Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prediksi Trends Bisnis Toko Online di Indonesia (2015)

Dulu Pada Tahun 2005. Waktu saya masih putih abu-abu. Internet kala itu emang masih lambat. Anda bayangin aja ya. Kala itu ya. saya dan sahabat baik saya. Mas Aris yg hitam ganteng ganteng serigala itu.

Membuka 1 halaman website yg berisi Teks. Membutuhkan waktu 3 menit Per 1 Halaman. Nah, Di Kala itu Tahun 2005. Toko Online emang udah ada. Cuma Pemain di Ranah bisnis ini. Di Dominasi oleh Kalangan Pribadi Kecil Kecilan Bersama Keluarga dan Istrinya.

BANYAK YANG SUKSES

Di Tahun 2005-2013. Banyak banget cerita sukses dari mereka. Namun cerita berubah dikit. Sejak Perusahaan besar atau startup memasuki bisnis “Toko-Online”. Disaat itulah, mulai banyak pemilik Toko Online Keluarga kecil kecilan tadi yg secara ngga langsung berhadapan ama Raksasa-Raksasa ini.

Tak ayal, satu persatu Pemilik toko-online yg ngga tahan ama persaingan ini mulai jatuh, bangkrut, dan berguguran.

PREDIKSI TREND 2015
Tahun 2015. Kayaknya makin banyak lagi yg berguguran. Karena di Internet Hukum Rimba yg Berlaku.

Siapa Kuat dia menang. siapa lemah dia Bangkrut. Nah Salah satu yg kuat di Indonesia adalah Lazada. Grafiknya bisa anda lihat dibawah ini ya. Saya percaya anda udah mengenal Lazada, Tokopedia, Olx (Toko bagus), berniaga, dll. Data ini saya ambil dari Polling statistik selular.co.Id


Dilansir dari TechinAsia. Tokopedia memiliki kekuatan pendanaan uang sekitar Rp 1 Triliun, Sedangkan Lazada yg punya Gudang Seluas 12.000 Meter. Memiliki Kekuatan Finansial Hingga : Rp 3,5 Triliun.

Mungkin kita ngelihat Keuangan mereka sangat keren. Tapi Bagi Pemilik “Toko-Online” Kecil-Kecilan. Melihat Data milik Lazada dan Tokopedia. membuat mereka Ketakutan.  

Dengan uang berlimpah. eCommerce Raksasa dgn mudah memperkuat dirinya. Dengan cara beriklan Branding di Google dalam jumlah Fantastis.

Enricho Lukman. Pakar Startup di Indonesia mengatakan : Trends 2015 ia memprediksi Toko-online bakalan melebarkan sayapnya dengan cara menempatkan Gudang di Tiap Kota Lokal. Dan mendirikan Armada Pengirim sendiri.


Jadi ngga lagi berpusat di Jakarta saja. Tapi ke LOKAL. Celetusnya. Yg saya kutib dari Startup Bloomberg.

Baca juga :

KESIMPULAN
Jika kita memiliki Toko-online ya. Di Tahun 2015 ini. Kayaknya deh makin sulit banget deh suksesnya. Pun jika masih bisa bertahan saat ini. Tantangan kedepan lebih berat. Karena yg dihadapi adalah Raksasa.


Cobalah untuk mengikuti saran sukses dari Ericho Lukman. Yaitu dengan  mendirikan Gudang di Tengah Kota. Di Tiap Tiap Kota Lokal Anda. lengkap dengan Armada Pengirimnya sendiri.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Pelayanan dalam bidang Pengiriman yg lebih murah dan cepat. Barang bisa sampai dalam waktu 30-45 Menit saja dan Pembayaran bisa dalam bentuk COD kepada Pelanggan.


Salah Satu yg mulai Menerapkan Teknik ini adalah LAZADA. LAZADA dikabarkan sedang mendirikan 50 Gudang HUB. di Tengah Seluruh Kota besar Indonesia. Dan Mempersiapkan Armada Pengiriman Sendiri yg dinamakan LEX. Sehingga Pembayaran Bisa Dengan Metode Cash On Delivery. Bebas Penipuan, Murah dan Cepat. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU