faktor yg menyebabkan hal ini terjadi. Umumnya di bagi menjadi 2 bagian. Yaitu Faktor Internal dan Eksternal.

google+adsense.jpg (581×370)

# FAKTOR INTERNAL

1]. MENGGUNAKAN FORMAT LINK UNIT
Alasan Pertama adalah Karena menggunakan Format Ad Link Unit. Biasanya Format ini berisi Text Text yg mengarah ke halaman lain yg berisikan banyak sekali iklan. Biasanya ya, Format ini sangat bagus karena bisa menghasilkan CTR yg Tinggi antara 4-5%. Dan Bisa Menghasilkan 100-10000 Klik. Tapi harganya rendah banget.  

2]. ARTIKEL BERNILAI RENDAH
Artikel yg dibahas di Blog Anda bernilai rendah sehingga ngga ada pengiklan yg membayar.


Biasanya artikel bernilai tinggi adalah yg berhubungan dengan Penjualan atau Transaksi. Misal Gadget Smartphone, Baju Fashion, Rumah, Barang Electronic, Jasa Pengobatan Penyakit Kanker, Furniture, Hotel, adalah sesuatu yg berhubungan dengan Transaksi Keuangan yg umumnya banyak Pengiklannya.

3]. NEGARA
Faktor Negara dan Bahasa juga memegang Peranan Penting. Inilah mengapa banyak MASTER GOOGLE ADSENSE di Indonesia menargetkan Blognya bisa masuk ke Negara PREMIUM.

Contohnya Amerika Serikat, Jerman, Ferancis, Inggris, dll. Terkenal memiliki Harga yg Sangat Mahal. Sebaliknya di Indonesia harganya uang recehan saja. namun bila Anda berhasil mendapatkan pembaca dari Orang Bule. Tentu saja harganya mahal. Bagi Orang Bule, Uang Mereka hanya recehan aja. Tapi bagi kita. Itu sangaaat banyak.

Orang bule

4]. TERKENA TEKNOLOGI SMARTPRICING
Alasan lain Blog Anda masuk daftar “SMARTPRICING” oleh Google.

SMARTPRICING adalah Suatu Teknologi Perlindungan Canggih dari Google Untuk melindungi Pengiklan Adwords dari Publisher Adsense yg bekerja ngga sesuai Pedoman Mutu Google.  

# FAKTOR EKSTERNAL :
Faktor Eksternal adalah yg paling sulit di hindari. Karena hal ini ngga bisa di jangkau oleh Anda. Satu satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah Berdoa saja.

1]. PERSAINGAN FACEBOOK ATLAS

Sebelum mengetahui Tentang Facebook ATLAS. Ada baiknya mengetahui dulu ciri cirinya. Biasanya jika Blog Anda Traffik-nya Stabil dan CTR Normal. Tapi Nilai Harga PPC Google Adsense Menurun. Maka yg bertanggung jawab untuk hal ini adalah FACEBOOK ADS.

FACEBOOK adalah Jejaring Sosial Terbesar di Dunia. Yg di miliki Oleh Anak Muda yg Bernama Mark Zuckerberg asal Keturunan Israel.


Persaingan antara Google dan Facebook sangat Ketat. Jika Google.inc memiliki Google-Adwords. Maka Facebook memiliki Facebook-Atlas. Kedua Program ini sama sama Iklan PPC. Bedanya Google memberikan Penghasilannya sebesar 67% buat Anda. Maka Facebook adalah 0%. Alias 100% Semua Penghasilan Iklan Masuk ke Kantong Dompet Mark Zuckerberg Tanpa Membagikan 00000,1% Penghasilannya ke kita.

Selain itu, Iklan-Facebook juga Murah karena bebas biaya Pihak ke 2. Sehingga Banyak Pengiklan yg Berpindah. Anda bisa Melihat di Bawah ini ya, Ilustrasi Harga yg Ternyata berbeda banget.




Dengan Berpindahnya Pengiklan dan Di Dukung dengan Pengguna FB yg semakin banyak. eMarketer mengatakan Pangsa Pasar Google-Adwords turun ke 49,3%. Tahun Lalu, Tambah Lagi Turun 6%.




Tapi kita belum tahu apa lagi yg terjadi ke depan ya. Jika Pengguna FB semakin membesar.


Baca juga :


Praktis Iklan Google Anda semakin turun harga. Dan Kita ngga bisa berbuat apa apa untuk hal ini karena di luar kendali kita. Kecuali dengan meningkatkan Pembaca Blog Anda lebih banyak lagi dari sebelumnya.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU